Unik! Gedung Olahraga Milik Sekolah di Thailand Ini Terbuat dari Bambu

15 Agustus 2017
|Idham Nur Indrajaya

Gedung olahraga yang terdapat di Sekolah Internasional Panyaden, Thailand, memiliki struktur bangunan yang keseluruhannya terbuat dari bambu. Gedung olahraga yang terdapat lembaga pendidikan bilingual yang terletak di Provinsi Chiang Mai ini, sama sekali tidak menggunakan besi untuk menopang bangunannya. Dengan struktur yang dibangun sedemikian rupa, bangunan ini dapat berdiri kokoh meskipun terbuat dari bambu.

Gedung bambu ini dirancang oleh Chiang Mai Life Architects (CLA), yakni sebuah firma arsitektur yang memang memiliki spesialisasi dalam membuat bangunan dari bambu dan bahan-bahan alam lainnya yang ramah lingkungan. Gedung yang dirancang oleh CLA ini diyakini dapat bertahan kurang-lebih selama 50 tahun sebelum direnovasi.

Tim perancang bangunan ini dipimpin oleh Markus Roselieb dan Tosapon Sittiwong, yang mendapat proyek dari Panyaden untuk merancang sebuah gedung olahraga yang dapat memuat 300 pelajar di dalamnya dengan konsep yang membaur dengan lingkungan alam sekitarnya. Untuk itulah, CLA pun mencetuskan penggunaan bambu dalam mengukuhkan gedung olahraga tersebut.

Dengan luas yang mencapai 782 m², bangunan ini dilengkapi dengan lapangan untuk bermain basket, futsal, bola voli, dan badminton. Di sekeliling interior bangunannya, terdapat balkon yang disediakan untuk orang-orang yang hendak menonton permainan olahraga di gedung tersebut. Dengan pengaturan ventilasi dan penyekatan yang sedemikian rupa, gedung ini dapat mengalirkan udara sejuk, sehingga para siswa yang berkegiatan di dalamnya dapat merasa nyaman. Dari segi estetis, bambu-bambu yang menghiasi bangunan ini pun dapat memberikan rasa nyaman dan rileks bagi para pemakai gedung.

Dengan bantuan teknisi yang mumpuni, gedung ini pun dirancang untuk dapat bertahan dari berbagai fenomena alam seperti badai, gempa, dan berbagai bencana lainnya yang biasa terjadi di Thailand. Bambu-bambu yang digunakan untuk pembangunan gedung ini pun merupakan bambu dengan kualitas terbaik dengan panjang yang bisa mencapai 17 meter. Penggunaan bambu-bambu ini dapat mengurangi kadar zat arang di sekitarnya, sehingga gedung olahraga ini menjadi lingkungan yang cukup sehat.

 

Meskipun terkesan tidak modern, pada kenyataannya, bangunan ini dapat memberikan berbagai manfaat yang baik bagi orang-orang yang hendak berkegiatan di dalamnya. Lagi pula, sekolah yang membangun gedung olahraga ini adalah sekolah internasional yang siswa-siswanya berasal dari berbagai negara. Dengan kata lain, sekolah internasional tidak harus selalu memiliki bangunan-bangunan dengan arsitektur yang modern, yang lebih penting adalah aktivitas yang berjalan di dalamnya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
SHARES