Hewan-hewan Spesies Baru Ini Punya Keistimewaan yang Menakjubkan!

10 Juli 2017
|Idham Nur Indrajaya
2.6 KSHARES

Dilansir dari laman huffingtonpost.com, ratusan spesies di muka bumi ini mengalami kepunahan setiap harinya. Kecepatan kepunahan spesies saat ini ternyata 1.000 kali lebih cepat dibandingkan dengan kepunahan yang terjadi secara alamiah. Peradaban manusia lah yang bertanggung jawab akan kepunahan dengan kecepatan yang drastis ini. Meskipun begitu, setiap harinya pun para ahli menemukan berbagai spesies baru dari berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Tentunya, para spesies baru ini memiliki berbagai ciri yang membedakan dirinya dengan spesies lain. Di bawah ini, kamu bisa lihat beberapa contoh hewan spesies baru dengan berbagai keistimewaan yang fantastis! Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Siput laut "Psikedelik"

Siput laut dengan warna-warna yang mencolok ini memiliki nama ilmiah Phyllodesmium acanthorhinum. Siput laut spesies baru yang ditemukan di Karang Penghalang Besar (kumpulan terumbu karang terbesar di dunia yang berada di lautan Australia) ini memiliki gabungan warna-warna yang mencolok sehingga beberapa orang menyebut siput ini dengan sebutan siput laut psikedelik. Selain warnanya yang indah, keistimewaan hewan ini adalah kemampuannya untuk menyerap energi dari matahari.

2. Lobster warna-warni

Seorang peneliti asal Jerman yang bernama Christian Lukhaup telah berhasil mengidentifikasi lobster warna-warni yang ditemukan di Papua Barat dengan nama ilmiah Cherax pulcher. Lobster yang dinobatkan sebagai lobster tercantik di dunia ini sudah terancam kepunahannya karena banyak orang-orang tidak bertanggung jawab yang memperjualbelikannya untuk kepentingan pribadi.

3. Hiu "Lentera Ninja"

Hiu spesies baru yang memiliki nama ilmiah Etmopterus benchleyi ini hidup di laut dengan kedalaman 300 meter. Hiu ini memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil dibandingkan dengan hiu pada umumnya, yakni yang paling besar hanya sepanjang 45 cm. Hiu yang disematkan nama “ninja” karena warnanya yang hitam ini ditemukan di Nikaragua. Keistimewaan hewan ini adalah kemampuannya untuk bercahaya dalam gelap.

4. Keong terkecil di dunia

Angustopila dominikae sejauh ini merupakan keong terkecil di dunia yang pernah ditemukan. Keong dengan tinggi yang hanya mencapai 0,86 milimeter ini ditemukan di Provinsi Guangxi, Cina.

5. Penyu glow in the dark

Penyu Sisik yang bisa bercahaya dalam gelap ini sempat mengejutkan orang yang pertama kali melihatnya karena dia menyangka cahaya yang berpendar dari tubuhnya adalah lampu kapal. Penyu yang terdapat di Samudera Atlantik dan Pasifik ini beberapa di antaranya dapat mengeluarkan cahaya merah dan hijau, serta ada juga yang mengeluarkan cahaya kuning neon.

6. Tikus vampir berhidung babi

Hewan dengan nama ilmiah Hyorhinomys stuempkei ini memiliki rupa seperti tikus dengan hidung seperti hidung babi, telinga seperti kelelawar, dan gigi tajam seperti vampir. Hewan yang ditemukan di Pulau Sulawesi ini memiliki ukuran yang sangat kecil, yakni yang paling besarnya saja hanya mencapai 2 cm.

7. Katak yang dapat merubah tekstur tubuhnya

Katak menakjubkan dengan nama ilmiah Pristimantis mutabilis ini memiliki kemampuan yang belum pernah ditemukan pada kelompok hewan vertebrata. Jika bunglon hanya merubah warna sesuai dengan tempat yang dihinggapinya, katak ini bahkan dapat merubah tekstur tubuhnya! Katak mutan yang ditemukan di Ekuador ini dapat merubah tekstur tubuhnya sesuai dengan lingkungan tempat dia berada. Misalnya, jika dia sedang hinggap di daun, tubuhnya akan terasa lembut seperti tekstur daun. Jika dia sedang diam di kulit pohon, kulitnya akan terasa kasar seperti batang pohon.

Itulah beberapa hewan spesies baru dengan keistimewaan yang menakjubkan. Penemuan-penemuan semacam ini membuktikan bahwa alam selalu memberi kejutan kepada kita semua.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
2.6 KSHARES