Suka Makanan Pedas? Kamu Harus Tau 7 Fakta Unik Tentang Cabai Ini!

14 Oktober 2016
|Prila Patra Suganda
217SHARES

Kamu termasuk yang suka pedas? Di Indonesia itu terkenal banget sama beragam sambalnya, ada sambal goreng, mentah, mangga, terasi dan banyak lainnya. Makanan pedas itu emang menggoda banget, deh! Orang Indonesia emang doyan makan pedas. Kalo makan gak ada rasa pedas-pedasnya itu kayaknya kurang afdol! Walaupun enak tapi makanan pedas itu ada efeknya juga lho... Kalo gak bikin bibir kamu dower, ya perut jadi mules. Tapi tenang.... Cabai masih punya banyak manfaat kok.... Jadi artinya, kamu masih bisa konsumsi cabe-cabean. Hihihi.

1. Bisa menenangkan pikiran dan mengurangi stress

Buat kamu yang lagi ngalamin hari yang berat, coba konsumsi makanan pedas, deh. Makanan pedas ini bisa jaga mood kamu karena makanan pedas bisa ningkatin level hormon endorfin dan serotonin dalam tubuh kamu. Pelepasan hormon ini akan membuat perasaan kamu lega dan jadi lebih tenang. Jadi, selama masih ada cabai 'say no to stress!' Harus happy terus, ya. Happy aja belum tentu lakunya cepet, ups!

2. Bisa bikin kurus lho!

Lagi diet? Atau lagi coba nurunin berat badan? Tenang, ada obat yang murah dan dijamin tokcer! Kamu makan aja makanan pedas, soalnya cabai itu mengandung capsaicin yang bermanfaat membantu mempercepat metabolisme dan bisa bakar kalori dalam tubuh kamu lebih cepat. Kan kalo makan terus kepedesan, porsi makannya jadi dikit tuh. Eits, jangan kebanyakan juga ya. Nanti ke toilet mulu. Lumayan sekali ke toilet dua ribu. Hehe....

3. Makan pedes bisa bikin tidur nyenyak

Peneliti di Australia menyatakan kalo orang yang suka makan makanan pedas itu cenderung lebih mudah untuk tidur. Dan mereka yang mengkonsumsi makanan pedas akan mudah bangun pagi dan lebih segar. Mungkin karena sudah lelah kepedesan... Jadinya cepet tidur. Hahaha.

4. Mengurangi resiko terkena flu

Buat kamu yang gampang banget meler dan cepet banget ketularan penyakit flu, siap-siap ganti makanan favorit kamu jadi makanan pedas. Zat capsaicin dalam cabai membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang bakal ganggu kamu. Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis dan gejala flu lainnya. Asik, gak butuh banyak tisu lagi. 

5. Menyehatkan untuk jantung kamu

Kalo makan pedas pasti rasanya adrenalin kamu terpacu banget kan? Jadi semangat dan ditambah bisa keringetan makin bikin makanannya lebih nikmat! Nah, ternyata hal itu ada penjelasan ilmiahnya lho! Dan fakta ini ternyata berkaitan dengan efek makanan pedas yang baik untuk kesehatan jantung. Makanan yang pedas bisa mengurangi efek kolesterol jahat dan zat capsaicin di dalam cabai berguna melawan anti-inflamasi. Anti-inflamasi itu sendiri merupakan faktor risiko dari penyakit jantung. Semoga gak jantungan lagi ya, walaupun nanti tiba-tiba diputusin.

6. Banyak konsumsi cabe hijau, bisa awet muda

Cabai hijau atau yang suka kamu temuin kalo beli gorengan di abang-abang memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti teh hijau. Selain sebagai antioksidan, ada Vitamin C yang banyak juga ditemuin di cabai hijau, lho. Jadi, kalo kamu gak gitu suka pedas tapi mau ambil manfaat dari cabe ini, bisa makan langsung minta mama atau kalo beli gorengan minta cabenya lebihan. Lumayan, gak perlu ke pasar. 

7. Makan cabe bisa manjangin umur

Studi yang telah diterbitkan dalam BMJ, makanan pedas ini berhubungan dengan penurunan risiko kematian. Studi yang dilakukan di Cina ini menunjukkan orang dewasa yang mengonsumsi makanan pedas minimal 3 kali dalam seminggu ternyata memiliki penurunan risiko kematian hingga 14% lho! Wowwww... walaupun studi tentang hal ini masih berlanjut, gak ada salahnya untuk kamu rutin mengonsumsi makanan pedas dengan porsi cukup, ya! Hihihi.

Gimana? Udah mulai suka sama makanan pedas? Tapi jangan sampe berlebihan banget, ya makan pedesnya. Kan sesuatu yang berlebihan juga gak sehat. Daripada nanti malah berakhir di toilet terus bokong jadi panas kan? Hihihi. Sekira-kiranya aja, cabe masih mahal soalnya! 

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Prila Patra Suganda
Gak Punya Quote Nih!
217SHARES