Tanbo Art, Seni Melukis Areal Persawahan di Jepang Ini Bikin Kamu Kagum

24 Mei 2017
|Atik Kencana S.
0SHARES

Sejak tahun 1993, para petani Desa Inkadate, Aomori, Jepang telah membuat suatu karya dengan media areal persawahan dengan menciptakan suatu karya desain dengan skala raksasa yang disebut Tanbo Art. Tiap tahunnya para petani tersebut menanam padi dengan berbeda warna demi menciptakan karya yang baru dari mulai musim tanam hingga musim panen. Selama bertahun-tahun mereka sudah membuat karya yang luar biasa dengan menggambar Mona Lisa, Napoleon, Marilyn Monroe dan beberapa ikon bersejarah jepang di areal persawahan tersebut.

Untuk membuat mahakarya semacam ini, mereka pertama mendesain gambar tersebut di komputer untuk mengetahui di mana dan bagaimana menanam padi tersebut. Membuat suatu karya ini tidak dilakukan seorang diri lho, ratusan sukarelawan juga ikut andil dalam pembuatan Tanbo Art ini. Tanaman-tanaman padi tersebut sudah dirancang secara genetis agar menghasilkan warna merah, kuning, putih dan hitam. Jangan heran lho, desain Tanbo Art semakin tahun semakin keren.

Nah, biar kamu gak penasaran, yuk langsung aja kita kepoin gimana sih karya seni yang disebut sebagai Tanbo Art ini? Soalnya sudah banyak desa-desa lain yang meniru aksi ini, cuma tetap saja gak sebagus buatan penduduk Inkadate. 

1. Bikin gambar Marilyn Monroe segede gini gimana bikinnya ya?

2. Ksatria berkudanya gede banget, yang bikin berapa orang nih?

4. Tentunya kalau bikin gambar kayak gini, butuh pengerjaan yang matang ya

5. Tanbo art ini emang jadi objek pariwisata tersendiri di Desa Inkadata, Indonesia berniat mencoba?

6. Penggambaran sosok dewa beserta petir dan awan hitam ini juga keren banget, gradasinya dapet

7. Areal persawahan ini kayak diubah menjadi buku gambar ya, bercerita pula gambarnya

8. Untuk menggambar bentuk ini di kertas aja gak semua orang bisa, apalagi gambar di sawah? Mantap

9. Wah ada Naruto, kalau ambil gambar di angle tertentu bisa gak jadi gambarnya

10. Nah lho, ribet banget ini gambarnya, cobalah sekali-sekali coba di Indonesia

11. Waduh ini sih yang paling keren, komposisi dan warnanya pas banget

12. Walaupun lagi musim panen, gambarnya tetap kelihatan

13. Eh kok gambarnya kayak 3D ya? Kayak bangun gitu? Keren banget

Sumpah keren-keren banget ya! Kira-kira proses pembuatannya memakan waktu berapa lama tuh ya? Jepang emang ada-ada aja deh kalau soal kreativitas. Areal persawahan aja nyaris dibikin jadi komik kayak gini. Selain pengerjaannya yang gak sesederhana yang dikira, ide membuat Tanbo Art inilah yang mahal. Gila ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES