Nikmati Keindahan Bunga Mawar Hitam yang Tumbuh Subur di Turki

01 Oktober 2017
|Mohammad Syahrial
3.5 KSHARES

Siapa yang tidak suka diberi bunga? Terutama perempuan, mayoritas dari mereka menyukai jika diberi bunga oleh orang lain, apalagi orang yang dikasihinya. Biasanya bunga yang paling sering diberikan sebagai sombol cinta dan kasih sayang ialah bunga mawar, baik mawar merah maupun mawar putih. Dua warna bunga itu menjadi favorit karena menyimbolkan cinta yang menggebu-gebu dan cinta yang tulus. Tapi bagaimana jika kamu diberi bunga mawar hitam? Bukan mawar yang sudah mengering, tapi benar-benar mawar yang sedang mekar berwarna hitam? Gak percaya? Yuk, kita ikutin YuKepo jalan-jalan ke Turki.

Mawar hitam termasuk bunga langka. Bunga ini pernah ditemukan di pedalaman hutan dan menempel di batang pohon atau akar pohon-pohon besar. Namun di Turki, tidak perlu masuk ke dalam hutan untuk bertemu dengan bunga misterius ini karena bunga ini tumbuh subur di wilayah bernama Halfeti, sebuah desa kecil di provinsi sanliurfa.

Wilayah Halfeti yang berdekatan dengan sungai Eufrat mempengaruhi keasaman dan kesuburan tanah di wilayah tersebut, sehingga membuat bunga mawar yang tumbuh di sana berwarna ungu sangat tua mendekati hitam. Zat yang membuat warna mawar menjadi hitam ialah anhocyanin, suatu zat yang biasanya terkandung dalam buah raspberry dan blueberry.

Bunga yang dimaknai masyarakat Turki sebagai harapan, misteri, kabar buruk, juga kematian, menjadi salah satu sumber pemasukan uang terutama bagi warga Halfeti. Turis banyak berdatangan untuk melihat langsung keunikan bunga mawar hitam yang hanya mekar dua kali dalam setahun dengan durasi hanya sekitar 15 hari.

Sayangnya, keberadaan bunga mawar hitam di wilayah Halfeti semakin terancam. Karena sejak tahun 1990-an, di wilayah tersebut dibangun bendungan Birecik. Pembangunan ini membuat hampir seluruh warga Halfeti pindah ke daerah Desa Karaotlak yang jauhnya sekitar 10 km dari Halfeti.

Warga yang berpindah tempat tersebut mencoba menanam kembali bunga mawar hitam di tempat barunya kini. Namun, hasil yang didapatkan ternyata tidak seperti yang diharapkan. Hanya ada sedikit mawar hitam yang tumbuh dalam penanaman tersebut, itupun hasilnya tidak sama seperti yang tumbuh di tanah Halfeti.

Pemerintah setempat pun tidak tinggal diam, mereka berusaha untuk tetap melestarikan bunga langka ini. Mereka membawa bibit-bibit mawar hitam untuk ditanam di tanah yang kondisinya menyerupai kondisi tanah Halfeti walaupun hasilnya tetap tidak sama, namun usaha ini patut untuk diapresiasi.

Bunga yang biasa dikaitkan dengan ilmu hitam ini memang menyimpan pelbagai misteri. Namun keindahan dan keunikannya tetap menjadi daya tarik tersendiri.

Gimana? Penasaran pengen lhiat langsung bunga mawar berwarna hitam ini? dateng aja langsung ke Halfeti, Turki. Kalau kamu belum sempat, liat bunga mawar hitam versi plastik dulu juga boleh.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
3.5 KSHARES