Keren! Pakaian-pakaian Ini Dilengkapi dengan Teknologi Canggih yang Akan Membuatmu Kagum

02 Agustus 2017
|Idham Nur Indrajaya

Seiring dengan berkembangnya peradaban, gaya busana yang populer di masyarakat pun akan mengalami perubahan secara terus-menerus. Meskipun terkadang tren berpakaian itu akan meloncat kembali ke tren yang sudah pernah berkembang sebelumnya, namun inovasi-inovasi baru pun terus dikembangkan oleh para perancang busana.

Bagi sebagian masyarakat, busana merupakan komoditi yang sangat penting untuk diperhatikan dari segi keindahannya. Busana seringkali dipakai sebagai identitas atas suatu golongan masyarakat tertentu. Perbedaan identitas dari gaya berbusana dapat terlihat jelas di zaman lampau, saat gaya berpakaian kaum bangsawan dan rakyat biasa akan memiliki corak yang berbeda jauh. Saat ini, gaya berpakaian biasanya digunakan sebagai penunjuk identitas subkultur yang diikuti oleh kalangan masyarakat tertentu. Misalnya, subkultur punk yang seringkali terlihat dengan pakaian compang-camping dengan beberapa atribut yang dijahitkan kepada pakaiannya. Hal itu menunjukkan bahwa busana pun dapat menjadi penghubung antar-subkultur untuk mengidentifikasi satu sama lain.

Perkembangan tren berbusana pun diikuti pula oleh perkembangan teknologi yang berangkat dari ilmu sains. Dalam rangka membuat inovasi-inovasi dalam gaya berpakaian, beberapa perancang busana pun mencetuskan ide untuk menggabungkan gaya busana dengan teknologi canggih, seperti yang bisa kamu lihat di bawah ini.

1. CHBL Jammer Coat, membuat pemakainya tidak terlacak

Mantel yang dirancang oleh perusahaan arsitektur asal Austria bernama Coop Himmelb(L)au ini, memiliki fungsi yang memungkinkan pemakainya untuk tidak dilacak oleh orang lain. Jaket ini memiliki teknologi penahan sinyal yang dapat membuat pemakainya tidak bisa ditelepon jika telepon genggamnya dimasukkan ke dalam saku mantel. Mantel ini biasanya dibuat oleh orang-orang yang rentan untuk menjadi korban peretasan.

2. Rain Palette, pakaian yang dapat mendeteksi tingkat keasaman air hujan

Berhubung hujan asam menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi masyarakat, seorang desainer kelahiran Korea yang berbasis di London, yakni Dahea Sun, membuat pakaian yang dapat berfungsi sebagai indikator tingkat keasaman dari air hujan ketika mengenai pakaian. Warna baju pun akan berubah sesuai dengan tingkat keasamannya.

3. BB. Suit, pakaian yang dilengkapi dengan Wi-Fi dan penyetel musik

Berbanding terbalik dengan CHBL Jammer Coat yang digunakan untuk anti-pelacakan, pakaian ini justru dapat membuat pemakainya dideteksi keberadaannya dengan mudah. Soalnya, pakaian canggih ini dilengkapi dengan sinyal Wi-Fi. Selain itu, pakaian ini juga memiliki MP3 Player yang dapat didengarkan secara streaming. Pakaian ini juga dapat melindungi pemakainya dari polusi udara.

4. Gaze activated dress, pakaian yang dapat mendeteksi tatapan mata manusia

Dengan teknologi eye-tracker, pakaian ini dapat bergerak di bagian tertentu jika ada orang yang melihatnya dalam jarak dekat. Selain itu, pakaian ini juga memiliki teknologi yang dapat membuat pakaiannya bercahaya dalam gelap. Pakaian canggih ini dirancang oleh desainer jenius asal Cina bernama Ying Gao.

5. Intimacy 2.0, pakaian yang dapat menjadi transparan jika pemakainya berdebar-debar

Pakaian ini memang dirancang untuk memprovokasi lawan jenis dari pemakainya. Jika detak jantung dari pemakainya semakin cepat, pakaian ini akan berubah menjadi semakin transparan sesuai dengan detak jantung yang terdeteksi. Pakaian ini dirancang oleh Studio Roosergarde yang berbasis di Belanda.

6. The Unseen, pakaian yang dapat berubah warna sesuai dengan kondisi cuaca

Seorang desainer bernama Lauren Bowker, merancang pakaian ini dengan kombinasi tinta yang dapat berubah warna sesuai dengan kondisi cuaca. Selain berubah warna, ada bagian-bagian tertentu pada pakaian yang akan berubah bentuk sesuai dengan cuaca yang sedang berada di lingkungan sekitar pemakai pakaian ini.

7. Wearable Solar, pakaian yang dapat menangkap energi matahari

Desainer asal Belanda bernama Paulline Van Dongen menambahkan panel penangkap energi surya pada pakaian ini. Jika pemakainya sedang berada di bawah cahaya matahari, panel yang terdapat di bahu akan terbuka dengan menangkap energi surya. Jika pakaian ini dibiarkan di bawah cahaya matahari selama satu jam, energinya dapat digunakan untuk mengisi baterai telepon genggam sebanyak 50%.

8. Bubelle, pakaian yang dapat berubah warna sesuai emosi pemakainya

Sejauh ini, Bubelle masih dalam tahap purwarupa sehingga belum bisa didistribusikan. Pakaian yang dirancang oleh perusahaan elektronik Phillips ini memiliki dua lapis. Lapis bagian dalam memiliki sensor yang dapat menangkap proses kimia pada tubuh yang berubah-ubah sesuai dengan emosi dari pemakainya.

9. Smoke dress, pakaian yang akan mengeluarkan asap jika ada orang yang terlalu berdekatan dengan pemakainya

Selain dilengkapi dengan kilauan dari kainnya, pakaian ini juga memiliki sensor untuk mendeteksi orang yang menginvasi wilayah personal dari pemakainya. Jika ada orang yang terlalu berdekatan dengan pemakai pakaian ini, kain dari pakaian ini akan mengeluarkan asap secara otomatis yang berfungsi untuk mengganggu orang yang tidak sopan. Pakaian ini dirancang oleh desainer asal Belanda bernama Anouk Wipprecht.

10. Robotic Spider Dress, melindungi pemakai dari orang yang hendak mengganggu

Jika ada orang yang tiba-tiba mendekati pemakai dari pakaian ini, kaki laba-laba robot yang terdapat di bahu akan berusaha untuk menghalangi, hampir mirip fungsinya dengan Smoke Dress dan bahkan perancangnya pun adalah orang yang sama.

 

Perkembangan teknologi yang semakin cepat pun ternyata dapat turut memengaruhi perkembangan bidang perancangan busana. Dari pakaian-pakaian di atas, mana yang menurut kamu paling unik?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
SHARES