Keren! Museum Instalasi Patung Bawah Laut Ini Bakalan Bikin Kamu Terkesima

19 Juni 2017
|Olphi Disya
10SHARES

Kalau kamu pernah ke museum, mungkin museum yang kamu kunjungi adalah museum  yang berada di dalam suatu gedung atau ruangan di atas permukaan bumi. Nah, gimana kalau museum yang terletak di bawah laut? Ternyata ada lho! Adalah seorang ahli patung, fotografer, penyelam, dan juga pecinta alam bernama Jason Decaires Taylor asal Inggris. Taylor menenggelamkan patung-patung karyanya ini menjadi museum bawah laut pertama di Eropa, Museo Atlantico, di Lanzarote.

Ini karya terbarunya dalam serangkaian instalasi bawah airnya. Yang pertama adalah pada tahun 2006, di Molinière Bay, Grenada. Karyanya tersebut sangat berperan dalam menciptakan taman laut yang dilindungi dan sekarang terdaftar sebagai salah satu dari 25 keajaiban dunia National Geographic. Jadi sebenarnya, Taylor menenggelamkan patung-patung karyanya di berbagai laut di dunia. Ada yang di laut Meksiko, Bahama, dan lainnya. 

Tujuan museum ini adalah untuk melestarikan karang laut yang udah mulai tergerus akibat perubahan iklim. Karena takut karang di dunia ini punah, maka ia pun menciptakan ekosistem laut buatan yang bernilai seni. Seperti apa sih patung-patung keren karya Taylor? Yuk, kepoin!

1. Pose selfie sepasang pria dan wanita yang menggambarkan kehidupan masa kini

2. Sekumpulan patung orang yang seakan-akan ramai seperti di kota yang padat

3. Patungnya pun menjadi tempat baru bagi pertumbuhan karang dan membantu melestarikan ekosistem laut

5. Nggak hanya terumbu karang, tapi tumbuhan laut pun bisa hidup dan meramaikan dunia bawah laut

6. Kira-kira mereka lagi ngapain dan apa yang terjadi ya?

7. Idenya tentang pelestarian eksositem laut dengan seni benar-benar keren dan bermanfaat banget

8. Beginilah kira-kira kalau berlayar dengan perahu di dalam laut bukan di atas permukaan laut

9. Bukan, ini bukan patung legenda Malin Kundang kok, ini hanya patung orang yang tengah bersujud

10. Rame banget, kira-kira kerumunan apa ya ini?

Keren-keren banget kan? Ternyata karya seni juga bisa dimanfaatkan untuk menyelamatkan lingkungan dan alam ya. Salut banget deh dengan Taylor yang masih terus berkarya. Kalau dibikin di laut Indonesia, kira-kira kamu setuju nggak nih?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
10SHARES