Nggak Cuma Dinosaurus, 7 Makhluk Purba Mengerikan Ini Juga Bikin Merinding Disko!

22 November 2017
|Rhesa Leo
1.1 KSHARES

Era purba selalu identik dengan dinosaurus, padahal kenyataannya zaman pra sejarah nggak melulu soal kadal raksasa tadi. Selain dinosaurus hidup pula makhluk-makhluk lain yang ukurannya juga raksasa, kayak kalajengking raksasa, penyu raksasa sampai ubur-ubur raksasa.

Seiring dengan perkembangan zaman dan proses evolusi banyak dari makhluk-makhluk purba ini mati dan punah. Beruntung kita hidup di zaman sekarang ketika makhluk-makhluk purba mengerikan ini sudah punah, kalau belum bisa jadi kita bakal jadi menu makanan mereka. Nggak percaya, yuk kita lihat ulasannya!

1. Arthropleura

Kamu tahu kaki seribu? Binatang kecil yang suka bikin cewek-cewek menjerit ini ternyata udah ada sejak jutaan tahun lalu. Tapi, saat itu ukuran mereka jauh lebih besar dari saat ini. Nenek moyang kaki seribu ini bernama Arthropleura, mereka diperkirakan memiliki tubuh sebesar mobil! Manusia pernah menemukan hewan ini dalam keadaan hidup pada era Carboniferous, namun akhirnya punah satu per satu dan nggak pernah ditemukan lagi sampai saat ini.

2. Jaekelopterus alias kalajengking laut

Empat ratus juta tahun yang lalu kalajengking pernah merajai bumi, banyak dari spesies kalajengking raksasa hidup pada masa itu, salah satunya adalah Jaeketopterus. Dengan ukuran tubuh raksasa, kalajengking ini hidup di dasar laut dan memangsa hewan-hewan laut pada masa itu.

3. Carbonemys

Selain bangsa dinosaurus, jenis reptil lain seperti penyu dan ular sudah hidup sejak ratusan juta tahun lalu. Carbonemys sendiri berarti penyu karbon, penyu raksasa ini dipercaya sebagai karnivora yang handal pada saat itu. Diperkirakan memiliki ukuran sebesar mobil VW, sekali lahap makhluk ini bisa melumat dan mematahkan tulang mangsa-mangsanya.

4. Anomalocaris

Kalau makhluk yang satu ini merupakan salah satu nenek moyang udang modern. Namanya Anomalocaris yang berarti udang abnormal. Memiliki bentuk tubuh yang unik, makhluk purba ini mampu tumbuh sebesar ukuran tubuh orang dewasa. Bayangin tuh, kalau dijadiin terasi jadi berapa banyak.

5. Cameroceras

Raksasa laut lainnya yang hidup di masa purba adalah Cameroceras. Makhluk satu ini bisa dibilang sebagai nenek moyang gurita dan cumi-cumi modern saat ini. Meski nggak selincah cumi-cumi dan gurita saat ini, namun Cameroceras dilengkapi dengan rongga mulut yang sangat kuat yang dapat menghancurkan cangkang hewan paling keras sekalipun.

6. Pulmonoscorpius

Kalajengking raksasa lainnya yang hidup dari era purba. Berbeda dengan Jekelopterus yang hidup di dasar laut, Pulmonoscorpius hidup di darat. Pulmonoscorpius biasanya hidup di dalam hutan, dilengkapi dengan penyengat seperti kalajengking yang hidup saat ini.

7. Titanoboa

Ini terakhir yang nggak kalah nyeremin adalah Titanoboa. Ular purba raksasa ini dipercaya sebagai ular purba yang menjadi nenek moyang ular-ular jaman sekarang. Untuk ukuran tubuh, Titanoboa punya ukuran tubuh sebesar bus! Ngerinya lagi beberapa dari hewan in diyakini berhasil bertahan hidup setelah kepunahan dinosaurus dan diduga hidup di pedalaman hutan Amazon.

Itu tadi 7 makhluk purba yang pernah ada di bumi. Gimana, ngeri-ngeri banget kan? Untung aja kita nggak hidup bareng di masa yang sama dengan mereka, kira-kira gimana jadinya ya kalau makhluk-makhluk ini hidup bersama manusia?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Rhesa Leo
Gak Punya Quote Nih!
1.1 KSHARES