Meskipun Terlihat Kecil dari Luar, Nyatanya Rumah Ini Luas Banget Lho!

22 Juli 2017
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Di saat populasi manusia kian meningkat, volume wilayah yang dapat dijadikan pemukiman pun kian menipis. Maka dari itu, tidak aneh jika harga tanah selalu naik secara berangsur-angsur, terutama di wilayah perkotaan yang jumlah manusianya semakin memadat. Hal ini pun terasa di negara kita, yakni harga tanah yang kian mencuat tanpa diikuti dengan peningkatan pendapatan yang selaras.

Selain disebabkan oleh jumlah penduduk yang kian padat, terkadang permasalahan gengsi di beberapa kalangan masyarakat yang berlomba-lomba untuk membangun rumah seluas mungkin meskipun penghuninya hanya sedikit pun menyebabkan minimnya wilayah pemukiman. Akhirnya, hal itu menyebabkan seringnya terjadi penggusuran suatu lokasi non-pemukiman untuk dijadikan sebagai wilayah perumahan karena situasi yang memaksa. Misalnya, di Indonesia ada daerah perumahan yang ada persis di pinggir rel kereta api. Hal itu tentunya sangat berbahaya bagi para penduduk sekitar, khususnya anak-anak.

Masalah seperti ini pun terjadi di beberapa negara lain, salah satunya di Jepang. Jepang memiliki luas negara yang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan Indonesia, namun populasinya terus meningkat sehingga orang-orang di sana pun seringkali mengalami masalah dengan tempat tinggal. Maka dari itu, arsitek-arsitek di Jepang pun mencari berbagai cara agar dapat merancang rumah yang tidak terlalu membutuhkan luas tanah yang lebar, namun dapat ditempati secara nyaman dan leluasa.

Hal tersebut dicoba oleh firma bernama Mizuishi Architects Atelier dengan merancang desain rumah minimalis yang tidak terlalu membutuhkan luas tanah yang lebar, namun interiornya terlihat luas dan tetap dapat digunakan secara leluasa oleh para penghuni di dalamnya. Dengan rancangan yang mutakhir dan inovatif, firma itu dapat membuat rumah yang dari luar tampak terlihat kecil, namun terlihat lebih luas di dalamnya sehingga orang-orang di dalamnya tidak merasa kesempitan. Penasaran sama bentuk rumahnya? Langsung aja yuk, kita kepoin di bawah ini!

1. Seperti ini penampakan rumah dari luar. Terlihat kecil kan? Luasnya hanya 55 meter persegi lho

2. Dengan bentuk yang pipih, rumah ini dibangun di antara sungai dan jalan

3. Kamar tidurnya aja terlihat luas, ya?

4. Meskipun rumahnya terlihat kecil, di kamar mandinya masih bisa memakai bathtub loh!

6. Dapur dan ruang makannya dibuat dengan bentuk agak mengerucut agar tidak memakan banyak tempat

7. Lantai satu adalah kamar tidur, sedangkan lantai dua dijadikan ruang keluarga, dapur, dan ruang makan

8. Sisa ruang yang terdapat di langit-langit digunakan untuk ruang bermain anak-anak

Unik kan rumah konsep minimalis dalam gambar-gambar di atas? Tampaknya desain seperti ini bisa jadi solusi yang tepat untuk wilayah yang pemukimannya sudah semakin sempit karena padatnya penduduk. Mau coba punya rumah dengan desain seperti di atas?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES