Dinobatkan Sebagai Kopi Termahal, Black Honey dari Ciwidey Dijual Hingga 2 Juta Sekilonya!

02 Januari 2018
|Mohammad Syahrial
3.5 KSHARES

Kopi menjadi salah satu minuman paling hitz dari dulu hingga saat ini. Minum yang berasal dari biji hitam ini  bahkan sudah menjadi trend gaya hidup bagi sebagian orang. Nggak heran kalau sekarang para pecinta kopi banyak memburu jenis kopi dari berbagai kota bahkan luar negeri. Kopi Gayo, Mandailing, Flores, Ijen, Sidikalang adalah beberapa jenis kopi yang banyak dicari oleh para penikmat kopi Indonesia.

Nah, sekarang ada yang baru nih. Lagi hitz juga gara-gara disebut sebagai kopi paling mahal di Indonesia. Kira-kira jenis kopi apa dan harganya berapa ya? Penasaran, 'kan?

Kopi Black Honey adalah jenis kopi Arabika yang ditanam di Gunung Patuhan, Ciwidey, Jawa Barat. Pada Oktober 2017 lalu, bersamaan dengan pelaksanaan Asia Pacific Coffee Conference, digelar pelelangan kopi yang diikuti oleh pemilik kedai kopi di berbagai kota.

Dalam pelelangan tersebut, Kopi Black Honey dinobatkan sebagai kopi paling mahal di Indonesia setelah dilelang dengan harga Rp. 2,050 juta per kilogramnya. Harga ini menurut Syafruddin, ketua SCAI (Speciality Coffee Association of Indonesia), adalah harga termahal setelah 6 kali pelelangan. 

Kopi asal Ciwidey ini menyisihkan sekitar 60-an jenis kopi dari berbagai daerah yang sudah diseleksi oleh kurator. Pemilik Kopi Black Honey ini adalah Lucy Tedjakusuma, dan pembelinya adalah Suryadi Suryadharma, Presiden Direktur 70 Fahrenheit Koffie, kedai kopi di Jimbaran, Bali.

Harga lelang dibuka mulai dari 115 ribu. Namun, berdasarkan keterangan Suryadi, banyak peserta lelang yang sudah menyerah di harga penawaran 1 juta. Tujuan diadakannya pelelangan ini menurut ketua SCAI, adalah untuk mengapresiasi para petani kopi agar semakin bangga dengan produknya.

Pemilik Kopi Black Honey, mengungkap rahasia di balik kekhasan kopi miliknya. Menurut Lucy, kualitas kopi hasil panen petani di Ciwidey bisa sangat baik karena kuncinya adalah dijemur selama 31 hari dan tidak boleh terkena air. Proses selama 31 hari ini pun membuat citarasa yang sangat khas dari Black Honey.

Blackhoney mempunyai cita rasa wine alkohol, campuran rasa jeruk nipis, dan dark cocholate di pinggir lidah ketika diseruput. Semakin diseruput, rasa manis dan wine semakin terasa. Semakin dalam tarik nafas, akan ada rasa lain. Inilah keunikan Kopi Black Honey yang akan menggoda lidah setiap pecinta kopi.

Itu dia ulasan tentang Black Honey, si kopi termahal di Indonesia. Baca ulasannya jadi bikin ngiler pengen nyoba ya? Buat kalian yang ngaku pecinta kopi, langsung deh tuh cari Kopi Black Honey di kedai kopi dan rasakan kenikmatannya. Walaupun harus merogoh kocek yang lumayan, tapi dijamin banget kalian nggak akan nyesel karena cita rasa Black Honey yang luar biasa unik dan pastinya bikin ketagihan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
3.5 KSHARES