Selain Jadi Kesayangan Bapak-bapak, 10 Burung Ini Punya Paruh yang Ciamik

19 Maret 2018
|Mohammad Syahrial
90SHARES

Nggak cuma bapak-bapak sebenarnya yang suka menghabiskan waktu untuk memelihara burung. Siapa pun. Karena pada dasarnya, hewan yang melambangkan kebebasan ini memang punya sisi keindahannya sendiri. Corak bulu, cara terbang, tingkah laku, hinigga kicauannya, semuanya indah. Satu hal lagi yang bikin unik dari burung ialah paruhnya.

Kalau dengar kata paruh, yang terbesit di bayanganmu biasanya sih mulut burung yang bentuknya lancip dan panjang, 'kan? Pernah kebanyang sama bentuk mulut burung yang lain yang beda dari kebanyakan?

Nah lho, kalau gitu kayak gimana dong bentuk paruhnya? YuKepo udah nyiapin potret burung yang memiliki bentuk mulut unik yang bakal bikin takjub. Burung apa ya kira-kira~

1. Cikalang Besar atau Frigate

Cikalang besar merupakan jenis burung laut yang berukuran besar. Burung yang termasuk penerbang akrobat ini mempunyai bentuk paruh yang memanjang, kokoh, dan bengkok di bagian ujungnya. Dengan bentuk ini, fungsinya adalah untuk menyambar ikan yang melompat ke permukaan air.

2. Bangau Tongtong

Bangau Tongtong merupakan keluarga burung bangau yang mempunyai ukuran tubuh yang besar dengan kaki dan leher yang panjang. Paruh burung yang tinggal di daerah tropis ini memiliki ukuran yang besar, panjang, kokoh, dan sedikit melengkung. Fungsinya adalah untuk menangkap mangsanya seperti ikan, katak, serangga, cacing, burung kecil, dan mamalia kecil lainnya.

3. Puffin

Burung puffin adalah burung penyelam yang tersebar di Semenanjung Kamchatka hingga Alaska. Burung puffin mempunyai bentuk paruh yang pipih, tegak, dengan alur untuk mengurangi daya hambat dan turbulensi dalam air. Mulutnya yang berwarna orange terang tersebut membuat burung pemakan ikan ini terlihat sangat unik dan cantik, bahkand ari kejauhan.

4. Avocet

Avocet merupakan burung air yang banyak ditemukan di daerah pantai, rawa, hingga teluk yang berlumpur. Avocet mempunyai paruh yang sangat unik. Jika biasanya paruh burung mempunyai lengkungan ke bawah, milik burung avocet justru melengkung ke atas. Bentuk yang panjang, tipis, dan runcing di bagian ujungnya ini berfungsi untuk menangkap serangga dan hewan kecil dengan meraba dan menyapu lumpur.

5. Gajahan Timur

Gajahan Timur adalah burung yang banyak berkembang biak di Siberia, Semenanjung Kamchatka, dan Mongolia. Gajahan timur mempunyai paruh dengan ukuran yang sangat panjang, tipis, dan ujungnya yang agak melengkung. Bentuk yang seperti ini difungsikannya untuk menangkap hewan-hewan kecil yang hidup di dalam lumpur.

6. Black Skimmer

Black Skimmer adalah burung air yang tersebar di Amerika Utara dan Selatan. Black skimmer mempunyai bentuk paruh atas dan bawahdengan  ukuran dan bentuk yang tidak simetris. Yang atas berbentuk normal, sedangkan bagian bawahnya sangat pipih dan jauh lebih panjang. Paduan warna orange dan hitam pun semakin membuat paruh Black Skimmer terlihat unik.

7. Burung Paruh Sendok

Burung Paruh Sendok atau Spoonbill termasuk jenis burung bangau. Sesuai dengan namanya, paruh Burung Sendok ini  bagian ujungnya pipih dan melebar seperti sendok. Paruh ini berfungsi untuk mendeteksi dan menangkap mangsa di dalam air.

8. Flamingo

Burung flamingo dengan leher dan kaki yang panjang, gerak yang gemulai, dan warna yang kemerahan kerap diidentikkan dengan karakter yang anggun. Flamingo mempunyai paruh yang cukup besar, didominasi warna hitam, dan mempunyai  rambut-rambut penyaring pada bagian rahang bawahnya. Rambut ini akan menyaring plankton, udang halus dan alga hijau biru yang menjadi makanan utama Flamingo.

9. Undan Kacamata

Burung undan kacamata atau burung pelikan adalah burung air yang sangat populer. Pelikan mempunyai tubuh yang sangat besar dengan rentang sayap hingga 2,5 meter, dan bobot badan 7,7 kg. Bagian tubuh pelikan yang sangat mencolok adalah paruhnya yang berkantung yang berfungsi untuk menciduk mangsanya di dalam air.

10. Burung Paruh Sepatu

Burung Paruh Sepatu atau Shoebill adalah burung air yang berukuran besar. Sesuai dengan namanya, Shoebill mempunyai bentuk paruh yang sangat lebar dan besar seperti sepatu. Bentuk paruh ini semakin memperlihatkan penampilan burung Shoebill yang terlihat seperti burung pada zaman purba.

Nah, itu dia burung yang memiliki bentuk paruh terunik yang sukses bikin kamu takjub. Kita jaga alam yuk biar habitat mereka tetap terjaga. Jadi populasi mereka pun tetap lestari. Jangan ditangkap! Biarkan mereka bebas. Dari daftar burung di atas, mana nih yang pernah kamu temui? Saat main ke kebun binatang pas kecil dulu mungkin.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
90SHARES