7 Tempat Mitos Urban di Indonesia yang Dipercaya Bisa Bikin Hubungan Kamu Kandas

Sumber Gambar
Line Yukepo.com

Tempat wisata di Indonesia ini sangatlah beragam. Dari Sabang sampai  Merauke, banyak terdapat tempat wisata yang sangat indah. Momen liburan memang serunya pergi ke berbagai tempat wisata. Mulai dari wisata alam seperti gunung dan pantai, hingga wisata sejarah seperti ke museum. Namun, tak sedikit juga tempat-tempat wisata di Indonesia ini yang memiliki mitos dan dipercaya bisa menyebabkan perubahan dalam hidup mereka yang mengunjunginya. Mitos tempat-tempat wisata yang bisa membuat hubunganmu dengan pacar putus misalnya. Sebenernya semua ada penyebabnya dan ada sejarahnya. Seperti 7 tempat ini yang katanya dipercaya bisa bikin hubungan kamu kandas dengan si dia.

1. Alun-Alun Selatan Yogyakarta

Sumber Gambar

Jogja merupakan kota istimewa yang masih menjungjung tinggi nilai adat dan kebudayaannya. Jika kamu berjalan-jalan ke Jogja, maka salah satu destinasi wisata yang mungkin paling populer selain Malioboro adalah Alun-alun Selatan Keraton Yogyakarta. Di keraton banyak dipajang benda-benda yang memiliki nilai sejarah, terutama sejarah bagaimana kelangsungan Kesultanan Ngayogyakarta dari zaman penjajahan hingga ke zaman sekarang ini. Di sekitar keraton, kamu akan menemukan dua pohon beringin yang terletak di Alun-alun Selatan Keraton Yogyakarta. Desas-desus yang tersebar di sana ada sebuah mitos yang kira-kira mempunyai kesimpulan bahwa kamu tidak akan bisa berjalan lurus melewati celah di antara dua pohon tersebut. Menurut beberapa orang yang sudah mencobanya, hal itu terjadi karena disana terdapat kekuatan mistis yang akan melencengkan arah jalanmu sehingga akibat dari kekuatan mistis itu kamu tidak akan bisa berjalan lurus di sana. Selain mitos tadi, ada juga yang mengatakan bahwa pasangan yang gagal melewati beringin kembar dengan mata tertutup maka hubungannya bakal kandas. Jadi hati-hati buat kamu yang ga pengen kehilangan pacar, mending melewati pohon beringinnya jangan berdua, tapi bareng sama keluarga besar juga. Syukur-syukur langsung dinikahin di situ.

2. Tanah Lot, Bali

Sumber Gambar

Siapa sih yang ga tau dengan tempat wisata indah ini? Yup, Tanah Lot merupakan salah satu objek wisata terbaik di Bali. Tanah Lot memiliki keunikan karena berdiri di pinggir laut, jadi kita bisa melihat keindahan laut (yaiyalah). Masyarakat Bali percaya dengan mitos bahwa jika datang ke Pura Tanah Lot bersama pacar, maka uangmu akan cepat habis, bukan gitu ko mitosnya. Tapi, diyakini di tempat ini jangan membawa kekasih kamu ke Tanah Lot jika tidak mau hubungan kamu dengan si doi kandas. Tidak jelas bagaimana asal-muasal mitos ini menyebar. Namun, bagi masyarakat Bali, pantangan ini diyakini dengan teguh (tidak pakai Mario). Sementara, di seberang Pura Tanah Lot terdapat gua (bukan saya) tempat mendekamnya ular yang sangat disucikan masyarakat Bali. Ular ini sangat besar dan berdiam diri di sebuah lubang yang ada di gua. Para wisatawan pun bisa melihat langsung atau memegang langsung ular ini. Untuk memegang ular ini, para wisatawan dikenai biaya 15 juta rupiah saja. Becanda ko ga segitu, seikhlasnya aja mau bayar berapa. Masyarakat Bali juga percaya, ular suci ini sering berpindah-pindah ke pura yang ada di seberangnya. Biasanya, ular suci pergi ke Pura Tanah Lot di malam hari untuk menjaga pura.    

3. Gunung Pegat, Wonogiri

Sumber Gambar

Dari namanya aja udah mencirikan kalo tempat ini dipercaya bisa membuat hubungan sepasang kekasih putus. Pegat dalam bahasa Sunda memiliki arti “Putus” atau “Pisah”. Gunung Pegat yang terletak di desa Ngadirayo, kecamatan Nguntoronadi kabupaten Wonogiri ini, memang aneh dan terkenal sejak tahun 1980. Karena ada jalan tembus yang dibuat dengan cara memisahkan dua gunung yang saling berhubungan maka penduduk setempat memberikan julukan Gunung Pegat yang artinya gunung cerai atau pisah. Bahkan jalan ini sempat dijadikan tempat untuk memadu kasih oleh pasangan muda. Mitosnya, pada saat pasangan ini meninggalkan tempat itu, biasanya dalam perjalanan mereka terlihat adu mulut (waduh ngapain tuh mulut diadu) yang berakhir dengan perpisahan. Konon, semua ini terjadi karena sifat usil penunggu Gunung Pegat yang bernama Mbah Glondor (mungkin adiknya Dumbledore). Menurut cerita yang beredar, Mbah Glondor ini paling tidak suka jika melihat ada pasangan yang baru saja menikah atau sedang terlihat asmara melintasi daerah kekuasaannya. Terlepas benar atau tidak mitos dan tradisi Gunung Pegat ini, tergantung dari kita sebagai manusia. Kalau kita mempercayai hal itu karena takut akibat yang akan timbul, kemungkinan mitos tersebut akan terjadi pada diri kita sendiri dan bisa menyebabkan kejombloan yang akut. Gapapa putus hubungan sama pacar asal jangan putus sekolah apalagi sampe putus silaturahmi ke orang tua.    

4. Tanjakan Cinta Gunung Semeru

Sumber Gambar

Kalo kamu pernah nonton film 5 cm, pasti udah ga asing sama tempat ini. Tanjakan Cinta adalah nama sebuah tempat di Gunung Semeru, tepatnya di bagian barat Ranu Kumbolo, pada jalur pendakian menuju puncak Mahameru. Legenda tempat ini berawal dari dua sejoli yang sudah bertunangan, mendaki gunung Semeru bersama. Ketika melewati jalur ini, cowoknya sudah sampai di atas lebih dulu. Si cewek yang kepayahan, jatuh terguling dan meninggal dunia. Mitosnya, barang siapa yang bisa terus berjalan tanpa henti hingga di atas bukit dan tanpa menoleh ke belakang. Jika sedang pacaran, maka akan berakhir bahagia. Bila berhenti di tengah-tengah, maka hubungan itu akan putus'. Itu adalah mitos yang beredar di Tanjakan Cinta. Meski begitu, banyak pasangan yang tetap awet meski sering berhenti ketika mendaki tanjakan ini. Namun juga tidak sedikit yang putus setelah gagal mendaki tanpa henti di tanjakan ini. Jika ingin menguji mitos ini benar atau tidak, silahkan datang ke Tanjakan Cinta dengan pacar dan jangan lupa ajak selingkuhanmu, dijamin mitos ini benar adanya.    

5. Candi Prambanan

Sumber Gambar

Mitos ini berawal dari kisah legenda Roro Jonggrang yang meminta seribu candi dalam semalam kepada Bandung Bondowoso jika ingin meminangnya. Bandung Bondowoso menyanggupi permintaan tersebut dan minta bantuan banyak jin untuk melancarkan pembangunan seribu candinya. Namun, ternyata Roro Jonggrang mengkhianati perjanjian tersebut, dan Bandung Bondowoso yang marah mengutuk Roro Jonggrang menjadi pelengkap candi ke seribu. Ia juga mengutuk semua gadis yang membantu Roro Jonggrang akan menikah di usia lanjut. Legenda itu yang kemudian berkembang menjadi mitos yang menyatakan bahwa setiap pasangan kekasih yang datang ke Candi Prambanan akan dikutuk jadi gantungan kunci (engga lah serem banget), akan dikutuk hubungannya dan akhirnya putus. Namun, banyak orang yang tidak mempercayai mitos tersebut, tetapi pulang dari Candi Prambanan kemudian putus. Sayangnya mitos ini tidak pernah terjadi kepada para jombloers.

6. Grajakan Nglirip, Tuban

Sumber Gambar

Air terjun Nglirip yang akrab disebut masyarakat sekitar Grajagan Nglirip, berlokasi di Desa Mulyo Agung Kecamatan Singgahan atau sekitar 38 km ke arah barat dari kota Tuban. Letaknya pun tak jauh dari jalan raya yang sudah beraspal sehingga tidak sulit menuju ke lokasinya baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.  Mitos itu dipercaya oleh banyak orang, bahkan ada yang ekstrim mengatakan bila sudah bosan dengan pasangan, bawa saja ke Grajakan Nglirip. Niscaya beberapa hari kemudian akan putus hubungan. Mitos itu lebih kuat lagi berpengaruh kepada pasangan yang akan menikah, dan pasangan belum menikah yang berciuman di tempat itu. Mungkin penyebab utama putusnya hubungan di tempat ini adalah karena ciuman di depan orang tua si pacar.  

7. Kebun Raya Bogor

Sumber Gambar

Nah tempat wisata terakhir yang konon bisa bikin hubungan putus adalah Kebun Raya Bogor. Ada yang tau Kebun Raya Bogor berada di kota apa? Ya betul ada di Kota Bogor, pinter deh. Kebun Raya Bogor terletak di jantung Kota Bogor, tempatnya sejuk dan di sana terdapat banyak tumbuhan langka. Selain sebagai tempat wisata, juga bisa menjadi tempat anak-anak untuk belajar tentang alam dan tumbuhan. Namun, siapa sangka di balik kesejukan tempat tersebut, ternyata kebun ini terdapat sebuah mitos. Mitosnya adalah barang siapa yang datang ke situ dalam kondisi lajang, maka akan mendapatkan jodoh bila duduk di bawah pohon jodoh. kalo ga dapet juga, coba intropeksi diri hehe. Sebaliknya, bila datang ke tempat itu dalam keadaan berpasangan, maka pasangan kamu akan bertambah, engga ga gitu mitosnya. Melainkan jalinan asmara kamu akan kandas bila menyebrang di jembatan warna merah yang letaknya paling utara.

Percaya atau tidak? yang jelas Kebun Raya Bogor adalah salah satu tempat yang harus dikunjungi bila sedang berada di kota hujan itu. Jika kamu penasaran, tidak ada salahnya mencoba. Tapi resikonya ambil sendiri yaaa.

Itulah 7 tempat wisata yang memiliki mitos sebagai tempat larangan bagi orang pacaran. Terlepas benar atau tidaknya, itu semua kebali pada diri masing-masing. Tapi jika penasaran, tidak ada salahnya mencoba ke tempat-tempat di atas bareng pacar. 

0%
Marah
0%
Gokil
100%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
1
SHARES
Kaya Kamu, 6 Hantu Ini Pun Statusnya Masih Jomblo

Kaya Kamu, 6 Hantu Ini Pun Statusnya Masih Jomblo

7 Bagian di Kamar Tidurmu Ini Jadi Tempat Favorit Hantu Bersembunyi

7 Bagian di Kamar Tidurmu Ini Jadi Tempat Favorit Hantu Bersembunyi

5 Cerita Horor Rumah Sakit Paling Angker di Indonesia. Berani Baca?

5 Cerita Horor Rumah Sakit Paling Angker di Indonesia. Berani Baca?

Siapa Mau Kenalan Sama Hantu Ju on dari The Grudge?

Siapa Mau Kenalan Sama Hantu Ju on dari The Grudge?

Buat Kamu Pecinta Horor, Inilah Beberapa Fakta Unik Tentang Pocong

Buat Kamu Pecinta Horor, Inilah Beberapa Fakta Unik Tentang Pocong

Serba-Serbi Tim Pemburu Hantu di Indonesia

Serba-Serbi Tim Pemburu Hantu di Indonesia

loading