Inilah Elevator yang Super Tinggi dan Unik di Dunia

15 Juni 2017
|Monica Petra
11.6 KSHARES

Pasti kamu sudah pernah dong naik yang namanya elevator? Kalau yang selama ini ada dan umum yang modelnya begitu-begitu aja. Tapi seiring kemajuan teknologi, manusia mulai menciptakan sesuatu yang berbeda. Begitu pula dengan elevator. Penasaran kayak apa? Coba deh cek elevator unik yang ada di bangunan-bangunan tinggi berikut ini.

1. AquaDom, Berlin, Jerman

AquaDom adalah aquarium kaca akrilik yang menakjubkan dan dilengkapi dengan lift transparan. Terletak di Radisson Blu Hotel, Berlin-Mitte. Dibuka pada tahun 2004, proyek ini menghabiskan biaya sekitar 12,8 juta euro dan tingginya sekitar 82 kaki. Kompleks ini juga merupakan rumah bagi hotel, kantor, restoran, dan Sea Life Center. Dibutuhkan sekitar 3-4 penyelam setiap hari untuk memberi makan ikan dan membersihkan tangki.

2. Bailong Elevator, Zhangjiajie, China

Lift Bailong, atau Seratus Dragons Elevator, terletak di daerah Wulingyuan Zhangjiajie. Tingginya 1.070 kaki. Baru tahun lalu, lift itu diakui sebagai lift outdoor tertinggi di dunia. Konstruksi dimulai pada bulan Oktober 1999, dan tiga tahun kemudian, masyarakat bisa mencobanya. Beberapa orang khawatir dengan efek lingkungan dari lift karena kawasan tersebut telah dijuluki sebagai Situs Warisan Dunia.

3. Hammetschwand Elevator, Ennetbürgen, Switzerland

Lift outdoor tertinggi di Eropa adalah Hammetschwand Elevator Swiss, tepat di atas Danau Lucerne. Di puncak, pengunjung berada pada ketinggian 1132 meter di atas permukaan laut. Sebuah prestasi yang luar biasa, Hammetschwand Elevator awalnya dibangun pada tahun 1905 oleh sebuah hotel di dekatnya, dan tetap utuh melalui perang dunia.

4. SkyView Elevator, Stockholm, Swedia

Jika kamu pernah di Stockholm, pastikan untuk mengunjungi Ericsson Globe, gedung bola terbesar di dunia. Untuk sampai ke puncak, naik lift SkyView. Pusat yang berada di atas menempatkan kamu di ketinggian 425 kaki di atas permukaan laut, dan di sana, kamu dapat melihat panorama kota.

5. Gateway Arch, St. Louis, Missouri

Kamu telah melihat landmark ini jutaan kali dalam foto, namun kamu harus melihatnya secara langsung. Stalk Tower Gateway milik St. Louis berdiri setinggi 530 kaki dan memegang rekor sebagai lengkungan tertinggi di dunia. Struktur awalnya dirancang oleh arsitek Amerika Finlandia Eero Saarinen pada tahun 1947. Proyek ini selesai pada tahun 1965 dan dibuka untuk eksplorasi publik pada tahun 1967. Ada tiga cara untuk mencapai puncak: tangga darurat, lift 372 kaki, dan trem.

6. Rockefeller Center, New York

Terletak di tengah kota Manhattan, Rockefeller Center adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi penggemar sejarah dan Instagrammer. Kamu bisa mencapai lantai 70, yang disebut Top of the Rock, hanya dalam 42 detik. Jika kamu belum pernah mengunjungi, kamu harus tahu bahwa Rockefeller Center terdiri dari 19 bangunan. Jika kamu ingin pergi ke dek observatorium, pergilah ke 30 Rockefeller Center, yang juga disebut Comcast Building atau 30 Rock.

7. Luxor's Inclinators, Las Vegas

Ingin bisa melihat ke arah lain? Maka kamu perlu mengunjungi Luxor di Las Vegas, uji apakah kamu bisa menunggangi salah satu "inclinator" -nya. Kamu akan dibawa ke piramida dengan sudut tajam 39 derajat.

Ke tujuh elevator di atas memang super keren sekaligus super ngeri. Tapi yang penting mudah-mudahan aja bangunan-bangunan dengan elevator unik itu tetap aman ya. Kira-kira kamu bakalan berani nggak naik elevator di atas?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
11.6 KSHARES