Selain Cantik, Bunga-bunga Ini Juga Bisa Dijadikan Makanan Enak

10 Juni 2017
|Faizah Pratama
112SHARES

Bunga memang menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Bentuk serta warnanya yang indah menjadikan bunga sering digunakan untuk dekorasi ataupun diberikan sebagai hadiah. Bunga-bunga tertentu juga memiliki makna filosofis yang mendalam. Lebih menariknya lagi, beberapa bunga ternyata dapat dimasak lho! Tidak hanya sebagai campuran bahkan ada masakan yang menggunakan bunga sebagai bahan utamanya. Beberapa bunga juga lumrah dijadikan masakan di Indonesia.

1. Bunga Turi

Bunga turi ada yang berwarna merah dan ada yang berwarna putih. Namun yang sering digunakan sebagai bahan masakan adalah bunga turi putih. Orang Jawa biasanya tidak asing dengan bunga ini karena mereka sering menggunakannnya sebagai masakan.

2. Bunga Kecombrang

Bunga kecombrang juga merupakan bunga yang cukup dikenal dalam Masakan Jawa. Bentuknya biasanya sebesar kepalan tangan. Warna bunganya merah muda, bentuknya juga cantik. Bagi yang belum mengetahui manfaatnya mungkin akan menyangka bunga kecombrang sebagai bunga hiasan belaka.

3. Bunga Pepaya

Bunga pepaya biasanya bergerombol warnanya putih dan baunya harum. Mungkin jarang ada yang mengetahui jika bunga pepaya dapat dimasak. Namun, beberapa masyarakat di Jawa Tengah dan Yogyakarta tidak asing dengan masakan dari bunga pepaya.

4. Bunga Pisang

Bunga Pisang memang bukan tergolong bunga yang cantik. Bunga ini biasa dijadikan bahan masakan. Bagian bunga yang dapat dimasak adalah bagian bunga yang bergerombol serta kelopaknya yang masih muda. Bunga pisang ini memang memiliki getah namun pengolahan yang tepat dapat menghilangkan getah tersebut.

5. Bunga Mawar

Siapa yang menyangka bunga mawar dapat dijadikan makanan enak. Beberapa mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada membuat Pie Mawar. Bunga mawar dijadikan bahan selai. Selain untuk camilan, pie mawar juga dapat mencegah kanker karena bunga mawar mengandung antioksidan.

6. Bunga Lavender

Bunga lavender biasanya dijadikan parfum. Namun, jangan salah bunga lavender juga dapat dijadikan bahan campuran makanan. Bunga lavender biasanya akan melalui proses tertentu sehingga aman dimakan.

7. Bunga Lilac

Mungkin kalian asing dengan bunga lilac. Bunga lilac berwarna ungu muda hampir mirip dengan bunga lavender. Selain untuk kecantikan ternyata bunga ini juga dapat dijadikan bahan makanan dengan penngolahan tertentu. Bunga lilac juga dapat dijadikan pewarna alami pada makanan.

Itulah bunga-bunga cantik yang dapat dijadikan makanan. Ternyata di balik kecantikannya, bunga-bunga tersebut juga menyimpan berbagai manfaat. Selain untuk bahan kosmetik, juga dapat dikonsumsi manusia.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
112SHARES