Tau Gak Kamu, Kalo 7 Benda Ini Ternyata Dinamai Pakai Bahasa Belanda?

18 November 2016
|Atik Kencana S.
Unik
0SHARES

Belanda menjajah Indonesia memang dalam kurun waktu yang cukup lama. Tentunya banyak hal yang sampai saat ini membekas di tanah air. Bukan hanya meninggalkan bangunan-bangunan tua yang sarat akan nilai historis, Belanda juga meninggalkan kata-kata serapan yang hingga kini masih digunakan di Indonesia. Mau tau apa aja?

1. Dongkrak (Dommekracht)

Bagi kamu anak otomotif pasti familiar banget sama benda yang satu ini. Benda ini tugasnya adalah untuk menopang mobil kamu sehingga dengan mudah kamu bisa mengganti ban yang bocor. Tentunya ban mobil kamu ya, bukan mobil di sebelah. Kan yang bocor ban mobil kamu. 

2. Golok (Dolk)

Kalau lihat benda ini rasanya langsung inget sama salah satu seni bela diri dari Betawi, ya. Tuh kaaan pasti kamu langsung kepikiran sama pitung. Sebenarnya ini termasuk salah satu senjata tajam asli Indonesia. Buat kamu yang tidak punya keahlian khusus, jangan main-main dengan benda ini yaaa.

3. Handuk (Handdoek)

Pastinya semua orang butuh benda ini sih untuk mengeringkan apa pun yang basah, badan terutama ya...

4. Kulkas (Koelkast)

Ternyata pada zaman kolonial belanda memang sudah ada kulkas walaupun gak semodern sekarang. Sudah pasti bukan orang sembarangan yang punya benda ini. Fungsinya masih sama kok, untuk mengawetkan makanan. Tentunya nggak menggunakan arus listrik, ya...

5. Kuas (Kwast)

Ini termasuk salah satu benda remeh-temeh yang harus ada di gudang perkakas. Tentunya itu kuas untuk cat, yaaa. Kalo kuas untuk perempuan sih beda lagi yaitu untuk make-up. Hehe. Jangan salah, loh!

6. Klakson (Claxonneren)

Komponen ini termasuk salah satu komponen penting juga dalam suatu kendaraan. Fungsinya sih untuk memberikan peringatan atau tanda kepada pengemudi yang lainnya. 

7. Baut en Mur (Bout dan Moer)

Ini juga peralatan kecil yang memang harus selalu siap di rumah atau di kendaraan. Soalnya bagian ini mudah sekali hilang dan suatu saat kita pasti membutuhkannya.

So, guys... Tadi hanya sebagian kecil benda-benda yang dinamai menggunakan kata serapan dari bahasa Belanda. Gak heran sih, Belanda menjajah Indonesia kan dalam kurun waktu yang cukup lama. Cukup menambah pengetahuan kan. Sip!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES