Keren! Shower Ini Akan “Menusuk” Kalau Pemakainya Terlalu Boros Air

30 September 2017
|Idham Nur Indrajaya
114SHARES

Air merupakan elemen yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Untuk mengetahui apakah sebuah wilayah itu layak dihuni atau tidak, yang pertama-tama harus dicek adalah persediaan air di sekitarnya. Maka dari itu, para ilmuwan pun masih meragukan apakah manusia dapat hidup di Planet Mars yang hingga kini belum ditemukan adanya sumber air.

Selain untuk diminum dan membuat metabolisme tubuh berjalan dengan baik, air pun bermanfaat untuk berbagai keperluan seperti membersihkan tubuh, mencuci pakaian, obat alternatif untuk pelbagai penyakit, dan masih banyak lagi. Saking pentingnya air bagi kehidupan, manusia akan lebih sulit untuk bertahan hidup jika tidak ada air ketimbang tidak ada makanan yang tersedia. Maka dari itu, sangat penting bagi kita semua untuk senantiasa menghemat air agar tidak terbuang sia-sia.

Masalahnya, tidak semua orang berpikiran untuk selalu menghemat air dalam kondisi apapun. Salah satu kegiatan yang sering kali membuat orang sulit untuk menghemat air adalah saat sedang mandi, terutama jika menggunakan shower. Dibandingkan dengan menggunakan gayung, shower memang lebih banyak menghabiskan air. Jika shower dikombinasikan dengan seseorang yang sangat senang berlama-lama saat mandi, air yang dihabiskan pun mungkin bisa sampai bergalon-galon jika semuanya dikumpulkan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, seorang seniman asal London bernama Elisabeth Buecher mendesain semacam “alarm” yang akan aktif jika orang terlalu lama menghabiskan waktu di shower. Alarm yang dibuatnya itu berbentuk seperti tirai yang dapat menggelembung menjadi duri-duri lunak yang akan menusuk orang yang sedang mandi jika shower dinyalakan dalam waktu lebih dari empat menit. Tirai itu dapat aktif karena adanya sensor khusus yang dihubungkan dengan shower.

Tirai unik yang diberi nama “Spiky” ini akan membuat orang yang sedang mandi terasa terganggu sehingga mereka pun akan lebih cepat keluar dari kamar mandi. Selain bermanfaat untuk menghemat air, instalasi Spiky pun dapat mengefisienkan waktu mandi di kediaman yang banyak penghuninya karena biasanya waktu mandi yang terlalu lama itu akan menyebabkan banyak orang mengantri sehingga mereka bisa terlambat untuk menjalani aktivitas seperti sekolah, kerja, dll.

Usaha yang dilakukan Buecher seakan-akan menjadi bukti bahwa sebenarnya kita selalu bisa menemukan solusi untuk memecahkan berbagai masalah lingkungan. Hanya saja, terkadang kita terlalu malas untuk berpikir sehingga kita hanya bisa menyalahkan pihak-pihak di luar diri kita. Makanya, usaha yang dilakukan oleh Buecher ini bisa menjadi inspirasi untuk memecahkan masalah lingkungan di sekitar kita!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
114SHARES