Sebelum Demo 4 November Ternyata Demo Besar-besaran Pernah Terjadi Beberapa Kali Lho!

01 Desember 2016
|Atik Kencana S.

Katanya sih sebentar lagi bakal ada demo 2 Desember 2016 sebagai tindak lanjut kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok. Mungkin bagi sebagian orang aksi damai 4 November lalu merupakan yang terbesar? Kamu berarti harus baca ini sampai habis, biar kamu tau juga ada demo-demo besar lain loh di Indonesia. Penasaran? Yuk kita lihat bareng.

1. Demo tahun 1966 (Tritura)

Waktu itu gelombang demonstrasi penuntutan pembubaran PKI memang lagi keras-kerasnya tapi pemerintah cuek-cuek aja. Diperparah dengan harga bahan-bahan pokok semakin tinggi terutama BBM. Demo ini diserukan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) untuk memberikan tuntutan kepada pemerintah. Isi dari Tritura tersebut adalah pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya, perombakan kabinet Dwikora dan turunkan harga sembako. 

2. Demo tahun 1974 (peristiwa Malari)

Peristiwa Malari (Malapetaka Lima belas Januari) adalah peristiwa demonstrasi mahasiswa dan kerusuhan sosial yang terjadi pada tanggal tersebut. Kedatangan ketua Inter-Governmental Group on Indonesia (IGGI) Jan P. Pronk dijadikan momentum untuk demonstrasi antimodal asing. Klimaksnya, kedatangan PM Jepang, Januari 1974 disertai demonstrasi dan kerusuhan. 

3. Demo tahun 1998

Kerusuhan Mei 1998 adalah kerusuhan rasial terhadap etnis Tionghoa yang terjadi pada 13-15 Mei 1998. Kerusuhan ini diawali oleh krisis finansial Asia dan dipicu oleh tragedi Trisakti di mana empat mahasiswa Universitas Trisakti ditembak dan terbunuh dalam demonstrasi 12 Mei 1998. Dilanjutkan dengan penurunan jabatan Presiden Soeharto.

4. Demo 27 Maret 2012

Pada tanggal ini terjadi gelombang unjuk rasa besar-besaran dari elemen masyarakat, buruh dan pemuda atau mahasiswa untuk menentang kenaikan harga BBM yang akan diberlakukan mulai 1 April 2012. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa unjuk rasa ini berpotensi menimbulkan kerusuhan. Untuk mengantisipasi hal itu, sekitar 7.281 personil TNI dan Polri dikerahkan.

5. May day 1 Mei 2012

Demo buruh untuk memperingati hari buruh ini merupakan demo buruh terbesar di dunia. Walaupun diklaim sebagai demo buruh terbesar di dunia, demo tersebut berlangsung dengan kondusif dengan tidak merusak apa pun. 

6. Demo buruh 6 Februari 2016

Puluhan ribu buruh berunjuk rasa di depan istana Negara dan gedung MA. Diperkirakan ada sekitar 10 ribuan buruh yang ikut berpartisipasi. Aksi ini dilakukan karena sejumlah perusahaan tidak lagi memperpanjang kontrak kerja karyawannya, malah kemungkinan mereka akan menutup perusahaannya dan hengkang dari Indonesia. 

7. Demo 4 November 2016

Aksi damai 4 November 2016 ini disebut juga aksi bela Al-Qur'an. Ketika demonstran berjumlah antara 50.000 hingga 200.000 turun ke jalan-jalan Jakarta untuk memprotes pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang dianggap menghina agama Islam. 

Terbukti kan kalau sudah banyak demo-demo besar di Indonesia? Jadi, demo 4 November bukan yang pertama kali. Harusnya kamu gak usah takut lagi kalau ada demo, cuma tetap harus jaga diri sih. Asal tidak mudah terprovokasi, pasti demo-demo yang lain akan berjalan dengan kondusif. Tujuan demo kan untuk Indonesia, masa harus merusak nama Indonesia dulu sih? Supaya Indonesia bisa lebih baik dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
SHARES