Inilah Macam-macam Bumbu Kari yang Jarang Kamu Tahu

30 Mei 2017
|Faizah Pratama
0SHARES

Kari adalah masakan pedas dengan rasa rempah yang kaya. Kari diketahui banyak di kenal di wilayah Asia Selatan, terutama India. Di Indonesia, Kari juga dikenal sebagai masakan Aceh, kemudian dikenal luas di Indonesia. 

Kamu yang pernah memasak kari? Sebal gak sih? Jika kari yang dimasak justru rasanya lebih mirip opor atau gulai? Dan anehnya lagi, cita rasa dan aromanya selalu beda jauh jika kita menggunakan bumbu kari siap pakai yang kita beli di toko-toko. Padahal kita sudah mengikuti petunjuk resep yang ada. Ada yang penasaran nggak sih bumbu kari itu isinya apa aja? Bagi kamu yang penasaran, simak ulasan berikut ya. 

 

1. Ketumbar (coriander)

Ketumbar bukan bumbu masak yang asing bagi orang Indonesia. Karena, ketumbar merupakan bumbu masak yang sering dijumpai di dapur ibu-ibu Indonesia. 

2. Kapulaga (cardamom)

Di Indonesia, Kapulaga jarang digunakan untuk masakan sehari-hari. Kapulaga justru sering digunakan untuk jamu. Kapulaga akan menimbulkan aroma sedap jika ditambahkan ke dalam masakan. Oleh karena itu, kapulaga mendapat julukan Grains of Paradise 'Biji-bijian Surga’.

3. Kayu Manis (cinnamon)

Kayu manis juga bukanlah rempah yang asing bagi masyarakat Indonesia. Kayu manis sering dijadikan bahan campuran untuk membuat minuman hangat, misalnya wedang ronde.

4. Jinten (cumin)

Bagi kalian yang belum tahu jinten. Bentuk jinten hampir mirip seperti bulir-bulir padi. Jinten memiliki aroma yang kuat dan menimbulkan rasa pedas. Ada yang seram lho tentang jinten, di Mesir jinten digunakan sebagai bahan campuran pengawet mumi. Kamu mau coba masak pake jinten?

5. Jahe (Ginger)

Sifat jahe yang dapat menghangatkan tubuh membuat jahe banyak digunakan sebagai bahan minuman tradisional di Indonesia, misalnya bajigur dan wedang uwuh. Biasanya jahe digunakan untuk campuran memasak ikan atau daging karena dapat mengurangi bau amis. 

6.   Lada Hitam (Black Paper)

Masakan Indonesia jarang yang menggunakan lada hitam dan lebih sering menggunakan lada putih sebagai bumbunya. Lada hitam memiliki rasa pedas yang berbeda dari lada putih. Aroma yang dihasilkan juga berbeda dengan lada putih. 

7. Cengkeh (Cloves)

Cengkeh merupakan rempah asli dan banyak ditemui di Indonesia. Cengkeh memiliki rasa pedas yang tajam dan memiliki aroma yang kuat.

8. Mustar (Mustard)

Masyarakat Indonesia mungkin asing dengan bumbu masak ini. Mustar merupakan bumbu masak khas Eropa yang terbuat dari semacam biji-bijian. Rasanya sedikit pedas dan kadang ada rasa asam.

9. Kunyit (Tumeric)

Kunyit memberikan efek warna kuning pada masakan. Kunyit dapat menghasilkan warna kuning yang tajam, tergantung pada jumlah kunyit yang dicampurkan. 

10. Cabe Bubuk

Bubuk cabe inilah yang menimbulkan rasa pedas yang nyata pada kari. Selain rasa pedas, cabe juga merupakan sumber warna merah pada kari.

11. Pala

Pala memiliki rasa yang kuat dan seringkali ditambahkan dalam jumlah sedikit dalam masakan.

12. Bunga Pala

Bunga pala menimbulkan rasa harum pada masakan tetapi tidak seharum biji pala.

Itulah berbagai jenis bumbu-bumbu yang ada di dalam kari. Untuk menciptakan masakan yang kaya rasa memang dibutuhkan bumbu yang beraneka pula. Masak kari yuk!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES