Studi Membuktikan! Inilah 7 Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas!

18 November 2016
|Puspita Yuniastuti
2SHARES

Buat kamu pecinta makanan pedas, kamu harus berbahagia nih. Karena dibalik kelezatan makanan pedas yang bisa membuat lidahmu kepanasan, ternyata makanan pedas memiliki berbagai fakta baik bagi kesehatan kamu loh. Tapi setelah baca artikel ini, bukan berarti kamu bisa sepuasnya makan makanan pedas terus menerus ya, karena semua harus tetap pada porsinya. Dan sesuatu yang berlebihan kan emang gak baik. Contohnya kayak terlalu sayang sama pacar sampai disakitin tetep juga sayang. Hmm… Jangan sampai kayak gitu deh pokoknya ya. Langsung aja yuk kita bahas satu per satu fakta makanan pedas bagi kesehatan kamu.

1. Menurunkan Berat Badan

Rasa pedas pada cabai terdapat pada kandungannya yang bernama Kapsaisin. Kapsaisin ternyata dapat mempercepat metabolisme di dalam tubuh dan juga dapat membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Tapi jangan karena cabai dapat menurunkan kalori dengan lebih cepat, kamu jadi olahraga sambil makan cabai ya. Kalau lagi lari kemudian keselek cabai kan bahaya juga..

2. Menyehatkan Jantung

Selain dapat membantu tubuh membakar kalori dengan cepat, Kapsaisin juga dapat melawan inflamasi yang telah diindetifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung. Cabai juga dapat menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Tapi tetep aja loh, cabai bukan sebagai obat. Jadi jangan sekali-kali memberikan porsi cabai berlebihan kepada orang yang mengidap penyakit jantung.

3. Menyembuhkan Flu

Kalau kamu kepedasan, pasti sering kan hidungmu seketika pilek? Ternyata fakta lain mengenai cabai adalah dapat menyembukan penyakit flu. Lagi-lagi kandungan kapsaisin dapat meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang menggangu. Selain itu makanan pedas juga bisa membantu membuka jalannya nafas. Tapi kalau membuka hati dia buat kamu.. hmm gimana ya..

4. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Banyak cara untuk menyembuhkan insomnia (sulit tidur.) Salah satunya adalah mengkonsumsi makanan pedas. Sebenarnya fakta ini ditemukan oleh orang Australia yang melakukan penelitan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi makanan pedas cenderung lebih mudah tidur dan akan bangun lebih pagi dan lebih segar dibandingkan orang-orang yang tidak mengkomsumsi makanan pedas. Bener gak ya kira-kira?

5. Melancarkan Sirkulasi Darah

Kandungan Vitamin A dan Vitamin C yang terdapat di dalam cabai dapat membantu menguatkan dinding pembuluh darah dan menguatkan dinding otot jantung. Makanan pedas dapat melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Tapi beda dengan pedas dari lada yang dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Jadi, mau kan makan pakai cabai dan lada?

6. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Balik lagi ke kandungan Kapsaisin yang terdapat di dalam cabai. Kapsaisin membantu membunuh bakteri H.pylori yang menyebabkan penyakit maag. Dan cabai dalam saluran pencernaan dapat meningkatkan sirkulasi darah di perut. Mungkin kalau kamu lagi susah buang air besar, makan cabai bisa jadi salah satu solusi ya?

7. Menjaga Mood dan Mengurangi Stress

Fakta makanan pedas bagi kesehatan tubuh kamu yang terakhir adalah menjaga mood dan mengurangi stress! Terutama cabai merah yang dapat meningkatkan hormon endorphin dan serotonin yang dapat menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. Kedua hormon ini berlaku sebagai pelawan stress dan depresi. Mungkin makan pedasnya bisa sambil dengerin lagu-lagu dari band Red Hot Chili Peppers ya!

Nah itu dia 7 fakta mengenai makanan pedas yang baik bagi kesehatan tubuh kamu. Buat kamu yang gak suka makan pedas, coba sedikit beranikan diri yuk dengan cabai. Dan buat kamu yang emang cinta banget makanan pedaaas, tetep harus diatus ya porsinya. Hati-hati muleees!    


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
100 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Puspita Yuniastuti
Gak Punya Quote Nih!
2SHARES