Nggak Melulu Dimanja, di Negara Ini Bayi Sengaja Dibiarkan Tidur Siang di Luar Rumah

11 Desember 2017
|Ari Fathurriza
0SHARES

Bayi yang masih baru lahir memang masih lemah tak berdaya. Pertumbuhan dan pertahanan tubuhnya jelas belum sempurna. Maka dari itu, merawat bayi pun harus dilakukan dengan sepenuh hati dan sangat hati-hati. Mulai dari cara menggendong, jam tidur, sampai jenis-jenis makanan yang diperbolehkan untuk tiap jenjang pertumbuhan si bayi, harus diperhatikan. 

Nah, ada sebuah kebiasaan unik saat merawat bayi. Yaitu, membiarkannya tidur di luar. Budaya bayi tidur di luar rumah ini memang sangat populer di negara Skandinavia. Mereka dibiarkan tidur di luar selama 1-2 jam tiap harinya, lho. 

Kamu pasti tahu kan bagaimana kondisi di negara Skandinavia? Negara seperti Denmark, Islandia, Finlandia, Swedia dan Norwegia memang sepanjang tahun punya suhu yang bisa dibilang sangat dingin. Jadi bukan hal yang mengagetkan jika di negara ini suhunya bisa mencapai minus beberapa derajat Celcius. 

Budaya ini sudah ada sejak tahun 1940-an silam. Jadi mereka sudah punya insting kuat kapan saatnya membiarkan bayi tidur di luar dan berapa lama selesainya. Mereka pun sudah paham pakaian seperti apa yang harus dikenakan bayinya saat bayi itu dibawa tidur di suhu sedingin itu. Kalau misalkan suhu dinilai terlalu dingin hingga -140 derajat Celcius, bayi akan diberi selimut dan pakaian yang lebih tebal. Jadi hal ini sudah dilakukan sejak lama dan ini adalah budaya turun menurun.

Menurut masyarakat di sana, membiarkan bayi tidur di luar saat suhu dingin itu justru banyak manfaatnya. Masa iya sih?

Mereka melakukan itu bukan tanpa alasan lho. Alasannya juga jelas bukan untuk menyiksa si bayi. Menurut penduduknya, membiarkan dan membiasakan bayi tidur di luar ruangan dengan suhu serendah itu punya efek positif.

Sinar matahari langsung dan udara dingin akan menguatkan sistem imun bayi juga. Suhu di bawah 0 derajat Celcius akan membuat bayi menjadi lebih cepat tidur Setelah tidur di luar ruangan dengan suhu dingin, anak-anak akan menjadi lebih aktif

Meskipun belum ada studi secara menyeluruh soal hal yang satu ini, namun bayi yang tidur di luar saat suhunya mencapai -100 derajat Celcius di sana, tumbuh dengan baik dan sehat. Bahkan fisik dan mentalnya pun dinilai unggul dibanding bayi-bayi yang tidak dibiarkan tidur di luar. Wah, luar biasa!

Bukan masalah suhunya saja yang membuat budaya ini dapat sorotan dunia, tapi kebiasaan meninggalkan bayi-bayi di pinggir jalan ketika orang tuanya pergi belanja atau makan di restoran. Ya memang sih tingkat kejahatan di negara luar lebih rendang jika dibandingkan dengan Indonesia.

Sebenarnya di Indonesia juga ada kok budaya yang mirip seperti ini. Bukan tidur siang di suhu dingin, tapi berjemur di pagi hari. Tapi ya intinya di bawa keluar untuk dapat sinar matahari. Namun jangan samakan suhunya dengan negara itu ya.

Beda dengan orang Skandinavia yang suka membiarkan bayinya tidur siang di suhu beku, kalau di Indonesia yang dicari adalah sinar matahari pagi. Sekitar pukul 7-8 pagi, kamu pasti pernah menemukan orangtua yang menggendong anaknya supaya bisa terkena sinar matahari langsung, 'kan?

Tujuannya pun nggak jauh beda, agar bayi tumbuh lebih baik dan lebih sehat. Budaya ini juga sama-sama dimulai sejak zaman nenek moyang kita dulu, lho.

Ya mungkin begitulah kalau kita dihadapkan dengan tantangan dan kondisi yang berbeda, budayanya jadi beda tapi intinya sama saja yaitu membuat bayi sehat. Mungkin di negara Skandinavia dengan mayoritas suhu dingin, waktu tidur siang saat matahari paling terang dimanfaatkan supaya bayinya bisa mendapat udara segar dan sinar matahari. Sementara di Indonesia yang tropis, ya waktunya paling baik sebelum sinar matahari terlalu menyengat ke kulit.

Inti dari budaya ini bukan untuk menyiksa bayi ya, namun untuk menyehatkan bayi. Kalau kamu tinggal di Skandinavia apa kamu mau menjemur bayimu buat tidur di luar? Bagaimana menurutmu akan budaya ini?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ari Fathurriza
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES