Instrumen Musik Paling Nyeleneh Sejagat Raya! Ada yang Pake Kekuatan Matahari Juga

24 Maret 2018
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Tak bisa disangkal bahwa musik mempunyai banyak kebaikan untuk kehidupan manusia. Musik bisa menghibur, menenangkan, bahkan musik bisa untuk terapi kesehatan. Tidak hanya itu, musik pun bisa menjadi “dunia” bagi mereka yang escapist.

Dalam proses penciptaannya, musik membutuhkan instrumen untuk menghasilkan suara sehingga bisa dirangkai menjadi kesatuan nada yang indah didengar. Kita mungkin sudah mengenal sebagian besar instrumen musik, namun ternyata ada alat musik yang sangat unik dan bahkan jarang diketahui oleh orang. Ada yang menggunakan keju sebagai drum hingga ada yang menggunakan kekuatan matahari!

Hmmm, pasti kalian bingung ya. Instrumen jenis apa yang menggunakan keju dan matahari. Daripada kalian bingung dan penasaran, mending langsung aja nih kepoin informasi tentang instrumen terunik sejagat raya berikut ini!

1. Organ di gedung Atlantic City

Organ berbentuk lingkaran di Auditorium Broadwalk Hall di Atlantic City, New Jersey, ini dibuat oleh perusahaan Organ the Midmer-Losh Organ Company. Organ ini merupakan organ terbesar yang memiliki 33.112 pipa dan 64 kaki Diaphone Profunda, serta pedal manual yang terletak di bagian bawah tekanan angin setiap 100 incinya.

2. Hydraulophone

Pada acara International Computer Music Conference 2007, Steven Mann, Profesor dari Universitas Toronto, memperkenalkan Hydraulophone, instrumen unik dengan ciri khasnya yaitu pipa dan air. Hydraulophone ini berupa pipa yang memanjang dengan lubang-lubang di atasnya.

Hydraulophone memiliki 12 lubang. Jumlah lubang berpengaruh terhadap banyaknya nada yang dapat dihasilkan. Air yang mengalir dalam pipa tersebut akan keluar dari lubang-lubang. Setiap lubang tersebut ditutup, maka akan mengeluarkan nada-nada indah.

3. Cheese drum set

Drum set yang satu ini menggunakan keju berbentuk bulat dengan berbagai macam ukuran. Selayaknya drum biasa, drum keju ini juga bisa mengeluarkan suara. Tergantung pada cara memukul dan di mana ia menentukan suara yang dihasilkan. Setiap jenis keju tentunya menghasilkan suara yang berbeda karena kepadatan dari jenis keju tersebut.

4. Aeolian wind harp

Instrumen musik ini terbuat dari kotak kayu dengan senar membentang di dua papan. Untuk mendengar suara dari instrumen ini, ia harus ditempatkan di dekat jendela yang terbuka agar angin bisa meniupnya. Tali dari bahan yang berbeda dengan ketebalan dari material yang sama dan akan menghasilkan nada yang sama atau pada tingkat nada yang berbeda.

5. Organ laut

Organ Laut merupakan alat musik instrumental yang berlokasi di Zadar, Kroasia. Obyek arsitektur ini dapat memainkan musik dengan cara gelombang laut dan tabung yang terletak di bawah satu set marmer besar. Gelombang laut akan membuat suara terdengar acak namun harmonis. Obyek arsitektur ini dibuat oleh arsitek Nikola Dasar sebagai bagian dari proyek untuk mendesain ulang pantai kota baru (Nova riva) yang dibuka untuk umum pada 15 April 2005.

6. Jalanan musik

Jalanan musik ini berupa arsiran yang diukir dengan lebar 6 mm dan terpisah tiap jarak 12 mm di sepanjang jalan yang jika dilintasi akan terdengar alunan alunan musik yang indah. Instrumen ini merupakan ide dari Shinoda, anggota peneliti industri di Hokkaido, yang terinspirasi dari kerusakan jalan di sekitar rumahnya. Berbagai persiapan dengan bantuan dari beberapa pihak akhirnya terciptalah instrumen musik mengagumkan ini.

7. Alat musik sayuran

Siapa bilang sayuran cuma untuk makan? Sesuai dengan namanya, instrumen musik ini terbuat dari sayuran yang dibuat menjadi alat musik seperti terompet. Instrumen unik ini digunakan dalam sebuah pertunjukan orkestra yang semuanya menggunakan sayuran sebagai instrumennya. Alat musik sayuran sendiri terbuat dari sayuran wortel, mentimun dan juga cabai.

8. Hang drum

Instrumen musi yang satu ini mempunyai bentuk dan hasil nada yang dikeluarkan sungguh sangat luar biasa. Bentuknya menyerupai UFO atau piring terbang, hang drum ini ternyata dibuat dari baja yang mampu memproduksi banyak nada dari pukulan di setiap tempat yang berbeda. Bahkan jika kamu sudah mahir menggunakannya hang drum, kamu bisa menghasilkan suara seperti lonceng, kecapi hingga harmonika.

9. Sharpsichord

Inilah Sharpsichord, instrumen musik bertenaga surya. Instrumen musik ini diciptakan oleh Henry Dagg. Sharpsichord berbentuk silinder yang berisi 11.520 lubang dan juga memilik pin untuk menciptakan musik. Pin tersebut memicu alunan instrumen yang harrmonis. 

10. Zeusaphone

Zeusaphone merupakan instrumen musik yang sangat unik bahkan terkesan aneh. Pasalnya, instrumen musik ini dibuat dari Tesla coil yang dimodifikasi sedemikian rupa hinga  menghasilkan gelombang musik yang dikendalikan oleh frekuensi.

Gimana menurutmu, unik-unik banget 'kan instrumennya? Walaupun unik dan bahkan hampir nggak masuk akal, instrumen ini tetap bisa menghasilkan suara yang merdu. Keren maksimal!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES