Makanan-makanan Paling “Seram” yang Hanya Ada di Indonesia

29 Desember 2017
|Rhesa Leo
919SHARES

Bukan hanya kaya akan keragaman budaya, Indonesia juga kaya dengan aneka kuliner. Dari sekian banyak makanan tradisional di Indonesia terselip beberapa macam panganan yang lumayan unik, saking uniknya bisa bikin kamu garuk-garuk kepala dan agak mual dengar nama dan bahan baku dari panganan unik tersebut.

Makanan-makanan ini tergolong “seram” karena bahan-bahannya yang nggak lazim buat sebagian orang. Penasaran, mau tahu apa saja hidangan yang agak nyeremin dan cuma ada di Indonesia ini? Yuk, langsung scroll ke bawah !

1. Rujak Cingur

Mungkin banyak di antara kamu yang udah nggak asing lagi dengan makanan khas Jawa Timur yang satu ini. Namanya rujak cingur, sesuai dengan namanya, hidangan ini terbuat dari bahan utama cingur (hidung dan mulut sapi). Panganan khas Surabaya ini biasanya disajikan barengan dengan sambal petis dan kacang tanah. Meski kelihatannya agak seram, makanan ini tergolong enak dan banyak disukai.

2. Tokek goreng

Dengar kata tokek aja mungkin kamu udah geli, apa lagi nyobain rasa daging tokek goreng ini. Tapi, jangan salah ternyata malah banyak orang yang nyari hidangan satu ini untuk pengobatan penyakit kulit. Hidangan satu ini dipercaya sanggup mengobati penyakit kulit, asma bahkan meningkatkan kejantanan pria. Wah, berani coba?

3. Tikus panggang

Kuliner yang satu ini nggak kalah ngeri. Tapi menu ini benar-benar ada lho di Indonesia, tepatnya di Manado. Di daerah Manado tikus panggang seperti ini sangat mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Sebelum kamu jijik, jangan salah sangka dulu. Tikus yang digunakan untuk menu ini bukan sembarang tikus, melainkan tikus hutan berekor putih yang katanya sih mengonsumsi buah-buahan.

4. Bothok Tawon

Bothok mungkin nggak termasuk hidangan yang nyeremin. Makanan khas Jawa ini terbuat dari bungkil kelapa yang santannya sudah diperas sebelumnya. Tapi Bothok yang kita bahas di sini adalah bothok yang berbeda, yaitu bothok tawon! Bothok tawon ini sesuai namanya dibuat dari bahan sarang lebah. Gimana rasanya? Katanya sih makanan ini bernuansa pedas, asam, manis tapi segar (nah lho gimana tuh?). Kalau kamu pengen nyobain makanan ini, kamu harus hunting di daerah pedesaan di Jawa Timur.

5. Sate kere

Kalau sate biasanya terbuat dari daging, sate yang satu ini agak berbeda. Sejarahnya dulu sate identik dengan makanan mewah dan hanya bisa dinikmati oleh orang-orang kaya serta para bangsawan. Akhirnya munculah ide untuk membuat sate bagi masyarakat miskin yang terbuat dari bahan tempe menjos serta kikil. Sate tersebut pun diberi nama sate kere. Kalau kamu mau coba sate kere biasanya banyak ditemui di Solo, Jawa Tengah.

6. Paniki

Paniki jadi hidangan nggak lazim lainnya dari daerah Manado, Sulawesi Utara yang masuk dalam daftar ini. Yang bikin hidangan ini jadi seram adalah karena bahan utama dari Paniki adalah daging kelelawar hutan. Makanan bersantan ini sih katanya enak banget, berani coba?

7. Sate ulat bulu

Dari Papua ada kuliner ulat sagu yang bisa bikin kamu ngeri. Tapi nggak kalah dari itu ternyata Pulau Jawa juga punya lho makanan yang nggak kalah seram dari ulat sagu. Di Purworejo ada sate ulat bulu! Ulat bulu dari pohon turi ini dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan sakit gigi.

Itulah 7 makanan ekstrim dari berbagai penjuru nusantara yang seram dan bikin geli buat sebagian orang. Kamu berani coba salah satunya?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Rhesa Leo
Gak Punya Quote Nih!
919SHARES