Nggak Nyangka, Tenyata 7 Makanan Enak Ini Tercipta Gara-gara Nggak Sengaja

10 Januari 2018
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Suatu panganan tidak tercipta begitu saja. Pasti setiap makanan memiliki sejarahnya masing-masing mengenai proses penciptaannya. Dari sekian banyak makanan di dunia, terselip cerita mengenai beberapa makanan yang ternyata tercipta dari ketidaksengajaan.

Biarpun bermula dari ketidaksengajaan, makanan berikut ini memiliki rasa yang lezat serta manfaat baik bagi kesehatan tubuh manusia. terbukti dengan kepopuleran makanan-makanan ini sejak dulu hingga kini yang tetap dinikmati oleh banyak orang.

Mau tau makanan apa saja yang tercipta dari ketidaksengajaan? Langsung kepoin sampai bawah ya. Siapa tahu ada makanan kesukaanmu juga.

1. Sandwich

Siapa sih yang nggak suka sandwich? Roti isi daging, sayuran, mayonnaise, dan saus ini selalu bisa bikin ngiler. Eh, tapi siapa sangka makanan seenak sandwich ini diciptakan secara tidak sengaja?

John Montagu adalah orang yang pertama kali membuat sandwich. Saat itu, John meminta pelayannya untuk menaruh daging di antara dua lapis roti. Makanan tersebut kemudian dinamai dengan 4th Earl of Sandwich yang sekarang kita kenal dengan sandwich. 

2. Keripik kentang

Keripik kentang memang udah ada sejak zaman dulu. Tapi, dulunya keripik kentang ini cuma potongan kentang yang digoreng tanpa diberi bumbu.

Suatu hari, Chef George Crum diprotes oleh pelanggannya karena keripik kentang yang disajikannya tidak renyah karena potongannya terlalu tebal. Akhirnya, Chef George Crum memotong kentangnya lebih tipis, diberi bumbu, dan kemudian digoreng sampai renyah. Nah, sejak itu keripik kentang jadi lebih populer dari sebelumnya.

3. Contong es krim

Contong atau cone es krim pertama kali dibuat pada tahun 1904 di St. Louis World’s Fair. Abe Doumar adalah orang yang menciptakan contong es krim dengan tidak sengaja. Pada saat itu, Abe Doumar berniat membantu penjual es krim yang kehabisan piring. Sebagai pengganti piring, Abe Doumar menggulung beberapa kue wafelnya untuk membungkus es krim. Eh, dari niatnya cuma membantu, malah jadi terkenal deh sampe sekarang.

4. Donat

Hanson Crockett Gergory yang tinggal di kota Clam Cove, Maine, Amerika Serikat, sangat menyukai roti goreng. Suatu hari pada tahun 1847, ibu Hanson membuatkan roti goreng untuk anak-anaknya. Ketika Hanson memakannya, Hanson merasa bagian tengah roti goreng tersebut kurang matang. Dengan inisiatifnya sendiri, Hanson memotong bagian tengah rotinya sampai berlubang. Hanson pun meminta ibunya agar membuat roti goreng dengan bentuk berlubang di bagian tengah agar roti gorengnya bisa matang dengan merata. Konon, itulah asal-usul donat yang dibuat tidak sengaja.

5. Choco chips

Choco chips adalah kue kering dengan taburan cokelat kecil di atasnya. Choco chips diciptakan dengan tidak sengaja oleh Ruth Wakefield pada tahun 1937. Setiap hari, Ruth membuat roti panggang untuk anak-anaknya. Suatu hari, Ruth tidak sempat mencairkan cokelat untuk rotinya. Ruth hanya memotong cokelat batangan dan menaburkannya di atas roti. Ruth mengira potongan cokelat tersebut akan meleleh ketika roti dipanggang. Ternyata, potongan cokelat tidak meleleh dan hanya menempel di bagian atas roti. Anak-anak Ruth pun sangat roti denga cokelat gagal tersebut, dan mulai saat itu terciptalah choco chips!

6. Yogurt

Pembuatan produk olahan susu yang satu ini juga ternyata gak sengaja lho. Suatu hari, ketika susu ditempatkan di karung kulit kambing, susu menjadi mengental karena adanya kombinasi antara bakteri dari karung kambing dengan susu. Proses ini adalah proses fermentasi yang kemudian menciptakan yoghurt tanpa sengaja.

7. Keju

Pembuatan keju yang tidak sengaja ternyata hampir sama lho dengan pembuatan yoghurt. Suatu hari, ada seorang pengembara yang membawa bekal susu yang ditempatkan di kantong kulit domba. Tetapi, tanpa sengaja susu tersebut berubah jadi mengeras dan rasanya pun berubah namun tetap enak. Karena rasanya yang enak, sejak saat itu banyak orang yang dengan sengaja mengentalkan susunya untuk membuat makanan yang saat ini kita kenal dengan nama keju. 

Itu dia makanan yang ternyata tercipta dari ketidaksengajaan. Walaupun tidak sengaja tapi makanan-makanan ini memiliki rasa lezat serta tetap dinikmati banyak orang hingga kini. Jadi kalau nanti kamu nggak sengaja membuat jenis makanan baru jangan langsung dibuang ya, siapa tau lezat dan bisa populer.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES