Wow! Pemerintah Kota Ini Berikan Rp 8,1 Juta Untuk Setiap Bayi yang Baru Lahir

15 Juni 2017
|Chandra W.
97SHARES

Sementara di Indonesia pemerintah menggalakkan program Keluarga Berencana dengan slogan "2 Anak Lebih Baik", pemerintah Kota Bucharest di Rumania justru sebaliknya. Mereka akan memberikan uang tunai sebesar 615 USD (US Dolar) atau sekitar Rp 8,1 juta untuk setiap bayi yang baru lahir di rumah sakit setempat. Tentu saja ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu minimal salah satu orang tua dari bayi tersebut berasal dari Kota Bucharest.

Kebijakan ini diterapkan oleh pemerintah Kota Bucharest karena kota ini mengalami penurunan populasi terparah di Eropa. Penyebabnya adalah angka kelahiran yang menurun dan migrasi. Perkiraan dari ahli statistik menunjukkan bahwa pada tahun 2026, sekitar 26% dari 19 juta penduduk di Rumania akan berusia di atas 65 tahun. Tentu ini juga berarti angka produktivitas di negara ini menurun.

Data dari National Institute for Statistics menunjukkan ada 21.150 bayi lahir di Bucharest pada tahun 2010 dan 19.250 bayi lahir pada tahun 2015. Sejak tahun 2002 hingga 2012 saja, populasi di Rumania menurun dari 22 juta orang menjadi hanya 19 juta, atau menurun sekitar 3 juta penduduk. Mereka memilih untuk pindah ke luar negeri menuju negara-negara Eropa Barat termasuk Inggris untuk mencari penghidupan yang lebih baik.

Migrasi besar-besaran penduduk Rumania ke Inggris ini disebabkan oleh minimnya lapangan pekerjaan yang tersedia disana. Rumania memang negara termiskin kedua setelah Bulgaria di antara negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa. Di Inggris, pekerja yang datang dari Rumania banyak dicari karena gaji yang diberikan lebih kecil dibandingkan dengan penduduk asli Inggris.

Perpindahan penduduk usia produktif Rumania ke Inggris dan negara lainnya menurunkan angka jumlah penduduk usia produktif di Rumania. Kalau ini terus menerus terjadi dan dibiarkan, bukan nggak mungkin Rumania jadi negara yang semakin miskin. Nggak heran, pemerintah Kota Bucharest mengeluarkan kebijakan pemberian uang tunai setiap kelahiran bayi disana.

Gimana? Tertarik buat menikah dan punya anak di Rumania?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
97SHARES