Wow, Ilmu Coding Diajarkan Sejak TK! Untuk Apa Ya Kira-kira?

24 Oktober 2017
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Di era sekarang ini, dunia yang kita tinggali seakan-akan sudah terbagi menjadi dua dimensi besar, yakni dimensi fisik dan dimensi digital, atau sering juga dipertentangkan dengan istilah dunia nyata dan dunia maya. Dampak dari dimensi digital yang semakin meluas dan merasuk ke berbagai aspek kehidupan ini adalah meningkatnya kebutuhan sumber daya manusia yang memiliki kapasitas dalam pengoperasian dunia digital itu sendiri.           

Kesadaran akan kebutuhan ini pun dirasakan betul oleh pemerintah Kanada. Tak lama lagi, ilmu persandian komputer atau ilmu coding akan dijadikan sebagai salah satu mata pelajaran wajib bagi peserta didik di negara mereka. Uniknya, pembelajaran coding ini akan diterapkan kepada siswa semenjak mereka masih menduduki bangku taman kanak-kanak sampai mereka menduduki sekolah menengah atas.

Program ini dikembangkan oleh pemerintah Kanada karena mereka merasa bahwa saat ini segala aspek kehidupan sudah mulai dioperasikan melalui dunia digital. Dilansir dari phys.org, pihak pemerintah Kanada memberikan bukti terhadap pernyataan di atas bahwa sekarang ini berbagai profesi sudah menuntut para pekerjanya untuk memiliki kemampuan dalam pengoperasian dunia digital. Agar peserta didik dapat mengikuti perkembangan san tuntutan lapangan kerja di era sekarang ini, pemerintah pun mengusung program ini sebagai bentuk perhatian mereka terhadap masa depan dari generasi muda saat ini.

Pihak pemerintah berpendapat bahwa berbagai perusahaan dalam bidang apapun, akan selalu membutuhkan tenaga kerja yang mahir dalam pengoperasian digital ini, terlepas dari apapun kedudukannya. Contohnya, saat ini marketing akan sulit sekali untuk dilakukan tanpa adanya keterlibatan internet dan sosial media. Pekerjaan yang berkaitan dengan desain, sudah dilakukan dengan menggunakan teknologi digital imaging yang tentunya menuntut kemampuan untuk “mengolah” bentuk-bentuk di ranah digital. Intinya, sekarang ini segala sesuatu itu sudah serba “didigitalisasikan” sehingga wajar saja jika pihak pemerintah merasa perlu untuk menanamkan kemampuan khusus ini pada peserta didik sejak usia dini.

Sudah tercatat ada 500.000 siswa yang akan mengikuti program wajib coding ini dalam jangka waktu dua tahun sebagai masa percobaan. Program yang dieksekusi oleh Departemen Sains ini akan turut melibatkan 5.000 guru yang tersebar di negara tersebut untuk memperoleh pelatihan dan peralatan khusus untuk melatih kemampuan digital ini di sekolah.

Seiring dengan program pembelajaran coding ini, pihak pemerintah Kanada pun memberikan dukungan kepada kaum wanita ataupun anak muda untuk mengejar karir di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika. Nampaknya saat ini pemerintah Kanada memang sedang mengejar pengembangan kemampuan SDM di bidang ilmu-ilmu pasti yang dibutuhkan di era teknologi informasi seperti sekarang ini.

Program yang tengah dikembangkan ini merupakan salah satu bentuk respon pemerintah Kanada terhadap atmosfir dunia saat ini yang sudah cenderung mengoperasikan segala sesuatunya secara digital. Kira-kira Indonesia bisa nggak ya mencontoh program semacam ini untuk pengembangan kualitas SDM dalam aspek digital? Hm, semoga ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES