Mandarin Fish, Si Ikan Tercantik di Dunia yang Ternyata Beracun

06 Juli 2017
|Venanda
0SHARES

Kamu yang suka mengkoleksi ikan hias harus tahu tentang ikan tercantik di dunia ini. Mandarin Fish atau yang dalam bahasa latinnya disebut dengan Synchiropus splendidus adalah salah satu ikan tercantik yang ada di dunia. Ikan air laut ini memiliki warna yang sangat indah dan artistik. Corak yang ada di tubuhnya seperti sebuah lukisan yang indah dan berwarna-warni. Namun tahukah kamu, ternyata dibalik kecantikannya, Mandarin Fish ini beracun lho. Mungkin ikan ini terlihat sangat indah, tapi di balik kecantikannya dia menggunakan racun dan bau busuk untuk bertahan dari serangan predator yang memasuki wilayah teritorialnya. 

Ikan yang tinggal di daerah lautan Pasifik Tenggara ini sering terlihat di dekat kepulauan Ryuku lepas pantai Jepang dan terkadang berenang di perairan Australia yang lebih hangat. Ikan ini juga banyak di temukan di perairan Buton, Sulawesi Tenggara. Ikan yang sudah pernah dijadikan ikon pariwisata internasional ini berukuran cukup kecil dan memanjang sekitar enam sampai 15 sentimeter.

Dalam petualangannya di lautan, Mandarin Fish memiliki cara unik dalam bertahan hidup, yaitu mengeluarkan bau busuk dan meracuni musuhnya. Di balik warna cantiknya, ikan ini memiliki racun yang dapat melumpuhkan predator yang akan memakannya. Mandarin Fish akan menyuntikkan semacam lendir beracun kepada musuhnya.

Dari bawah kulitnya yang berwarna-warni, Mandarin Fish menyimpan lendir beracun tebal yang akan dikeluarkan saat merasa terancam. Lendir yang dikeluarkannya ini juga berbau sangat busuk dan menjijikan. Racun dan bau busuk inilah yang membuat para predator kabur dan tidak jadi memakannya. Meskipun sangat cantik, warna kulitnya yang sangat mencolok membuat dia mudah ditemukan oleh musuh sehingga racun dan bau menyengat ini sangat melindunginya dari bahaya. 

Jika kamu tertarik untuk memelihara ikan cantik ini, sepertinya kamu harus sangat bersabar karena Mandarin Fish sulit beradaptasi dengan lingkungan baru. Sehingga kamu harus berar-benar memperhatikan lingkungan tempat tinggal Mandarin Fish yang baru. Selain itu, ikan ini juga hanya memakan makhluk hidup. Jadi kamu harus menyiapkan krustacea hidup seperti kepiting, udang karang, dan hewan invertebtrata lainnya.

Di balik warnanya yang sangat cantik ikan ini ternyata berbahaya bagi predatornya. Kalau dalam dunia manusia, mungkin Mandarin Fish adalah cewek cantik yang tangguh dan mandiri. Sebagai wanita kita bisa juga nih meniru sifat ikan yang satu ini. Kita harus bisa jadi wanita cantik yang tangguh, mandiri, dan bisa membela diri sendiri. Sehingga jika sedang tidak ada pasangan atau teman, kita bisa menyelamatkan diri sendiri saat sedang terancam bahaya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
0SHARES