Ternyata Versi Asli Film-film Walt Disney Gak Semuanya Happy Ending!

18 Desember 2016
|Rhesa Leo
669SHARES

Film Disney memang diciptakan untuk penonton anak-anak, nggak heran kalau jalan cerita yang dibuat mudah dicerna dan selalu berakhir dengan akhir yang bahagia alias happy ending. Bertemu dan menikah dengan pangeran tampan, menaklukkan para penjahat, hidup dengan bahagia mungkin itu tipikal alur cerita dari film-film Disney yang kamu kenal. Tapi tahukah kamu ternyata film-film ini punya cerita versi asli yang ceritanya jauh dari kata menyenangkan apalagi bahagia.

1. Putri tidur ternyata bukan bangun karena dicium

Kamu pasti nggak asing lagi kan dengan kisah Sleeping Beauty alias Putri Tidur. Putri yang tertidur karena tertusuk mesin pintal itu diceritakan dibangunkan oleh ciuman seorang pangeran yang datang menjemputnya. Romantis banget kan? Tapi ternyata versi asli karya Giambattisa Bassile itu jauh banget dari kesan romantis. Sang puteri ternyata terbangun karena melahirkan. Lha kok bisa?  Ternyata si pangeran yang datang bukan cuma mencium si putri, tapi malah menghamili udah gitu ditinggalin lagi karena sang pangeran udah punya istri. Nggak romantis kan?

2. Akhir tragis kisah Mulan

Film yang satu ini emang agak beda dengan kisah Disney Princess lainnya. Mulan diceritakan sebagai sosok cewek perkasa yang menyamar menjadi laki-laki untuk maju berperang menggantikan ayahnya. Cerita Mulan ini sendiri diadaptasi dari puisi klasik Cina berjudul Hua Mulan. Tapi di versi aslinya Mulan kalah dalam peperangan melawan pasukan Khan. Mulan yang pulang kembali ke rumahnya mendapati ayahnya sudah meninggal dan ibunya menikah lagi dengan pria lain. Putus asa, Mulan akhirnya bunuh diri. Tragis banget kan?

3. Adegan sadis dalam kisah Cinderella

Siapa sih yang nggak tahu kisah Cinderella? Kamu pasti ingat kan gimana sang pangeran mencari keberadaan Cinderella? Berbekal sepatu kaca yang tertinggal, pangeran pun menghampiri semua gadis muda untuk mencoba sepatu tersebut. Nah, di versi cerita asli karya Charlis Perrault, dua saudara tiri Cinderella ini diceritakan melakukan hal ekstrem supaya bisa mendapatkan hati sang pangeran. Karena permintaan sang ibu mereka berdua memotong ibu jari kaki mereka agar bisa pas masuk di sepatu Cinderella. Sayang rencana mereka nggak berhasil, Cinderella pun tetap nikah dengan sang pangeran, duh!

4. Ibu tiri Snow White dihukum dengan cara sadis

Kisah Snow White yang harus tinggal di hutan bersama tujuh kurcaci karena diusir ibu tiri ini mungkin termasuk salah satu film Disney yang paling populer. Nah, kalau versi Disney, sang ibu tiri jahat ini akhirnya mati karena jatuh dari tebing dan tewas tertimpa batu raksasa. Dalam versi karya Grimm bersaudara, sang ratu mati karena dihukum menari di atas sepatu besi super panas hingga akhirnya pingsan dan mati.

5. Sisi kelam Hercules

Sebagian orang pasti mengenal Hercules sebagai sosok heroik. Putra Dewa Zeus ini diceritakan datang untuk menyelamatkan Megara melawan Hades. Tapi tahu nggak kamu dalam versi aslinya Hercules akhirnya dikisahkan membunuh dua anak dan istrinya sendiri gara-gara dikomporin sama Hera, ibunya sendiri.

6. Mowgli si pembantai

Disney menceritakan sosok Mowgli sebagai seorang anak kecil yang selalu ceria, hidup dan bermain bersama hewan-hewan di hutan. Dalam buku karya Rudyard Kipling, ternyata hari-hari Mowgli nggak seceria kartun Disney. Setelah mengetahui kalau orang tuanya diculik oleh penduduk desa, Mowgli bersama para gajah dan serigala berbondong menyerang desa dan membunuh hampir seluruh penduduk desa, para wara pun, meyakini Mowgli sebagai roh jahat. Nah lho?

7. Akhir tragis si bongkok dari Notre Dame

"The Hunchback of Notre Dame" bercerita tentang seorang bungkuk bernama Quasimodo. Dia lahir kurang sempurna, tapi jatuh cinta sama gadis gypsy yang jelita bernama Esmeralda. Ketika Esmeralda mau dihukum mati, Quasimodo datang menyelamatkan nyawanya. Meski akhirnya Quasimodo nggak sama Esmeralda, tapi film ini berakhir bahagia kok. Cerita asli tulisan Victor Hugo ternyata punya versi yang berbeda. Quasimodo dikisahkan gagal nyelamatin Esmeralda. Bahkan Quasimodo menyaksikan Esmeralda mati di tiang gantung. Merasa bersalah Quasimodo mendatangi makam Esmeralda dan tetap di sana smapai akhirnya ia mati perlahan karena kelaparan. Duh, miris banget ya?

Ternyata versi asli dari film-film Disney nggak seindah dan seromantis filmnya. Coba bayangin gimana masa kecil kamu jadinya kalau Disney membuat film sesuai dengan versi aslinya?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Rhesa Leo
Gak Punya Quote Nih!
669SHARES