Yuk Intip Keunikan Meteora, Komplek Biara di Atas Langit Yunani yang Memukau

www.yukepo.com

Sebagai salah satu negara dengan peradaban tertua, Yunani memang nggak ada habisnya untuk dibahas. Selalu saja ada sesuatu yang unik dan berkesan dari tempat magis itu. Yunani meninggalkan banyak jejak di sejarah dunia, dari tokoh hingga kisah peradabannya yang panjang. Nggak cuma itu, di sana juga terdapat bangunan indah peninggalan dari generasi sebelumnya. Salah satunya yang bisa dijadikan contoh ialah Meteora.

Meteora merupakan biara yang letaknya di atas semacam gunung yang tinggi. Sehingga, Meteora disebut sebagai biara di atas langit Yunani. Tempatnya yang berada di ketinggian, membuat biara ini menjadi sangat unik dan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke sana. Baik yang hanya melihat keunikannya atau melakukan wisata religi.

Nah, kamu pasti mau tahu dong kayak gimana sih bentuk dari Meteora itu dan apa yang bikin biara di atas langit Yunani ini jadi unik? Simak langsung ya!

1. Membangun biara di pegunungan Megalitikum

en.wikipedia.org

Seakan menyentuh langit, sebuah biara dibangun di puncak pegunungan Megalitikum. Adalah Yunani, negeri para Dewa, tempat biara pencakar langit ini dibangun. Tepatnya di jantung Thessaly, biara pencakar langit ini meninggalkan jejak monumental dalam sejarah alam Yunani.

2. Dibangun di atas ketinggian 1300 kaki

travelingyuk.com

Gereja Ortodoks Yunani membangun sebuah kompleks biara yang dikenal sebagai Meteora. Kompleks biara pencakar langit ini dibangun di atas puncak batu pasir yang di beberapa di antaranya memiliki ketinggian hinga 1300 kaki di atas permukaan tanah. 

3. Rumah bagi para Biksu Ortodoks Yunani

www.pinterest.co

Sejak abad ke-11 silam, puncak pegunungan Megalitikum ini merupakan rumah bagi para biksu ortodoks Yunani yang berpindah-pindah tempat. Penaklukan Ottoman yang terjadi pada tahun 1453 memberi tekanan terhadap para biarawan ortodoks. Akhirnya, para Biksu pun harus berlindung ke tempat yang lebih tinggi dan kini lebih dari 20 biara telah mengisi seluruh pilar daerah tersebut.

4. Telah dibangun puluhan biara

sapijalanjalan.blogspot.co.id

Saat ini puncak pegunugan Megalitikum ini telah dibangun puluhan biara, tepatnya sebanyak 24 perumahan biara dibangun di atasnya. Namun tidak semua rumah aktif sampai saat ini. Hanya ada 6 rumah yang masih aktif digunakan (5 untuk laki-laki, 1 untuk perempuan), dengan setiap rumah diisi oleh 10 orang.

5. Pesona alam Yunani yang sangat Indah
www.duniabackpacker.net

Meteora Yunani mencuri perhatian tidak hanya karena letaknya yang berada di puncak setinggi 1300 kaki, alam yang sangat cantik nan indah di sekeliling Meteora pun membuat biara ini semakin mempesona. Lihat saja tebing, pepohonan, serta awan dan langit biru yang menaungi Biara! Cantik!

6. Terbentuk sejak 60 juta tahun silam

sapijalanjalan.blogspot.co.id

Batu Meteora ini merupakan batu pilar hasil dari kolektif alam. Memiliki ketinggian rata-rata 313 meter atau 1.027 kaki menjadikan batu Meteora ini objek yang sangat luar biasa. Ahli geologi mempercayai bahwa proses pembentukannya dimulai sekitar 60 juta tahun yang lalu selama periode Paleogen.

7. Disimbolkan oleh burung bangkai Mesir

sapijalanjalan.blogspot.co.id

Meteora tidak hanya menarik perhatian para Biksu untuk bermigrasi. Baru-baru ini, daerah tersebut juga menjadi rumah bagi burung bangkai Mesir yang saat ini sedang terancam punah. Karena banyaknya burung bangkai Mesir yang bermigrasi, mereka pun dikenali sebagai simbol wilayah Meteora.

8. Menarik ribuan wisatawan

sapijalanjalan.blogspot.co.id

Keindahan, kecantikan, dan keunikan Meteora membuat ribuan wisatawan berbondong-bondong datang berkunjung. Setiap tahunnya, Meteora selalu dipenuhi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin menikmati surga alam Yunani ini. Selain itu, keunikan dan kemegahan Meteora ini membuatnya dinobatkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1988.

9. Surga bagi pejalan kaki dan para pendaki
sapijalanjalan.blogspot.co.id

Untuk sampai puncak, pengunjung harus melalui tangga atau bisa juga lewat sebuah mesin kerek. Meteora bukan hanya surga bagi para pejalan kaki, tetapi juga surga bagi pendaki. Waktu yang terbaik untuk melakukan pendakian adalah antara pertengahan Maret hingga pertengahan Juni atau antara pertengahan Agustus sampai pertengahan November.

Hal ini dikarenakan antara bulan Desember dan Maret, cuaca dingin dan basah, sedangkan antara Juli dan Oktober merupakan saat jumlah pengunjung yang datang memuncak.

10. Berkunjunglah sebagai wisatawan yang taat peraturan
sapijalanjalan.blogspot.co.id

Satu hal yang perlu diingat, Meteora merupakan komplek biara sehingga ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi sebelum berkunjung. Salah satunya adalah wisatawan dilarang memakai pakaian tanpa lengan dan tidak diperbolehkan memakai celana pendek. Masing-masing biara memiliki jadwal waktu buka yang berbeda sehingga kamu harus memeriksa terlebih dahulu sebelum berkunjung. 

Nah, itu dia potret keunikan meteora sebagai komplek biara di atas langit Yunani. Pasti capek juga kalau jalan kaki menuju sana. Tapi itu gak jadi halangan dong buat mampir ke meteora kalau kamu lagi berkunjunng ke Yunani. :D

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Fakta Unik Kerokan Ini Bakal Bikin Kamu Tau Bahaya dan Keuntungannya!

7 Fakta Unik Kerokan Ini Bakal Bikin Kamu Tau Bahaya dan Keuntungannya!

Selain Jadi Kesayangan Bapak-bapak, 10 Burung Ini Punya Paruh yang Ciamik

Selain Jadi Kesayangan Bapak-bapak, 10 Burung Ini Punya Paruh yang Ciamik

9 Penyakit Ini Bikin Pengidapnya Punya Kekuatan Super! Musibah atau Keberuntungan?

9 Penyakit Ini Bikin Pengidapnya Punya Kekuatan Super! Musibah atau Keberuntungan?

Bikin Segar Mata, 10 Taman Terunik di Dunia Ini Bisa Buat Hatimu Damai

Bikin Segar Mata, 10 Taman Terunik di Dunia Ini Bisa Buat Hatimu Damai

Fotografer Profesional Ini Mahir Bikin Foto Menyeramkan. Yuk, Tengok Karyanya!

Fotografer Profesional Ini Mahir Bikin Foto Menyeramkan. Yuk, Tengok Karyanya!

8 Orang Ini Tertimpa Kesialan Dobel. Sakit Nggak Seberapa, Malunya Itu Lho

8 Orang Ini Tertimpa Kesialan Dobel. Sakit Nggak Seberapa, Malunya Itu Lho

loading