Wow, Inilah 7 Cara Menyapa Terunik yang Ada di Dunia

21 April 2017
|Gerrytullah
215SHARES

Menyapa merupakan salah satu cara bagaimana kita bisa melakukan interaksi terhadap orang di sekitar kita. Bukan hanya kepada orang yang kita kenal, sapaan ini juga menjadi cara komunikasi terbaik dengan orang yang tidak di kenal. Tata cara menyapa pada umumnya hanya dengan mengatakan kata "hai" ataupun "hello", kemudian menanyakan kabar sambil berjabat tangan.

Tetapi kembali pada tradisi, berbagai kelompok, suku, dan negara-negara berikut pun memiliki tata cara menyapa yang berbeda dan terbilang unik. Ini merujuk kepada filosofi sosial yang mereka percayai. Seperti apa saja ya tradisi menyapa unik tersebut? YuKepo akan membahas satu per satu nih, langsung saja yuk!

1. Menyapa dengan menjulurkan lidah masyarakat Tibet

Jika menurut kamu menjulurkan lidah merupakan sebuah ejekan atau bahkan celaan, lain halnya dengan masyarakat Tibet yang melakukan sapaan dengan menjulurkan lidah. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan masyarakat Tibet bahwa lidah yang berwarna hitam dimiliki oleh sosok reinkarnasi raja jahat. Maka cara sapaan tersebut seakan menjadi cara bagi mereka untuk menunjukkan bahwa mereka bukanlah raja jahat yang bereinkarnasi. 

2. Cara sapaan khas masyarakat Zimbabwe

Masyarakat Zimbabwe memiliki cara dalam menyampaikan beberapa hal dengan tepukan tangan, termasuk dalam soal menyapa. Pria di Zimbabwe akan menepukkan tangan mereka sebagai pertanda mengucapkan halo kepada wanita. Jika gerakan tepuk tangan mereka datar dapat diartikan mereka sedang mengatakan selamat tinggal. Tepukan tangan yang berirama cepat juga bisa mengartikan sapaan terima kasih. 

3. Salam sapaan Selandia Baru, Hongi

Masyarakat Selandia Baru memiliki tradisi sapaan yang terinspirasi dari suku Maori, yaitu Hongi. Di mana dua orang yang berdiri berhadapan kemudian hidung bersentuhan dan ditekan bersamaan. Warga Selandia Baru percaya bahwa dengan melakukan Hongi, berarti kedua orang tersebut telah saling menukarkan nafas hidup. Dan jika seseorang sudah melakukan Hongi untuk pertama kalinya, maka status orang tersebut sudah meningkat dari manuhiri (tamu) menjadi salah satu warga mereka atau yang disebut tangata whenua. 

4. Sapaan hormat suku Inuit

Gaya sapaan masyarakat Alaska memang sangat unik, bahkan inilah yang menginspirasi gaya sapaan masyarakat Selandia Baru. Karena di Alaska, tradisi sapaan mereka dikenal dengan “Eskimo Kissing”. Gaya sapaan ini diadaptasi dari tradisi suku Inult yang dikenal dengan istilah Kunik. Sapaan ini dilakukan dengan menggesekkan ujung hidup dengan lawan bicara. Sapaan ini berfilosofi sebagai bentuk ungkapan rasa kasih dan sayang kepada anggota keluarga atau orang yang dicintainya.

5. Salam khas masyarakat Oman

Sapaan unik selanjutnya hadir dari kebiasaan masyarakat Oman. Bukan menyapa dengan cium pipi kanan dan kiri, tetapi kebanyakan pria di negara tersebut menunjukkan kekerabatan dan rasa kasih sayang yang dalam mereka dengan melakukan salam mencium hidung dengan hidung. Unik ya!

6. Sapaan membungkuk di Jepang

Sapaan yang biasa dilakukan masyarakat Jepang merupakan salah satu yang paling populer. Mereka terbiasa melakukan sapaan dengan membungkukkan badan mereka di saat bertemu dengan kolega ataupun orang yang lebih tua. Semakin lama dan rendah badan membungkuk, akan menunjukkan rasa hormat dan hubungan emosional yang lebih mendalam. Cara membungkuk di negeri sakura ini dilakukan dengan mencondongkan tubuh dengan posisi punggung tegak kedepan dan kedua yangan saling menggenggam di depan badan (bagi perempuan) atau kedua tangan diletakkan disamping badan (bagi laki-laki).

7. Sapaan aneh penduduk suku Masai, Kenya

Sapaan yang dilakukan oleh masyarakat asli suku Massai di negara Kenya dan Tanzania menjadi salah satu cara menyapa yang sangat aneh. Sapaan ini bahkan tetap berlaku jika seorang anggota suku yang bisa dikatakan lebih muda ingin menyapa orang yang lebih tua. Hanya saja cara yang sedikit berbeda, di mana anggota yang lebih muda tadi akan meludah di tangannya sendiri sebelum akhirnya menawarkan anggota yang lebih tua untuk meludahinya sebagai tanda hormat. 

Aneh-aneh dan sangat unik kan cara menyapa masyarakat di atas? Bagaimanapun itulah tradisi yang mereka anut, karena kepercayaan terhadap filosofi tertentu yang mendasari kebiasaan tersebut. Kamu punya kebiasaan unik saat menyapa temen geng kamu gak? Mungkin gaya tos unik atau senggol punggung? Share yuk!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Gerrytullah
Gak Punya Quote Nih!
215SHARES