7 Upacara Pemakaman yang Bakal Bikin Bulu Kuduk Kamu Kejang!

www.boombastis.com
Line YuKepo.com

Kamu udah tau belom kalo orang mati adalah orang yang tidak bisa bernapas? Dalam kondisi begitu, orang mati tidak bisa ngobrol lagi dengan keluarga atau kerabatnya yang masih hidup karena statusnya yang telah menjadi jenazah. Biasanya di Indonesia, orang mati selalu dikubur ke dalam tanah karena itu adalah perintah agama. Dan mungkin alasan lainnya adalah agar tidak menimbulkan bau karena tubuhnya akan membusuk. Jadi tanah adalah tempat yang paling sesuai untuk menimbun tubuh tersebut. Akan tetapi, di negara lain ternyata banyak upacara pemakaman yang tidak menggunakan tanah sebagai alat untuk menimbun. Masyarakat di negara-negara ini punya kebudayaan dan kepercayaan yang berbeda dengan Indonesia. Oleh karena itu, kalau kita berpikir dengan logika orang Indonesia, dijamin gak bakal ketemu maknanya. Daripada banyak cingcong, mending langsung kita kepoin aja upacara-upacara pemakaman aneh yang ada di seluruh dunia!

1. Sky Burial di Tibet

sgtalk.org

Karena kontur tanah di daerah Tibet itu keras dan susah untuk dicangkul, akhirnya masyarakat Tibet memanfaatkan dataran tinggi atau bukit dan menunggu burung pemakan bangkai untuk mengunyah jasad para orang yang mati. Sebelum dihibahkan kepada burung pemakan bangkai, jasad-jasad tersebut dimutilasi terlebih dahulu, bahkan tulang-tulangnya juga dihaluskan, semacam dipresto. Gila. Selain itu, masyarakat disana pun percaya bahwa tubuh itu cuma benda, sebuah kapal, yang digunakan oleh jiwa. Dan ketika jiwa itu telah pergi, maka tubuh tidak ada harganya lagi. 

2. Endokanibalisme

www.berinesia.com

Cara ini digunakan oleh beberapa suku pedalaman di Australia dan Papua. Kerabat mereka yang sudah mati akan dimakan beramai-ramai oleh mereka sendiri. Dengan memakan jasad kerabatnya, mereka percaya bahwa seluruh kemampuan yang dimiliki kerabatnya yang telah meninggal tersebut akan pindah ke dalam diri mereka. Semacam transfer ilmu gitu ya? Mantap, MT alias makan temen. 

3. Peti mati fantasi di Ghana

www.tentik.com

Kalo di Indonesia biasanya kita pakai kain kafan putih atau peti mati yang terbuat dari kayu. Akan tetapi, masyarakat Teshi, Ghana, punya cara yang berbeda dalam membungkus orang mati. Peti mati akan dibuat berdasarkan profesi jenazah ketika masih hidup. Jadi kalo misalkan profesinya sebagai pedagang sayur, mungkin peti matinya berbentuk wortel atau terong ya? Waduh kok jadi gembira ya kesannya upacara pemakaman ini, hahahaha.

4. Upacara Famadihana

www.superadventure.co.id

Di Madagaskar, sebuah jenazah akan dibongkar kembali kuburannya dan diganti kain kafannya dengan kain sutra. Setelah diganti, jenazah akan diajak menari. Ritual ini diadakan sebagai momen reuni dengan para kerabat yang masih hidup. Wah ikatan persaudaraannya kuat banget ya orang-orang Madagaskar ini. 

5. Exposure

www.boombastis.com

Para masyarakat yang menganut ajaran Zoroaster akan menaruh jasad para kerabatnya di sebuah lubang seperti gambar di atas dan membiarkannya begitu saja hingga dimakan oleh burung pemakan bangkai. Mereka percaya bahwa tubuh hanya menjadi unsur pencemar bagi unsur suci seperti api dan bumi sehingga untuk menghindarinya maka jasad orang mati diletakkan di dalam sebuah tower. Aduh, pasti banyak setannya tuh tempat. Ogah deh dibayar berapa juga kalo disuruh kesana.  

6. Pemakaman Orang Toraja

www.dahsyat.net

Kali ini datang dari dalam negeri, tepatnya dari daerah Sulawesi, Toraja. Ketika ada orang yang meninggal, maka keluarga akan menghabiskan uang ratusan juta rupiah untuk mengadakan pesta kematian. Sebelum pesta tersebut bisa direalisasikan, maka jenazah hanya ditaruh di dalam rumah dan diperlakukan seperti orang sakit. Kalo keluarga yang berduka sudah memiliki dana untuk mengadakan pesta, barulah jenazah mendapat tempat di sebuah gua atau tergantung pada sebuah tebing yang menjadi makamnya. Aduh, bangkrut dah kalo begitu urusannya.

7. Pemakaman Trunyan

www.dahsyat.net

Pemakaman unik selanjutnya juga datang dari Indonesia, tepatnya di Bali. Ketika ada salah satu anggota keluarga yang meninggal, maka jasadnya akan ditaruh begitu saja, keluarga hanya meletakkan sesajen disampingnya. Jasad tidak akan mengeluarkan bau karena pohon Trunyan akan menghilangkan bau busuk dari jasad tersebut. Kalo kamu dibayar 5 juta buat tidur sehari di situ, kira-kira kamu ambil gak tawaran itu? Hahahaha ngeri banget.

Sebenarnya pemakaman hanyalah cara para manusia yang masih hidup dalam memberi makna terhadap suatu peristiwa. Orang yang mati mah pasrah aja mau diapain juga tuh badannya. Kan udah mati, gak bisa protes jadinya, hahahaha. Kamu gak akan bisa mengerti secara menyeluruh kenapa masyarakat-masyarakat di atas menggunakan upacara pemakaman yang terkesan aneh dan tidak manusiawi. Hal itu disebabkan pola pikir dan keyakinannya berbeda. Jadi jangan salahkan cara masyarakat di atas dalam menanggapi peristiwa kematian, ya. Kita pelajari aja makna yang terkandung di dalamnya, siapa tau muncul di soal SNMPTN atau CPNS, kan? Hahahahaha.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
100%
Aneh
3
SHARES
Boleh Percaya Atau Tidak, Gerakan-gerakan Tangan ini Dipercaya Sebagai Simbol Iluminati

Boleh Percaya Atau Tidak, Gerakan-gerakan Tangan ini Dipercaya Sebagai Simbol Iluminati

Serem! Ternyata di Momen Paling Bahagia pun Para Makhluk Halus ini Ingin Eksis

Serem! Ternyata di Momen Paling Bahagia pun Para Makhluk Halus ini Ingin Eksis

Tempat Angker Ini Menawarkan Pengalaman Uji Nyali yang Sesungguhnya!

Tempat Angker Ini Menawarkan Pengalaman Uji Nyali yang Sesungguhnya!

Foto-foto Penampakan Makhluk Halus yang Tertangkap Kamera Ini Bakal Mengagetkanmu

Foto-foto Penampakan Makhluk Halus yang Tertangkap Kamera Ini Bakal Mengagetkanmu

Merinding, 7 Benda Mistis dari Seluruh Dunia ini Memiliki Kutukan yang Mengerikan!

Merinding, 7 Benda Mistis dari Seluruh Dunia ini Memiliki Kutukan yang Mengerikan!

Eksekusi Mati Ini Pernah Terjadi dan Sungguh Amat Kejam!

Eksekusi Mati Ini Pernah Terjadi dan Sungguh Amat Kejam!

loading