Inilah Beberapa Ide Kreatif di Sekolah yang Bisa Bikin Mutu Pendidikan Makin Baik

12 Juni 2017
|Atik Kencana S.
127SHARES

Suasana belajar di sekolah memang terkadang suka bikin kita suntuk dan ngantuk. Hal itu sudah terjadi sedari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas lho. Kalau udah kayak gitu boro-boro pelajaran bisa masuk ke otak. Yang ada cuma masuk kuping kanan dan keluar di kuping kiri. Wajar aja, suasana yang dihadirkan di sekolah-sekolah umum di Indonesia memang terkesan kaku banget.

Tentu saja kita perlu menghadirkan suasana baru di sekolah yang bisa bikin kita betah belajar di sekolah. Kalau suasana sekolah sudah baik ditambah dengan staf pengajar yang berkualitas juga, ilmu-ilmu yang didapat dari pembelajaran di sekolah tentu saja bisa diserap dengan baik bagi tiap siswanya.

Melakukan sedikit inovasi yang dibutuhkan oleh lingkungan sekolah memang tidak dapat dipungkiri menjadi salah satu poin penting bagi kemajuan siswa dalam belajar. Maka dari itu banyak sekolah di seluruh dunia yang sudah melakukan inovasi yang meningkatkan daya  kreativitas siswa dan juga mengaplikasikan teknologi dengan baik di lingkungan sekolah. Tentu saja tujuannya untuk meningkatkan kualitas belajar dan mengajar di sekolah.

Kali ini YuKepo mau kasih tau kamu tentang beberapa contoh ide kreatif yang bisa dipraktikkan di sekolah kamu. Penasaran ide kreatif seperti apa aja? Yuk langsung kita kepoin!

1. Kursi di kelas matematika yang berisikan bilangan biner

2. Kertas soal yang disertai barcode yang terhubung dengan video Youtube tentang instruksi penyelesaiannya

3. Beberapa pohon disertai QR Codes biar mudah mengidentifikasinya

4. Pintu di kelas matematika sekaligus mempelajari sudut

5. Vending Machine yang menyediakan alat-alat tulis sekolah

6. Dinding di kelas pelajaran kimia didesain menyerupai tabel periodik

7. Langit-langit kelas yang didesain menyerupai spiral Fibonacci

8. Propaganda mengenai rokok elektrik, mending buat beli burrito kan?

9. Sunscreen disajikan gratis setiap mau ada kegiatan olahraga di luar ruangan

11. Bubble Wrap diberikan gratis buat menyiasati stres setelah ujian

12. Di ruangan memasak kaca-kaca ditempel di plafon biar bisa liat dengan jelas instruksi dari guru memasak

13. Tangga yang dibuat sesuai dengan kebutuhan penggunanya, males kan kalo harus nunggu orang yang lama?

14. Tangga yang berisi bilangan perkalian ini bikin si anak mudah mengingat perkalian tersebut

15. Jam di kelas matematika, susah juga ya kalau mau tau jam berapa sekarang ini?

17. Menyiasati kabel yang gampang kusut bisa gunakan cara ini di lab komputer

18. setiap menaiki atau menuruni anak tangga udah dihitung berapa banyak kalori yang terbakar

19. Cara ini cukup jenius untuk mengurangi angka berkurangnya inventaris kalkulator di sekolah

20. Lumayan lah, anak matematika jadi cukup terbantu dengan rumus di tangga ini

Nah itulah tadi beberapa ide kreatif dan jenius yang bisa dipraktikkan di sekolah kamu demi menunjang suasana belajar mengajar yang lebih baik. Kalau suasana belajar dan mengajar sudah efektif, otomatis mutu pendidikan di Indonesia juga semakin baik dong?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
127SHARES