Rumah Pipa Saluran Air yang Super Minimalis. Desain Tempat Tinggal Masa Depan Nih!

22 Januari 2018
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Memiliki rumah berukuran minimalis sudah menjadi pilihan kebanyakan sebagai tempat tinggal. Lahan pemukiman yang semakin sempit adalah alasannya. Termasuk di Hongkong, yang dikenal sebagai salah satu wilayah terpadat  di dunia. Belum lagi harga rumah yang mahal. Tidak sedikit keluarga yang harus tinggal di tempat yang sempit untuk bisa melangsungkan hidup.

Meninjau krisis tersebut, sebuah firma bernama James Law Cybertecture yang berbasis di Hongkong pun mencoba mengikuti tren rumah berukuran mini dengan membawa konsep rancangan rumah yang mereka beri nama “Opod Tube House”. Pipa saluran air raksasa yang memiliki diameter sepanjang 2 meter dikreasikan oleh James Law untuk dijadikan sebagai rumah berukuran mini yang dapat ditinggali dengan nyaman.

1. Seperti ini rumahnya kalau dari samping. Tidak terlihat seperti rumah, 'kan?

Konsep rumah pipa ini dibuat untuk ditinggali oleh dua orang. Rumah seluas 92 meter persegi ini dilengkapi dengan pelbagai furnitur multifungsi yang dikondisikan untuk menghemat ruangan, misalnya kursi di ruang tengah yang bisa disulap menjadi tempat tidur untuk dua orang. Selain itu, di dalamnya juga sudah terdapat kulkas mini, kamar mandi, dan tempat untuk menyimpan barang-barang pribadi.

2. Tapi, kalau dilihat dari depan, kamu bisa melihat interior rumah yang konsepnya menyesuaikan dengan daya ruang yang tersedia di pipa saluran air ini

Rumah pipa ini rencananya akan digunakan sebagai konsep rumah susun dengan biaya pembangunan yang sudah terhitung sangat minim karena pengondisiannya yang terbilang jauh lebih mudah dan tidak memerlukan pondasi yang rumit.

Berhubung metode pembangunannya cukup sederhana, rumah pipa air ini bisa diletakkan di manapun selama lahan yang ditempatinya berupa bidang datar. Dengan begitu, setidaknya konsep rumah ini bisa menekan peningkatan orang-orang yang tidak bisa hidup dengan layak di Hongkong.

3. Dua pipa besar ini dijadikan satu. Yang pertama berfungsi sebagai ruang tengah dan kamar tidur, yang satu lagi disediakan untuk kamar mandi dan dapur kecil

4. Walau memang terlihat kecil dibanding rumah pada umumnya, ukuran rumah ini setidaknya masih termasuk layak dibanding flat yang terkadang ukurannya hanya sebesar kamar mandi
5. Sofa di ruang tengah bisa diubah menjadi tempat tidur untuk dua orang

6. Di kamar mandinya ada shower, lho!

7. Untuk mendirikannya pun hanya butuh waktu singkat dan biayanya tidak sebesar membangun rumah pada umumnya

8. Tempat ini tampaknya cocok untuk orang-orang yang lebih banyak menghabiskan waktu di tempat kerja dan hanya menggunakan rumah untuk sekadar beristirahat

9. Pilihan tempatnya pun cukup fleksibel. Di bawah jembatan juga bisa!

Itulah gambaran rumah pipa buatan James Law Cybertecture yang dirancang untuk meminimalisasi pemborosan lahan sehingga tempat tinggal yang layak pun bukan lagi sekadar mimpi untuk sebagian besar orang di Hongkong. Menurut kamu, rumah itu cukup layak untuk ditinggali nggak?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES