Sering Muncul di Mana-mana, Yakin Udah Tahu Arti dari 10 Simbol Ini?

www.yukepo.com

Simbol atau lambang merupakan tanda yang menyatakan suatu hal atau mengandung maksud tertentu. Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengenal banyak sekali simbol. Simbol tersebut tentunya banyak membantu kita dalam mengenali sesuatu. Misalnya yang paling sering kita temui adalah rambu lalu lintas yang membantu agar berkendara dengan tertib dan aman. Bahkan huruf dan angka yang biasa kita gunakan untuk berkomunikasi pun merupakan simbol.

Berbicara mengenai simbol, tentunya masih banyak yang sering kita temui di tempat umum, namun tidak kita ketahui apa arti dari simbol tersebut.

Nah, untuk menambah wawasan, ada baiknya kamu juga paham seutuhnya tentang informasi esensial ini. Yang tau jadi makin paham, yang belum tau bisa ikutan ngerti juga dan nggak salah mengartikan.

1. Metal

kultura.zpravy.idnes.cz

Simbol tanduk iblis atau yang lebih kita kenal dengan sebutan metal ini disebut dengan Corna. Corna dalam kepercayaan Hindu dan Buddha berarti simbol untuk mengusir roh jahat. Namun, corna juga mempunyai makna lain khususnya bagi orang-orang Baltic. Bagi mereka, tanda ini merupakan tanda jika kalian ingin berhubungan intim dengan pasangan orang lain. Ups!

2. Pentagram

itssavy.deviantart.com

Pentagram seringkali dicirikan dengan hal yang berbau sihir dan satanic. Simbol ini pertama kali ditemukan di sebuah dinding goa di Babylonia. Orang Yunani percaya bahwa simbol ini memiliki kekuatan magis.

Pentagram memiliki makna asli sebagai jalur dari planet Venus yang harus ditempuh untuk mengelilingi bumi yang diperkirakan memiliki siklus 8 tahun sekali. Beda halnya dengan di Jerusalem, simbol ini merupakan tanda untuk melambangkan lima luka yang ada pada tubuh Yesus ketika disalib.

3. Tengkorak dan tulang

www.decaldoctorz.com

Simbol tengkorak dan tulang ini kerap diartikan sebagai tanda bahaya. Biasanya pada zat beracun, kemasannya akan ditandai dengan simbol ini. Tidak jauh berbeda dengan di Spanyol, simbol tengkorak dan tulang ini pun dijadikan sebagai simbol pemakaman. Jadi jika kamu menemukan simbol ini di sejumlah tempat di Spanyol, artinya di sekitar tempat tersebut terdapat area pemakaman.

4. Barber pole
getbevel.com

Kalau sering ke barber shop, pasti tau dong dengan barber pole. Benda ini berbentuk tabung dengan warna merah, putih, dan biru. Ternyata tidak sekadar hiasan, lho!

Sekitar tahun 1100-an, tukang cukur mempunyai tugas tambahan yang harus mereka lakukan selain mencukur rambut, yakni melakukan operasi dan mengeluarkan darah. Sebelumnya kedua tugas tersebut dilakukan oleh biarawan dan pendeta, namun Paris akhirnya mengeluarkan aturan yang berbunyi bahwa melakukan operasi termasuk hal yang menyalahi kodrat. Dari tugas tambahan sebagai seorang yang melakukan operasi, maka lahirlah simbol putih, merah, biru pada tukang cukur. Putih mewakili perban dan pakaian yang digunakan, merah merupakan lambang dari darah, dan biru merupakan lambang dari pembuluh darah.

5. Bintang david
www.tradera.com

Star of David atau Bintang David kerap dihubungkan dengan agama Yahudi. Ternyata, Bintang David ini bukanlah simbol asli dari orang Yahudi lho. Memang simbol ini sering digunakan oleh orang Yahudi, namun Bintang David baru diakui sebagai simbol pada tahun 1897. Sebelum diakui sebagai simbol agama Yahudi, Bintang David terdapat di agama Buddha, Hindu, dan Jainisme (kepercayaan orang India zaman dulu). Agama Hindu menggunakan simbol ini lebih lama ketimbang agama lainnya. Di kepercayaan Hindu, Bintang David ini melambangkan Anahata, yakni 4 cakra utama yang ada di tubuh manusia.

6. OK

minagirl78.blogspot.com

Bagi banyak orang, gestur tangan yang terlihat seperti gambar di atas adalah sebuah "Ok". Namun, ternyata di Brazil simbol ini mempunyai makna lain. Bagi masyarakat Brazil, simbol ini menandakan anus atau pecinta sesama jenis. Selain itu, gestur ini ternyata ditemukan juga di kepercayaan Buddha dan Hindu. Dalam agama Buddha diberi nama Vitarka Mudra, artinya adalah mengajar dan alasan. Ada banyak artifak agama Buddha yang menggambarkan Buddha menunjukkan tanda Vitarka mudra.

7. Tongkat dan ular

nextluxury.com

Simbol ular dan tongkat ini disebut dengan caduceus. Caduceus merupakan sebuah tongkat milik Hermes, dewa mitologi Yunani. Caduceus ini adalah sebuah simbol yang sering digunakan untuk kepentingan medis atau simbol organisasi kesehatan. 

8. Simbol perdamaian

yogabude-dortmund.de

Simbol yang menandakan perdamaian ini dirancang oleh seorang pria bernama Gerarld Holtom. Holtom menciptakan simbol ini sebagai pelucutan senjata nuklir milik Inggris. Menurut Holtom, simbol ini melambangkan pria yang menggerakan tangan ke atas dan ke bawah. Gestur menggerakan tangan ke atas dan ke bawah, mengikuti gerakan orang Goya sebelum ditembak. Simbol ini belum mendapatkan hak cipta atas nama Holtom, sehingga sampai saat ini simmbol tersebut dijadikan simbol perdamaian.

9. Yin Yang

meridian87.com

Simbol Yin Yang adalah sebuah filosofi yang berakar di Tiongkok, khususnya di kepercayaan Tao. Konsep simbol Yin Yang sudah ada sejak zaman dahulu kala, jauh sebelum Masehi. Yin bisa berganti menjadi Yang dan begitu pula sebaliknya.

Yin yang dilambangkan denngan warna hitam, menunjukkan utara, air, transformasi, bulan, dingin, kelembutan, kepasifan, introspeksi, lembah, dan segala hal yang bisa memberikan semangat pada jiwa. Yang melambangkan cahaya, api, gunung, kehangatan, matahari, aksi, pergerakan, dan bentuk lainnya. Kepercayaan Tao percaya bahwa simbol Yin Yang ini mendorong manusia untuk hidup seimbang, menghargai semua aspek kehidupan yang ada di bumi.

10. Swastika
parezja.pl

Banyak orang menganggap simbol swastika sebagai simbol yang berkaitan dengan Nazi. Ternyata swastika ini bukanlah simbol asli Nazi. Simbol ini merupakan salah satu simbol tertua di dunia. Simbol ini dapat ditemukan agama Buddha, Hindu, dan Jainisme. Di agama Hindu, simbol swastika adalah simbol dari Dewa Vishnu.

Nah, itu dia arti dari simbol yang bisa kita temui. Menambah wawasan banget, 'kan? Berarti sekarang udah nggak salah paham dan nggak bingung lagi dong kalau melihat simbol tersebut. Mana nih simbol yang baru menurutmu?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tiga Hoaks Dalam Sehari, Indonesia Krisis Akal Sehat - Keepodotme

Tiga Hoaks Dalam Sehari, Indonesia Krisis Akal Sehat - Keepodotme

Permen Ini Rasanya Aneh Banget. Butuh Mikir Berkali-kali Sebelum Memakannya!

Permen Ini Rasanya Aneh Banget. Butuh Mikir Berkali-kali Sebelum Memakannya!

Ciri-Ciri Hubungan LDR Akan Segera Berakhir! - Keepodotme

Ciri-Ciri Hubungan LDR Akan Segera Berakhir! - Keepodotme

10 Makanan Ini Diakui Jadi yang Paling Enak di Dunia. Semuanya Bikin Ngiler!

10 Makanan Ini Diakui Jadi yang Paling Enak di Dunia. Semuanya Bikin Ngiler!

Masalah Kesehatan Yang Sering Dialami Perempuan Saat Malam Pertama - Keepodotme

Masalah Kesehatan Yang Sering Dialami Perempuan Saat Malam Pertama - Keepodotme

10 Jajaran Es Krim dengan Bentuknya yang Nggak Biasa. Bikin Geli Sendiri Deh

10 Jajaran Es Krim dengan Bentuknya yang Nggak Biasa. Bikin Geli Sendiri Deh

loading