Kamu yang Biasa Mengusir Tikus, Lihat 10 Fakta Menarik Tikus Ini Deh!

25 Desember 2016
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Hewan satu ini biasa jadi musuh bebuyutan manusia. Kalau ama kucing, jangan ditanya lagi deh! Musuhan banget mereka. Ingetkan kamu film kartun Tom and Jerry? Hmm, walaupun si "jerry" sering merugikan manusia ternyata "jerry" punya fakta menarik yang perlu kamu kenal lebih jauh. Emang tikus punya fakta menarik apa? Yuk simak, biar kamu geleng-geleng setelah tahu.

1. Perlu disensus nih jumlahnya!

Berdasarkan data jumlah penduduk Indonesia tahun 2016 berkisar di angka 254.75 juta jiwa. Nah, jumlah tikus ada diperingkat kedua setalah jumlah manusia. Tapi jumlah pastinya belum ada yang tahu? Coba bro disensus tuh jumlah hewan ini.

2. Mungkin pernah ikut kelas komunikasi nih

Tikus itu mamalia yang cerdas dalam tingkat komunikasinya. Uniknya mereka itu punya corak yang beda antara satu sama lain. Tapi ini di luar jangkauan pendengaran manusia.

 

3. Mereka aja peka & peduli. Salut!

Si "jerry" diperkirakan punya empati atau ikatan kuat dengan sesamanya. Mereka bisa merasakan pengalaman temannya yang lain lho. Hal ini berpengaruh banget bagaimana si 'jerry" itu bisa ngerasa sama situasi sekitar. Jadi, mungkin kalau kamu membantai satu tikus, komplotan lainnya bakal datang karena gak tega ngeliat temennya disiksa. Be careful, guys!

4. Jago akting juga sekaligus tukang curhat!

Bukan cuma manusia, tikus juga bertopeng maksudnya jago berekspersi. Ekspresi wajah yang dipakai si "jerry" ini biasanya berkaitan untuk kepentingan komunikasi dan mengungkapkan suasana hati mereka ke komunitasnya lain, semacam curhat gitu deh.

5. Doyan banget berpetualang!

Selain curhat, "jerry" juga hewan penjelajah yang penuh semangat 45. Mereka selalu punya cara kreatif buat memuaskan rasa ingin tahu mereka. Makanya, kenapa si "jerry" suka lewatin celah-celah kecil dan ngumpet ditempat yang sempit. Itu tantangan buat mereka.

6. Hewan ini rapi banget!

Kalau kamu berantakan malu sama si "jerry", hihi. Tikus itu hewan yang bersih dan terorganisir pada umumnya ya. Biasa rumah bawah tanah yang rumit, jadi ladang penyimpan makanan. Toilet bagi mereka adalah tempat berlindung. Jangan pikir kotoran yang mereka tinggalkan itu jejak mereka. Kamu kena tipu sama 'jerry" kalau berpikir seperti itu! Hewan ini lakuin hal itu cuma ngecoh perhatian kamu.

7. Gak bisa jauh-jauh dari sarang, takut kangen!

Tikus cuma tinggal sekitar 2-10 kilometer dari sarangnya supaya gampang buat cari makanan dan observasi hal baru. Jadi kalau lagi berburu si "jerry" jangan jauh-jauh dari sarangnya.

8. Kumis saktinya jadi radar bencana!

Kamu pernah lihat hewan ini mati mengapung waktu banjir nggak? Pastinya jarang banget, karena hewan ini punya kumis ajaib. Kumisnya berfungsi supaya peka sama tepian benda yang halus dan kasar serta merasakan perubahan suhu, pergerakan angin dan datangnya bencana. Hebat ya kumisnya. Mungkin BMKG boleh pinjem kumisnya nih.

9. Gemuk bukan masalah

Hebatnya hewan ini gak dipengaruhi sama berat badannya. Tikus gemukpun bisa jaga keseimbangan yang sempurna. Bisa berjalan di sepanjang potongan benang atau kawat yang tipis banget.

 

 

 

10. Loncat lebih tinggi anti jatuh

Kalau kamu suka lompat tinggi coba saingan dengan tikus. Hewan ini bisa melompat turun dari ketinggai tiga sampai lima meter tanpa melukai dirinya sedikitpun. Wow!

Meskipun suka merugikan tapi ternyata tikus juga mamalia hebat kan? Beda lagi ya sama tikus-tikus yang sukanya sama duit. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES