Seni Fotografi Jalanan di Paris Dekade 50-an ini Nunjukin Sisi Humor Kotanya

02 April 2017
|Atik Kencana S.

Dimulai dari dekade 1950 dan 60-an memang street photography baru mulai naik daun. Gak heran pada saat itu muncullah seorang fotografer jalanan yang bernama Rene Maltete yang berasal dari Perancis. Uniknya, ia cukup piawai dalam memilih angle yang unik dan cenderung lebih humoris.

Maltete pindah ke Paris pada tahun 1951 di usia 21 tahun dengan membeli sebuah kamera Semflex 6x6 di tahun ke 3 ia menetap di Paris. Tujuannya ialah ia ingin mendapatkan karir yang baik dalam dunia fotografi. Ia mulai terkenal sejak memunculkan karya-karya fotografi jalanannya yang lebih cenderung bernuansa humor. Dengan foto-fotonya, ia berhasil menunjukkan bahwa hal-hal yang lucu bisa muncul di suatu frame foto dengan waktu yang tepat.

YuKepo udah ngumpulin beberapa foto jalanan hasil karya Maltete yang siap bikin kamu ngakak sambil heran. Daripada kelamaan yuk langsung aja kepoin yuk!

1. Patungnya kayak lagi muntah susu gitu ya?

2. Nah loh, ini gimana nih? kok kayak kepala buntung ya?

4. Badannya cewek, kepalanya kok aki-aki ya?

5. Kalian gak kayak gini kan? Sejomblo-jomblonya kalian jangan sampe kayak gini ya

6. Ini pelukisnya menjiwai banget ya, padahal kan cuma lukisan bukan lagi sparing Anggar

7. Unik nih, bikin asap lingkaran biar disangka malaikat, asal jangan cabut nyawa sembarangan ya

8. Astaga kepala buntung, duh gimana nih?

9. Gawangnya dijebolin sama matahari, gimana nangkepnya ya?

10. Om Tante, pede banget ciuman di situ, liat dong ada yang ngintip tuh di atas

11. Ternyata pose kayak gini udah jadul ya, eh sekarang ngetrend lagi ya?

12. Ada perempuan yang berbadan duyung, sekarang udah banyak yang ngikutin nih

13. Tenang-tenang, ini bukan setan muka rata kok, mereka cuma lagi bertatapan

14. Pak jangan tinggi-tinggi lempar anaknya, tuh liat nyangkut di kabel listrik ngalah-ngalahin jemuran

15. Untung aja pake payung, kalau enggak duh bakalan banyak debu deh di rambut dikira ketombean ntar

Keren kan karya-karya fotografi jalanan yang dibuat oleh Maltete? Foto yang dihasilkan memang sederhana dengan banyak menunjukkan perspektif humor. Foto yang mengandalkan pengambilan gambar pada saat yang tepat ini memang tidak pernah lekang oleh waktu. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
SHARES