Siap Mengundang Lapar, 7 Bento Ini Lagi Nge-Hitz Banget di Jepang!

08 Maret 2018
|Mohammad Syahrial
1SHARES

Kalau denger kata "bento", mungkin yang langsung terngiang adalah lagu dari musisi legendaris Indonesia, Iwan Fals. Eitsss, tapi bento yang dimaksud kali ini bukan judul lagu ya. Melainkan bekal khas negeri Sakura, Jepang. Pasti banyak dong dari kalian yang udah tau tentang bento. Bekal makanan khas Jepang ini emang udah dikenal banget.

Bento dikenal dengan cara menyusunnya yang sangat kreatif dan lucu. Sosis diubah jadi gurita, mie diubah jadi rambut, telur dadar jadi selimut, bikin nggak tega deh makannya. Bentuknya yang lucu membuat bento sangat cocok untuk bekal anak-anak. Tapi asal kita kreatif dan imajinatif, bento bisa kita buat sesuai dengan bagaimanapun selera kita.

Nah, kali ini Yukepo mau ngomongin soal bento lagi nih. Tapi bukan lagi ngomongin bentuk bento yang lucu atau seram ya. Kali ini Yukepo mau ngasih tau tentang jajaran bento yang sekarang lagi hits di Jepang. Lumayan nih buat referensi bekal biar nggak itu-itu aja.

1. Kyaraben

Kyaraben adalah salah satu bento paling populer di jepang. Sesuai dengan namanya, kyaraben atau bento karakter dibentuk sedemikian rupa hingga sangat menarik dan cantik. Bahan yang digunakan pun bermacam-macam, seperti nasi, nori, telur, keju, sosis, dan lain-lain. Kyaraben ini biasanya banyak disukai oleh anak-anak.

2. Ekiben

Ekiben adalah bento yang hanya dijajakan di stasiun. Sesuai dengan namanya, eki adalah kereta dan ben adalah bento. Berisi nasi dan lauk-pauk khas Negeri Sakura, ekiben menjadi solusi tepat untuk bekal makanan bagi para pengguna transportasi umum yang akan menempuh jarak jauh. 

3. Kamameshi

Kamameshi adalah bento yang disajikan di dalam periuk keramik klasik khas Jepang. Bento ini mulai populer di awal tahun 1900-an. Berisi nasi dan lauk-pauk seperti daging dan sayuran, kamameshi sangat nikmat disantap ketika masih hangat. Kamameshi ini bisa kamu temukan di banyak restoran Jepang.

4. Makunouchi

Makanouchi adalah bento yang sudah ada sejak zaman Edo pada abad ke-16. Oleh karena itu, Makanouchi menjadi salah satu bento yang pertama kali populer di Jepang. Biasanya makanouchi disantap saat menikmati pementasan drama klasik Jepang. Saat ini Makanouchi banyak disajikan di restoran tradisional Jepang.

5. Shoukadou

Shoukadou adalah bento yang disajikan di kotak kayu bersekat. Ukuran Shoukadou ini lebih besar daripada bento pada biasanya. Karena ukurannya yang besar, Shoukadou biasanya dihidangkan dengan lauk-pauk yaang lebih lengkap.

6. Koraku

Koraku berarti piknik atau tamasya. Sesuai namanya, Koraku adalah bekal makanan yang dibwa ketika piknik bersama keluarga. Koraku disajikan di dalam sebuah kotak besar, penuh dengan nasi dan berbagai lauk-pauk, dan bisa disantap beramai-ramai. Onigiri, tempura, dan sushi adalah sajian praktis yang biasanya selalu ada dalam Koraku.

7. Hinomaru

Hinomaru adalah bento yang sangat sederhana. Sesuai namanya, Hinomaru berarti matahari berbentuk bulat. Bento sederhana ini disajikan dengan bulatan merah dari Umeboshi, asinan buah ume khas Jepang, yang diletakkan di tengah nasi putih. Zaman dahulu, hinomaru ini melambangkan patriotisme dan banyak disajikan untuk para tentara pada masa Perang Dunia II.

Itu dia guys tujuh bento yang populer di Jepang. Bisa banget kan ditiru buat bekal makanan ke kantor atau ke sekolah? Selain rasanya yang enak, bentuknya yang menarik juga membuat bento ini semakin menggiurkan. Duh, jadi laper ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
1SHARES