Ini Dia Deretan Hewan dengan Durasi Waktu Tidur yang Paling Lama

18 Februari 2018
|Mohammad Syahrial
0SHARES

“Bangun! Kebo banget jam segini belom bangun!”

Kurang lebih begitu teriakan ibu-ibu untuk membangunkan anaknya saat hari sudah menjelang siang. Yang aneh, selalu saja kebiasaan bangun siang itu itu dibandingkan dengan kebo alias kerbau. Emangnya kebo suka tidur? Berapa lama sih kebo kalau tidur? Kenapa nggak beruang yang jelas-jelas suka hibernasi. Atau mungkin kerbau lebih akrab dengan masyarakat kita ketimbang beruang yang cuma bisa dilihat di kebun binatang.

Ngomong-ngomong soal tidur, kira-kira hewan apa ya yang jam tidurnya lama banget? Saking penasarannya, YuKepo mulai mencari-cari mengenai binatang apa aja sih yang tidurnya paling lama. Penasaran sama hasilnya? Tapi jangan kaget ya karena ternyata kerbau itu nggak masuk list ini. Lho kok bisa ya? Nggak perlu lama-lama lagi, langsung aja yuk kepoin!

1. Panda

Hewan asal negeri Tirai Bambu ini biasa tidur selama 10 jam per hari. Walaupun terlihat sangat lucu, panda bisa berubah menjadi ganas ketika ada yang mengganggu tidurnya. Makanya, jangan membangunkan panda yang sedang tidur!

2. Kukang

Kukang adalah hewan nokturnal, aktif di malam hari dan tidur di siang hari. Ketika matahari terbit, kukang akan mulai tertidur pulas hingga 16 jam lamanya. Biasanya kukang mulai bangun ketika matahari mulai terbenam.

3. Kucing

Tidur bagi kucing adalah saat istirahat yang sangat penting karena pada saat itu ia sedang menyimpan energinya. Durasi tidur kucing berbeda-beda, namun secara umum kucing tidur selama 12-16 jam per hari.

4. Singa

Singa dikenal sebagai hewan yang suka bersantai. Singa biasa tidur selama 18-20 jam per hari, tetapi singa juga bisa tidur sampai 24 jam alias satu hari non stop lho. Singa termasuk hewan cathemeral atau hewan yaang tidur di siang dan malam hari.

5. Kuda nil

Hewan darat terbesar ketiga ini menghabiskan waktu tidur selama 16-20 jam per hari. Kuda nil juga lebih banyak menghabiskan waktunya di air daripada di darat, oleh sebab itu kuda nil disebut juga kuda sungai.

6. Armadillo

Armadillo, hewan yang memiliki kemampuan menggulung diri menjadi bulat, ternayata punya durasi tidur yang juga lama lho. Hewan yang aktif di malam dan tidur di siang hari ini mempunyai durasi tidur selama 20,4 jam per hari.

7. Koala

Koala bisa menghabiskan waktu tidur selama 18-22 jam per hari. Gak hanya itu, koala juga membutuhkan waktu selama 5 jam untuk istirahat, tapi bukan dalam keadaan tidur. Waduh, koala suka leyeh-leyeh juga ya.

Nah, itu dia binatang-binatang dengan tidur yang paling lama. Unik banget ya, ternyata setiap makhluk di bumi ini memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Tidak hanya binatang, sesama manusia aja bisa berbeda-beda kebutuhan waktu tidurnya. Ada yang cukup 5 jam sehari, ada yang 8 jam, tapi ada juga yang suka tidur 12 jam sehari. Ada lagi nggak ya yang lebih lama? Pasti ada sih. tapi mudah-mudaha itu bukan kamu ya. Hehehe.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES