Selain Takut dengan Lagu Britney Spears, Inilah Keunikan Bajak Laut Somalia!

18 Maret 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Bajak laut atau bandit samudera identik dengan penjahat kapal yang keji hingga penyanderaan awak kapal lawan juga sering dilakukan. Namun, salah satu perompak yang sangat disegani yaitu perompak Somalia memiliki sisi unik. Salah satunya adalah trik mereka saat ini lebih memilih untuk meminta tebusan lewat langit. Nah, selain itu masih ada keunikan lainnya yang mungkin belum banyak orang tau. Yuk cari tahu buat nambah wawasan kamu! 

1. Bajak Laut Somalia adalah orang cerdas

Seperti yang kita tahu bahwa Somalia merupakan negara yang mengalami konflik sodara berkepanjangan. Akibat konflik ini banyak warga Somalia terutama anak-anak yang belm mencapai umur 5 tahun tapi sudah meninggal. Sejak kejadian ini seluruh warga dituntut untuk hidup cermat dan cerdas. Salah satunya menjadi bajak laut.

Kecerdasan para warga Somalia di tunjukan melalui taktik mereka saat menjadi pembajak laut. Mereka selalu sukses menjalankan misi. Prinsip mereka gak boleh gagal, kalau gagal sama saja sudah membuang waktu dengan sia-sia.  

2. Menjadi bajak laut adalah sebuah pekerjaan idaman hidup bergelimang harta

Jelas saja kalau di negara ini pasti sedikit sekali lapangan pekerjaan. Ditambah dengan kolapsnya negara dan membubarkan militer Somalia. Sehingga banyak warga yang akhirnya menjadi bajak laut. Profesi ini gak disangka bisa mendatangkan perubahan yang sangat drastis bagi kehidupan mereka. Wajar saja mereka hidup bergelimang harta karena banyak harta yang dia dapatkan. Benar gak?

3. Meminta uang tebusannya harus dari langit

Jarang sekali pembajak asal Somalia ini bisa ditemukan jejaknya. Salah satunya karena mereka memiliki trik dengan meminta uang tebusan secara cash yang dijatuhkan dari langit, maksudnya seperti dikirim melalui helicopter atau semacamnya. Cara ini dinilai paling ampun untuk dirampok lagi. Berdasarkan data 2011 para pembajak laut ini bisa mendapatkan keuntungan menyampai 146 juta dollar dalam satu tahun. 

4. Menguntungkan pihak asuransi

Bajak laut ini salah satu bisnis yang sangat menjanjikan bagi Somalia, karena bisa mendatangkan keuntungan yang besar untuk pihak asuransi. Hal ini berdasarkan fakta ketika perampok sangat ramai di Somalia. Biaya dari perusahaan kapal kargo semakin meningkat hingga 7-12 milar dollar dalam satu tahunnya.

Menyambung dari penjelasan sebelumnya dari pendapatan mereka sejumlah 146 juta dollar, hampir 10 persennya mengalir ke pihak asuransi. Hal ini karena banyaknya perusahaan yang gak mau kapal kargonya dibajak. Seandainya itu terjadi mereka mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi. 

5. Tampang serem tapi takut sama lagu Britney Spears

Pembajak laut dikenal dengan sifat yang sadis dan menyeramkan namun dibalik itu semua. Perompak Somalia ini cukup unik karena takut dengan lagu Britney Spears. Sebenarnya hal ini dikarenakan mereka sangat antipati dengan budaya barat terutama musik-musik barat. Menurut mereka lagu barat itu mirip sebuah penyiksaan terutama lagu Britney Spear yang berjudul “Baby One More Time” dan “Oops! I Did It Again”. Aneh ya!

Nah, itulah beragam keunikan dibalik keganasan para perompak Somalia. Keberadaan mereka tentu meresahkan dan tergolongan tindakan kriminalitas. Dibalik tindakan itu semua satu sisi memberikan dampak positif dan membantu perekonomian negara mereka.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES