Pernah Berjaya, 7 Teknologi 90-an Ini Mulai Hilang Ditelan Zaman

01 September 2017
|Reza Pratama
0SHARES

Perkembangan teknologi memang tak pernah berhenti. Tak heran jika selalu ada inovasi baru dalam dunia teknologi. Tentu teknologi yang ada saat ini sangat berbeda jauh dengan teknologi beberapa tahun yang lalu. Jika kita mengulas kembali tentang beberapa teknologi yang sempat ngehits di era 90-an, pasti kamu akan merasa jika teknologi zaman sekarang terasa jauh berbeda.

Buat kamu anak 90-an, masih ingatkah dengan beberapa teknologi yang sempat berjaya di era 90-0an? Mungkin pada saat itu, perkembangan teknologi masih terbilang sangat tertinggal dibanding zaman sekarang. Di mana zaman dulu, tak semua orang bisa memiliki dan merasakan kerennya menggunakan walkman di perjalanan. Namun, sekarang semua orang bisa mendengarkan lagu di smartpohne masing-masing. Semakin berkembangnya zaman, kemajuan teknologi tentu semakin pesat. Tak heran beberapa teknologi yang sempat berjaya di era 90-an kini sudah mulai hilang di telan zaman. Nah, berikut 7 teknologi yang pernah ngehits di era 90-an. 

1. Pager

Sebelum pasukan Nokia dan Sony Ericsson menyerang, pager merupakan alat komunikasi yang saat itu hits digunakan om-om di tahun 90-an. Berfungsi sebagai pengirim pesan singkat, menggunakan pager sedikit lebih rumit dibanding ponsel. Pasalnya, kita harus terlebih dahulu menelpon operator, lalu pesan yang dituju ke nomor pager lain barulah dikirim. Mungkin pada era tersebut masih jarang anak muda yang menggunakan pager, karena sudah keburu tergeser oleh Nokia. 

2. Walkman

Walkman merupakan salah satu teknologi yang membuat si pemakainya terlihat lebih keren pada masa itu. Mendengarkan sebuah lagu dari kaset, lalu diselipkan di saku celana, cukup membuat kita merasa keren pada saat itu. Walaupun sekarang, kita dengan mudahnya mendengarkan lagu lewat smartphone, namun walkman memiliki tempat tersendiri di hati anak-anak 90-an.

3. Mesin Tik

Mesin tik merupakan salah satu teknologi mutakhir yang digunakan sebagai alat menulis sebelum munculnya komputer. Tahun 90-an merupakan era berakhirnya mesin tik yang sebelumnya menjadi media menulis banyak orang. Suaranya yang khas saat sedang mengetik tak akan pernah dilupakan oleh orang-orang yang pernah menggunakannya.

4. Tamagotchi

Sepertinya tak ada anak 90-an yang gak pernah main Tamagotchi. Mainan yang berbentuk telur memang populer di kalangan anak 90-an. Jauh sebelum Mobile Legend populer di kalangann anak remaja saat ini, Tamagotchi sudah menemani hari-hari anak 90-an tiap hari. Layaknya seperti memiliki peliharaan sendiri, kita dilatih untuk memberikan perhatian kepada hewan peliharaan digital di dalam Tamagotchi setiap harinya. Ada yang masih main Tamagochi sampai saat ini?

5. PS 1

Playstation generasi pertama adalah salah satu teknologi yang menjadi keinginan anak laki-laki 90-an. Pasalnya, PS 1 menjadi teknologi yang diidam-idamkan karena banyak pilihan permainan seru. Bisa dikatakan, PS1 juga menjadi mainan yang tergolong mahal di era 90-an. Buat kamu yang gak punya PS 1, pasti sering main di rental bersama teman-temanmu. 

6. Telepon umum

Sebelum ponsel merajalela, telepon umum sangat berperan penting untuk keperluan komunikasi mendadak. Cukup dengan menggunakan uang koin, maka kamu sudah bisa menelepon nomor yang dituju dengan durasi beberapa menit saja. jika ada orang yang ingin menelpon berlama-lama, maka pergi ke wartel (warung telepon) adalah jawabannya.

7. Gimbot

Sama seperti halnya Tamagochi, Gimbot juga merupakan salah satu mainan yang populer di kalangan anak-anak 90-an. Berbagai macam mainan seru bisa membuat hari-hari anak 90-an terasa menyenangkan. Harganya yang tidak terlalu mahal, membuat Gimbot menjadi mainan yang hampir dimiliki oleh anak generasi 90-an. 

Itulah beberapa teknologi yang sempat berjaya bagi anak-anak generasi 90-an, namun kini mulai hilang ditelan zaman. Beruntunglah bagi kalian yang sempat merasakan teknologi-teknologi jadul di atas. Karena saat ini, beberapa teknologi hits di atas sudah sangat sulit ditemukan, sekalipun ada, dijual dengan harga yang tinggi. Kira-kira teknologi mana yang sampai saat ini masih kamu miliki?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
0SHARES