Dulunya Penting! Kini 8 Pekerjaan Ini Sudah Hilang Ditelan Zaman

08 Oktober 2017
|Mohammad Syahrial
Unik
0SHARES

Dulu banyak pekerjaan yang dikerjakan manual oleh manusia. Namun, seiring perkembangan teknologi, manusia digantikan oleh mesin. Banyak pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan langsung oleh manusia, kini diambil alih oleh mesin. Efektivitas dan efisiensi menjadi alasan penggunaan mesin pada hampir seluruh jenis pekerjaan. Selain itu, penggunaan mesin dianggap lebih murah ketimbang harus membayar jasa seorang manusia untuk mengerjakan sesuatu.

Perkembangan teknologi memang dibutuhkan untuk membantu pekerjaan manusia. Namun yang terjadi kini sebaliknya, manusia yang membantu mesin. Akibatnya, banyak pekerjaan manusia yang hilang karena telah diambil alih mesin. Apa aja sih pekerjaan yang hilang itu? Yuk langsung kita kepoin!

1. Penyala lampu jalan

Gimana ya kalau di jalan gak dipasang lampu-lampu jalan? Pasti jalanan jadi gelap banget dan akan banyak hal buruk yang terjadi. Makanya di jalan-jalan dipasang lampu-lampu untuk menerangi jalan. Dulu lampu jalan masih seperti lampu pelita. Cahaya yang dihasilkan berasal dari api, bahan bakarnya pun masih menggunakan minyak. Untuk menyalakan lampu-lampu jalan, dibutuhkan orang-orang yang memang pekerjaannya menyalakan lampu api tersebut dan mengisi minyak di setiap lampu secara rutin. Dengan menggunakan tongkat berapi, biasanya orang-orang ini menyalakan lampu ketika hari mulai gelap. Wah, kalau sekarang sih udah gak perlu gini lagi ya.

2. Pelacak pesawat

Sebelum teknologi radar ditemukan, pada masa perang dulu untuk mengetahui keberadaan pesawat musuh dibutuhkan seseorang yang bekerja sebagai pelacak pesawat musuh dengan menggunakan pendengarannya. Dibantu sebuah alat berbentuk corong agar pendengarannya semakin tajam, dapat diketahui jika ada pesawat yang mendekat. Wah, gak pecah tuh gendang telinganya?

3. Pengendara kayu

Sebelum ada alat transportasi dan akses jalan yang memudahkan pengiriman kayu dari tempat asal ke tempat tujuan, kayu dikirim dengan cara dihanyutkan di aliran sungai hingga sampai ke tujuan. Untuk menjaga kelancaran perjalanan kayu sampai ke tujuan, maka dipekerjakanlah sekelompok orang yang bertugas menjaga kayu tetap hanyut dan juga tetap di jalurnya. Ini pasti seru banget kerjanya!

4. Pemotong es

Sebelum ada lemari pendingin, es batu dihasilkan dari potongan balok es tebal yang terbentuk selama musim salju. Untuk memotong balok es tebal tersebut, sekelompok orang ditugaskan untuk memotong balok es hingga menjadi potongan-potongan kecil dengan menggunakan gergaji besar. Kalau bukan ahlinya sih bisa terjadi kecelakaan fatal nih.

5. Manusia alarm

Dulu jika kamu tidak mau telat bangun tidur, kamu bisa meminta seseorang untuk membangunkanmu sesuai dengan waktu yang telah kamu minta. Cara membangunkannya bermacam-macam, mulai dari melempar kerikil ke arah jendela ruang tidurmu, atau menggunakan tongkat panjang yang berfungsi sebagai pengetuk jendelamu. Kalau sekarang sih tinggal mengaktifkan alarm di smartphone.

6. Pemburu tikus

Ketika populasi tikus semakin bertambah di Eropa, masyarakat Eropa takut akan wabah penyakit yang disebabkan oleh tikus-tikus tersebut. Karena saat itu belum ada alat canggih untuk mengusir tikus, maka dibentuklah tim pemburu tikus. Para pemburu tikus ini menangkapi tikus-tikus dengan bermodalkan senapan dan tali. Kalau tikus-tikus berdasi ditangkepin juga gak ya? Ihiw!

7. Penyusun pin bowling

Sebelum mesin penyusun pin bowling ditemukan, pekerjaan menyusun pin bowling masih dilakukan secara manual. Sekumpulan anak muda ditugaskan untuk mengatur pin bowling sebelum pemain melempar bola.

8. Penghibur pekerja

Zaman dulu ada pekerjaan yang tugasnya menghibur para pekerja yang sedang bekerja. Seorang yang bekerja sebagai penghibur pekerja biasanya akan membacakan cerita-cerita lucu menyangkut politik atau keadaan sosial saat itu, atau membaca berita di koran dengan cara yang lucu agar pekerja yang sedang bekerja tertawa dan terhibur ketika bekerja. Kok sekarang udah gak ada lagi ya?

Itu dia 8 pekerjaan yang kini telah punah seiring perkembangan zaman. Mesin diciptakan memang untuk memudahkan pekerjaan manusia, tapi bukan berarti manusia menjadi mengandalkan mesin dalam setiap pekerjaannya. Karena jika itu terus berlanjut, manusia hanya akan menjadi budak mesin dan kehilangan kemanusiaannya. Selamat bekerja!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES