Kue Lebaran Jadul yang Bikin Kamu Kangen Masa Kecil

29 Juni 2017
|Venanda

Bagi orang Indonesia lebaran adalah momen penting untuk berkumpul bersama keluarga. Biasanya orang yang bekerja di kota-kota besar akan mudik ke kampung halaman untuk bertemu sanak saudaranya. Selain berkumpul bersama keluarga, lebaran juga menjadi ajang untuk saling bersilaturahmi ke tetangga, saudara jauh, teman, ataupun kolega.

Tradisi berkumpul bersama keluarga dan bersilaturahmi dengan tetangga ini membuat masing-masing keluarga menyiapkan sajian untuk para tamu. Biasanya di setiap meja ruang tamu akan tertata rapi deretan toples berisi kue lebaran yang sangat lezat. Dulu kita sering mendapati kue lebaran jadul seperti nastar dan kue semprit. Namun, seiring perkembangan zaman, banyak keluarga yang memilih untuk membeli kue kalengan yang dijual oleh produsen kue. Hal ini membuat kue-kue lebaran jadul menjadi kue yang langka. Inget nggak sih apa aja macam-macam kue lebaran jadul? Inilah daftar 7 kue lebaran jadul yang bikin kamu kangen masa kecil.

1. Kue Nastar Cengkeh

Kue lebaran jadul yang satu ini jadi salah satu kue favorit saat lebaran. Tapi tahukah kamu kalau ternyata kue nastar itu asalnya dari Belanda? Dulu saat dijajah Belanda, mereka memperkenalkan kue nastar kepada masyarakat Indonesia. Dan sekarang kue yang berisi selai nanas ini akhirnya menjadi kue andalan saat lebaran tiba.

2. Kue Semprit Dahlia

Kue semprit dahlia adalah kue jadul yang masih digemari sampai sekarang. Kue ini berbentuk seperti bunga dahlia dan di tengahnya diberi hiasan chocochip atau kismis. Kue yang sekarang sudah banyak variasi rasanya ini menjadi salah satu kue yang disukai saat lebaran.

3. Kuping Gajah

Kuping gajah adalah camilan favorit saat lebaran. Bentuknya yang tipis-tipis dan renyah membuat banyak orang menyukainya. Biasanya kue ini dimasukkan ke dalam toples jadul besar saat lebaran.

4. Kue Cindil

Pasti sudah banyak yang familiar dengan kue ini. Tapi tahukah kamu kalau nama kue yang satu ini adalah kue cindil? Kue yang berbentuk bulat dengan hiasan gula warna-warni di atasnya ini merupakan salah satu favorit anak-anak zaman dulu. Terkadang anak-anak hanya mengambil bagian gulanya saja dan meninggalkan roti bulatnya di dalam toples.

5. Kue Satru Kacang Hijau

Kue satru kacang hijau kadang juga disebut dengan kue satu di beberapa daerah. Kue yang berbahan dasar kacang hijau ini memiliki rasa yang manis dan sensasi meleleh di mulut.

6. Kue Semprong

Kue semprong memiliki 2 jenis bentuk, yaitu digulung dan dilipat menjadi segitiga. Kue dengan rasa manis ini juga menjadi kue jadul yang digemari oleh banyak orang.

7. Kue Putri Salju

Kue kering lebaran yang biasanya berbentuk bulan sabit ini juga menjadi kue jadul paling favorit. Gula halus yang menyelimuti kue kering ini membuatnya sangat disukai oleh anak-anak.

Itulah berbagai kue jadul lebaran yang sering kita jumpai saat masih kecil. Rasa klasiknya membuat kita jadi kangen masa-masa kecil di rumah nenek. Momen lebaran menjadi lebih terasa dengan hadirnya beragam kue lebaran jadul ini. Jadi, kamu sudah persiapkan kue lebaran apa di rumah?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
SHARES