Ternyata Inilah 7 Informasi Penting di Balik Coretan Tembok Jalanan

28 September 2016
|Rhesa Leo
Unik
0SHARES

Kali ini kita mau ngebahas soal coret-coretan di dinding (bukan graffiti ya). Kota-kota besar di Indonesia terutama Jakarta sering banget dikotori oleh tangan-tangan jahil pelaku vandalisme. Coretan ngasal di tembok-tembok sepanjang jalan merupakan pemandangan umum yang sering banget kita jumpai.   Sekilas, coret-coretan dari pylox dan spidol itu kelihatan nggak penting. Kamu ngeliatnya juga pasti kesel kan? Udah nggak jelas, ngerusak fasilitas, cuma bikin tembok jadi kotor lagi. Nah, dari pada cuma kesel dan marah-marah doang mending kita lihat apa sih arti dibalik coretan-coretan asal di tembok. Cekidot guys! 

1. Menyalurkan aspirasi

Tolong buatkan sirkuit balap! Oke semoga pak pemkab lewat yaa.. Jadi ternyata di daerah Jepara sana, balap liar merupakan salah satu kegiatan favorit anak-anak muda. Jadilah tembok-tembok pinggir jalan sebagai ruang aspirasi.  Mungkin mereka belum tahu kalau di dunia ini ada teknologi yang namanya kertas buat nyampein pesannya ke pak Pemkab

2. Ngasih informasi

Fungsi lainnya yang harus kamu tahu dari coret-coretan di tembok nggak lain nggak bukan buat kasih informasi penting. Kayak foto di atas tuh, kasihan kan kalau ada yang sampai boker di toilet rusak. Makanya ditulisin deh tuh gede-gede!

3. Ekspresi perayaan

Ini biasanya kelakuan anak SMA. Dalam euphoria merayakan kelulusan, selain corat-coret seragam, mereka jug senang banget nyoret-nyoret tembok rumah orang yang kebetulan mereka lewatin. Tulisannya juga nggak aneh-aneh malah simple banget. Cuma lulus. Titik. Bagi yang lihat mungkin nggak penting banget, tapi buat mereka jelas punya arti penting. 

4. Sebagai bentuk dukungan

Ini coret-coretan tipe fans atau followers. Bisa dukungan tim sepakbola, caleg, cagub dan lain-lain. Sebenarnya nggak ngaruh juga sih sama kemenangan tim atau kelompok yang mereka dukung. Maklumin aja deh pikirannya kan pendek.

5. Media curhat

Katanya sih curhat nggak mengenal waktu dan tempat. Selalu ada tempat buat curhat colongan termasuk tembok di sepanjang jalan. Padahal kalau mau curhat mereka sebenarnya  bisa curhat ke temen, pacar, keluarga, sosmed juga ada. Nggak ngerti lagi deh kenapa masih ada aja orang curhat di tembok? 

6. Prasasti cinta (cielaahh)

Namanya orang jatuh cinta kamu mesti ngertiin dong. Orang yang jatuh cinta biasanya norak, salah satu tindakan noraknya ya bikin coret-coretan soal cinta di tembok. Duh ilahhh.

7. Ekspresi seni (ini gambar ikan, percaya deh)

Intinnya sih tembok jalanan itu jadi media alternatif buat siapa saja berekspresi. Nggak heran coretan-coretan yang dihasilkan juga random dan ajaib banget. Kayak foto di atas ini nih, ada yang tahu ini termasuk karya seni apa?

Nah, sekarang kamu udah tahu kan makna-makna dibalik coretan absurd di pinggir jalan. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
100 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Rhesa Leo
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES