Inilah Gaun Pengantin Tradisional Unik di Negara Kawasan Timur Tengah

01 Juni 2017
|Faizah Pratama
0SHARES

Siapa sih wanita yang nggak mau menikah? Semua wanita pasti mengharapkan hal itu. Ketika seorang wanita berencana untuk menikah, mempersiapkan gaun pengantin adalah hal pertama yang terbesit dalam benak mereka. Untuk pengantin muslimah, biasanya kiblat busana pengantin mereka adalah busana ala pengantin Timur Tengah yang lebih tertutup. Seperti Indonesia yang memiliki kebaya, Timur Tengah juga memiliki pakaian tradisional untuk pernikahan mereka yang unik lho, berikut ulasannya.

 

1. Mewahnya Busana Pengantin Aljazair

Betapa lelahnya jika menjadi pengantin wanita Aljazair. Bayangkan berapa berat total perhiasan yang menempel di badannya. Pesta pernikahan di Aljazair terkadang dijadikan ajang untuk memperlihatkan kekayaan. Perhiasan-perhiasan yang tidak dipakai sehari-hari, pasti mereka akan pakai saat pernikahan. 

2. Anggun dalam Kesederhanaan Wanita Yaman

Meski simple dan tak mengenakan perhiasan yang mewah, pengantin dari Yaman ini dapat memberikan citra keanggunan yang khas. Gaun pernikahan tersebut berasal dari Sana’a sebuah wilayah di Yaman. Gaun tersebut biasa dikombinasikan dengan Sitara, yaitu kerudung tradisional Yaman.

3. Citra Keibuan Pengantin Palestina

Gaun tersebut dikenal dengan thobe Palestina. Thobe memiliki ciri khas bordiran di setiap sisinya. Warna-warna gelap, seperti coklat, hitam ,dan merah yang dipadu dengan bordir warna terang memunculkan citra keibuan pada pemakainya.

4. Busana Pengantin Turki, Bak Wanita Perkasa

Busana pengantin Turki ini berasal dari Izmir, salah satu wilayah di Turki. Dengan kerudung yang menyerupai kopyah di bagian dalam serta potongan baju bagian lengan yang terlihat tegak menimbulkan kesan maskulin.

5. Kecantikan Tersembunyi Pengantin Kosovo

Wajah yang dilukis menjadi ciri khas pengantin dari Kosovo. Yang lebih unik, kerudung yang digunakan terbuat dari manik-manik yang dirangkai menyerupai kerudung. Wah, apa nggak berat ya kepalanya?

6. Pengantin Tribal  

Wilayah Tribal merupakan wilayah Pakistan yang berbatasan dengan Afganistan. Perhiasan dari logam menjadi ciri khas busana tradisional ini.

7. Pengantin Saudi Arabia

Busana Ini biasa dikenakan oleh pengantin Madinah. Yang menjadi keunikannya adalah cadar yang dikenakan bukan terbuat dari kain melainkan terbuat dari manik-manik yang dirangkai atau logam yang dirangkai.

 

 

Gimana? Unik kan? Apakah kalian tertarik menjadikan salah satu busana unik di atas sebagai gaun pernikahanmu? 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES