Kamu Lagi Stres? Yuk Refreshing Ke 10 Air Terjun Terindah di Indonesia

03 November 2016
|Prila Patra Suganda
Unik
0SHARES

Bosen gak sih rasanya kalo pergi cuma ke mall, cafe atau ke tempat-tempat nongkrong biasa? Pemandangannya itu-itu aja, kalo gak banyak orang pacaran, bentuk toko yang sama, dan makanannya gitu-gitu doang. Mau sedikit menghirup udara segar dan mau memanjakan mata? Gak perlu repot keluar negeri sih, soalnya di dalam Indonesia yang kita cintai ini ada pemandangan alam yang indah banget! Apalagi buat kamu yang suka sama wisata air, bisa banget traveling anti mainstream ini!

1. Sendang Gile, Lombok

Air Terjun Sendang Gile berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Tempat wisata ini tuh masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, lho. Air Terjun Sendang Gile berada di ketinggian 600 mdpl dan memiliki ketinggian sekitar 31 meter. Katanya, masyarakat disana percaya kalo Sendang Gile ini adalah tempat mandi para bidadari yang turun ke bumi. Kali aja kalo kamu mandi disini, muka bisa jadi kayak bidadari. 

2. Sri Gethuk, Jogjakarta

Salah satu air terjun terindah di Indonesia lainnya terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Kenapa namanya Gethuk? Soalnya, masyarakat setempat percaya bahwa air terjun ini merupakan tempat penyimpanan kethuk (salah satu instrumen gamelan) milik Jin Anggo Meduro dan konon di saat-saat tertentu, warga disana mendengar suara gamelan yang mengalun dari arah air terjun... bah serem! hahaha. 

3. Saluopa, Palu, Sulawesi Tengah

Air Terjun Saluopa terletak di Desa Leboni, Kecamatan Pamona Pusalemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Lokasinya kurang lebih berjarak sekitar 12 km sebelah barat kota Tentena. Gak cuma masyarakat Indonesia aja yang kenal sama air terjun ini, para bule juga, lho! Air terjun Saluopa memiliki ketinggian 25 meter, dan terkenal karena mata air yang mengalir dari bebatuan gunung sebanyak 12 tingkat. 

4. Mursala, Tapanuli Tengah

Air Terjun Mursala merupakan air terjun yang airnya langsung jatuh dari tebing ke laut lepas. Air terjun Mursala terletak di Pulau Mursala yang berada di antara Pulau Sumatera dan Pulau Nias, tepatnya di Kabupaten Tapanuli Tengah. Memiliki ketinggian sekitar 35 meter, air yang mengalir dari bebatuan granit hitam kemerahan langsung jatuh tercurah ke permukaan Samudra Hindia dengan suara bergemuruh. Asik, bergerumuh. Volume air dari air terjun ini gak pernah sedikit walaupun di musim kemarau. Di perairan di bawah air terjun juga ada berbagai macam terumbu karang dan ikan hias, termasuk terumbu karang yang langka yaitu Coral Reef! 

5. Payakumbuh, Ngarai Harau

Bukan hanya termasuk salah satu air terjun terindah di Indonesia, Air Terjun Payakumbuh pun termasuk salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, lho. Air Terjun Payakumbuh ini memiliki tinggi 150 meter dan terletak di Ngarai Harau, 35 km dari Bukittinggi. Air yang jatuh dari Air Terjun Payakumbuh ini membentuk sungai-sungai yang jernih banget. Pokoknya indah banget, dan kamu yang pergi kesini gak bakal nyesel!

6. Moramo, Sulawesi Tenggara

Air terjun Moramo yang merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia ini berada di Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa, Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, sekitar 60 km dari kota Kendari. Di sini, kamu akan disuguhi pemandangan air yang mengagumkan yang meluncur deras dari bebatuan granit besar yang tersusun secara alami. Di air terjun Moramo ini, kamu pun juga akan disuguhi oleh hijaunya panorama alam, kicau burung, dan kupu-kupu yang terbang.

7. Madakaripura, Jawa Timur

Air terjun Madakaripura terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Air Terjun Madakaripura ini merupakan salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun dengan ketinggian 620 mdpl ini berbentuk curuk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya, tiga di antaranya bahkan mengucur lumayan deras membentuk air terjun lagi, wah! Dan rasanya, kamu seolah-olah lagi berada didalam sumur raksasa. Dan Air Terjun Madakaripura ini dipercaya sebagai tempat Patih Gajah Mada melakukan meditasi di akhir hidupnya. 

8. Benang Kelambu, NTB

Air terjun Benang Kelambu berada di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Air terjun Benang Kelambu berada di bagian atas hulu dari Air Terjun Benang Stokel. Airnya itu keluar dari sela-sela pohon gambung yang rindang dengan enam deret titik air. Air yang jatuh dari atas bukit sangat tipis dan lembut, mirip dengan kelambu. Suara jatuhnya air pun tidak terlalu bising. Itulah kenapa air terjun ini dinamain Benang Kelambu. Ohiya, masyakarat setempat percaya kalo mandi di air terjun Benang Kelambu ini dapat menjadikan kamu awet muda. Gak perlu perawatan yang mahal-mahal lagi lah! Hahaha.

9. Sipiso-piso, Sumatera Utara

Air terjun Sipiso-piso termasuk salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, lho! Yaitu mencapai 120 meter. Lokasinya di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, gak jauh dari pemukiman penduduk Desa Tongging. Air terjun ini berada di perbukitan dengan ketinggian 800 mdpl plus dikelilingi hutan pinus. Air Terjun Sipiso-piso ini menjadi salah satu obyek wisata Sumatra Utara yang disukai wisatawan domestik dan mancanegara. 

10. Dua Warna, Sibolangit, Sumatera Utara

Air Terjun Dua Warna berada di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Karena airnya memiliki gradasi dua warna yang berbeda, makanya disebut Air Terjun Dua Warna yaitu putih keabu-abuan dan biru muda. Selain kamu bisa menikmati keindahan Air Terjun Dua Warna, di sini para wisatawan bisa leluasa bermain air, berenang, dan juga berkemah di dekat air terjun ini. Wiii, asik nih.

Bagus dan indah-indah kan air terjun di Indonesia ini? Gak kalah deh sama wisata luar negeri. Disini bisa sekalian kamu mempromosikan wisata dalam negeri ke orang luar! Seneng dong kalo banyak bule yang menyukai Indonesia? Hihi.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Prila Patra Suganda
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES