Kalo Kamu Masih Inget 13 Gambar di Uang Receh Indonesia Ini Berarti Kamu Udah Tua!

16 November 2016
|Iswara Aji Pratama
Unik
0SHARES

Semua orang pasti tau apa itu uang. Tapi kalo sampe ada orang yang gak tau apa itu uang, kemungkinan besar dia hidup di dunia yang jauh bahagia. Kok bisa bahagia? Iya karena hidupnya tidak diperbudak oleh uang. Dia pasti masih pake sistem barter dan mungkin jauh lebih adil ya gak sih? Kalo ditarik dari sejarahnya, sebelum ada mata uang yang berbentuk koin atau kertas, dulu orang-orang menggunakan benda lain seperti garam, atau buah kokka. Akan tetapi, suatu fenomena muncul yakni ada satu tempat yang isinya garam semua atau banyak buah kokka-nya. Nah kondisi tersebut membuat nilai garam atau buah kokka itu jadi gak ada harganya, semacam inflasi gitu. Ya otomatis dunia geger dong. Oleh karena itu, dibuatlah mata uang yang berbentuk koin atau kertas yang diatur oleh broker (calo). Hebatnya lagi nih ya si broker itu pun mengatur pemerintah yang berkuasa. Makanya para broker-broker tersebut sampai sekarang punya kekayaan yang gak abis puluhan turunan. Sungguh baik nasib orang yang menjadi broker jaman dulu, ya? Ngomong-ngomong soal uang, kali ini YuKepo ingin kembali membawa kamu ke masa lalu. YuKepo udah merangkum beberapa uang koin yang ada di Indonesia dari masa ke masa. Jadi hal ini bisa dijadiin pelajaran buat kamu untuk menghargai uang koin supaya gak dibuang-buang karena 50 tahun ke depan uang koin tersebut bisa dijual dengan harga yang fantastis! Yuk kita kepoin uang koinnya.

1. 50 sen, uang receh terakhir sebelum Rupiah jadi mata uang Indonesia

Nah uang 50 sen ini adalah generasi terakhir uang koin yang muncul sebelum Rupiah menjadi satu-satunya mata uang di Indonesia. Uang receh ini dicetak tahun 1961, berarti pas jaman Sukarno nih. Tanyain nenek kamu gih masih punya gak nih uang receh, kalo punya kan lumayan bisa dijual harganya mahal.

2. 1 sen, uang receh yang dipake di Papua Barat

Di uang receh ini kamu bakal nemuin kepala Sukarno, Presiden Republik Indonesia pertama. Koin ini dicetak pada tahun 1962. Desainnya simple banget yak? Hahaha. Kalo pake kurs saat ini, kira-kira satu sen itu berapa rupiah hayo di jaman sekarang?

3. 2 rupiah, koin yang dicetak tahun 1970

Nah ini juga salah satu koin yang paling diburu oleh kolektor dengan harga yang fantastis. Tapi nih ya kalo kamu ke warung terus ngasih koin ini buat bayar, kayanya beli sugus sebiji aja gak cukup dah, hahahaha.

4. 10 rupiah, koin jaman Soeharto mulai berkuasa nih

Nah, pada desain koin ini ada tulisan "menabung untuk menunjang pembangunan" gunanya untuk mengajak masyarakat agar mau menabung. Hal tersebut sesuai banget nih sama jaman Soeharto yang mendahulukan pembangunan di Indonesia.

5. 100 rupiah atau seratus perak dengan motif wayang dan rumah tradisional

Untuk recehan yang satu ini pasti generasi 90-an gak asing deh. Soalnya nih ya koin ini tuh masih sering dipake buat jadi kerokan karena ukurannya yang besar, hahahaha. Oh iya, koin ini dicetak tahun 1978. Awet juga yah sampai sekarang masih bertebaran.

6. 10 rupiah yang dicetak tahun 1979

Uniknya di koin ini ada gambar keluarga! Jadi nih ya kayaknya jaman Soeharto itu uang dijadikan alat untuk mengampanyekan program pemerintah. Koin ini contohnya yang mengampanyekan program Keluarga Berencana.

7. 500 rupiah atau biasa disebut gopek

Koin dengan motif melati dan garuda ini dicetak tahun 1992 lho! Kirain pas tahun 2000 yah dicetaknya, hahahaha. Untuk generasi 90-an mah pasti gak asing nih dengan koin ini, karena jaman dulu tuh berharga banget. Dengan 500 rupiah ini kita udah bisa beli permen bejibun kali.

8. 1000 rupiah, yang dicetak tahun 1994

Nah ini koin paling unik yang pernah diciptakan di Indonesia. Soalnya nih ya koin ini punya dua bahan yang berbeda yakni logam dan perak. Udah gitu ya berbeda dengan yang lainnya, motif desain yang diambil adalah kelapa sawit!

9. 50 rupiah, koin yang beberapa kali diganti desainnya

Untuk koin ini pemerintah beberapa kali mengganti desainnya. Tapi untuk gambar yang ditampilkan tetap menggunakan binatang, misalnya komodo, cendrawasih, dan burung kepodang.

10. 25 rupiah, dicetak tahun 1994

Setelah binatang, program pemerintah, dan gambar pahlawan, di koin 25 rupiah ini menampilkan motif rempah yakni buah pala yang menjadi ciri khas di Indonesia.

11. 100 rupiah atau 100 perak yang dicetak tahun 1996

Nah kali ini desain yang ditampilkan adalah karapan sapi di Madura. Jadi di koin ini pemerintah mengusung tema kesenian. Kalo kamu punya mesin pencetak uang, kira-kira kamu mau cetak uang dengan desain apaan? Muka kamu sendiri? Hahahaha.

12. 200 rupiah, dicetak tahun 2003

Seperti koin 50 perak, tema desain yang diusung oleh koin 200 rupiah ini adalah binatang yakni burung jalak bali. Perlu diingat nih burung jalak bali ini populasinya makin menurut lho dari tahun ke tahun karena perburuan liar.

13. Nah ini koin paling baru di Indonesia, seribu rupiah yang dicetak tahun 2010

Kembali ke tema kesenian, di koin seribu rupiah ini terdapat gambar angklung yang berasal dari daerah Jawa Barat. Wah keren ya tema-tema yang diambil untuk desain koin di Indonesia.

Uang receh atau koin di atas punya harga yang mahal di masa sekarang. Banyak kolektor-kolektor barang antik yang memburu benda tersebut. Jadi ya buat kamu yang suka gak peduli kalo uang receh seratus perak jatoh dari kantong celana, mulai sekarang jangan belagu deh. Siapa yang tahu kalo 20 sampai 50 tahun lagi recehan yang kamu kumpulin bisa kamu jual seharga rumah! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
40 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
60 %
PENULIS
Iswara Aji Pratama
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES