Unik, Rumah dari Barang Bekas Ini Bikin Kamu Kebelet Menjalin Rumah Tangga

09 Juni 2017
|Atik Kencana S.
0SHARES

Cari rumah di Jakarta sekarang susah. Gak hanya harga tanahnya yang selangit, namun biaya membangunnya juga gak kalah tinggi. Dengan harga yang kian tinggi kayaknya kita harus sedikit meningkatkan daya kreativitas. Seperti contohnya beberapa rumah ini ternyata dibuat dari barang-barang bekas. Hasilnya? Jangan ditanya! Penasaran? Yuk langsung aja kita kepoin!

1. Rumah dari kaleng bekas

Memang umumnya kaleng-kaleng bekas baik kaleng minuman atau makanan akan hanya menjadi sampah yang tidak berguna. Namun tidak seperti sebuah rumah yang dinamakan The Beer Can House tersebut yang terbuat lebih dari 39.000 kaleng bir. Pembuatan rumah ini menghabiskan waktu sekitar 18 tahun. Tiap-tiap kaleng bir tersebut dipotong dan ditempel di setiap permukaan. Kaleng-kaleng tersebut kemudian digunakan sebagai dinding, dekorasi, dan pagar. Berniat membuat satu rumah seperti ini?

2. Rumah dari kapal bekas

Sebuah Lakes Boat yang dulunya digunakan sebagai kapal pengiriman berhasil disulap menjadi sebuah rumah yang unik oleh Henry Ford. Rumah berbentuk kapal tersebut berada di Selatan Pulau Bass di Lake Eerie, Ohio. Kapal tersebut sudah berfungsi selama 50 tahun sebelum dipensiunkan.

3. Rumah dari jendela daur ulang

Rumah yang dibangun di tahun 1960-an ini memang menggunakan jendela daur ulang. Keuntungannya adalah rumah ini sama sekali tidak memerlukan lampu di siang hari. Terlebih rumah ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih seminggu untuk pembangunannya.

4. Rumah dari tempat penyimpanan gandum

Silo atau tempat penyimpanan gandum yang kokoh menjadi pembentuk dasar rumah yang bundar. Meninggalkan kesan pedesaan yang kuno dengan menambahkan kesan kontemporer. Dua silo disatukan hingga membentuk sebuah rumah.

5. Rumah dari ban bekas

Ban bekas menjadi salah satu alternatif bahan bangunan yang murah dan kokoh, terutama bagi negara dunia ketiga. Ban bekas tersebut bahkan mampu mengatur suhu dalam bangunan. Kebanyakan rumah dari ban bekas tersebut memang diplester dengan menggunakan lumpur. Rumah-rumah dari ban bekas ini sudah banyak bisa ditemukan di Haiti yang rawan gempa.

6. Rumah dari kontainer

Rumah yang berasal dari kontainer-kontainer ini sudah bisa banyak ditemukan di Indonesia. Selain menjadi rumah, kontainer-kontainer ini juga umumnya dijadikan sebagai suatu restoran atau tempat kerja. Rumah ini memang sangat compact dan memungkinkan sekali untuk ditumpuk. Material kontainer memang sangat cocok untuk dijadikan hunian baik kecil maupun besar. Daripada kontainer-kontainer tersebut hanya terlantar di galangan kapal, kenapa tidak dialihfungsikan saja?

7. Rumah dari lumbung

Di era modern kini banyak tempat-tempat berkembang pesatnya. Lahan untuk peternakan dan persawahan memang semakin minim. Namun hal tersebut bukan menjadi alasan untuk merobohkan lumbung-lumbung yang sudah berdiri puluhan tahun. Bahkan sekarang bermunculan rumah-rumah indah yang sebelumnya adalah sebuah lumbung. Tidak perlu menghilangkan bentuk aslinya, tinggal menambahkan beberapa bahan saja. Pasti bakal keren banget!

Nah, itulah tadi beberapa contoh rumah-rumah yang berasal dari barang-barang bekas. Kalau kita cermat, pastinya setiap barang bekas bisa dimanfaatkan lagi. Tentunya dengan sedikit sentuhan seni, apapun yang berasal dari bahan bekas memang akan menakjubkan hasilnya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES