Dari Nama Hingga Pelajaran, Ini List Sekolah yang Nyeleneh Banget. Mau Jadi Muridnya?

06 April 2018
|Mohammad Syahrial
167SHARES

Ada sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa “Pendidikan adalah mata uang yang berlaku di mana pun”. Jelas sekali bahwa hasil dan proses pendidikan itu bisa diaplikasikan di segala aspek kehidupan di mana pun dan kapan pun. Dengan demikian, belajar sebagai proses memperoleh pendidikan wajib hukumnya bagi setiap orang. Bisa dipenuhi melalui sekolah formal atau non formal.

Sekolah sebagai lembaga belajar dan mengajar terus berlomba mengembangkan sistem pendidikannya demi menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Namun, apa jadinya jika sekolah sebagai tempat belajar justru menawarkan pendidikan yang tidak biasa bahkan terkesan aneh?

Seperti sekolah prostitusi di Spanyol dan sekolah sihir di Amerika. Tidak hanya itu, ada juga sekolah yang didirikan di tempat yang tidak umum. Wah, kayak gimana ya bentuknya?

1. Trabajo Ya School, Spanyol

Valencia, Spanyol mempunyai sekolah yang sangat unik. Trabajo Ya merupakan sebuah sekolah prostitusi. Institusi ini menawarkan dasar dalam prostitusi profesional. Tidak hanya itu, para siswa pun akan diberi pelajaran tentang sejarah prostitusi, seluk-beluk tentang sex toys, dan juga kamasutra. Sekolah ini didirikan dengan legal karena prostitusi di Spanyol pun sudah menjadi legal.

2. Abo Elementary School, Mexico

Abo Elementary School merupakan sekolah pertama yang berada di bawah tanah. Meskipun berada di bawah tanah, bangunan ini tetap dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang diperlukan dalam kegiatan belajar. Abo Elementary School didirikan karena pada saat itu Amerika sedang perang dingin dengan Uni Soviet sehingga pemerintah setempat mendirikan sekolah bawah tanah yang pintu masuknya dilapisi baja anti ledakan dan anti radiasi. Saat ini Abo Elementary School tidak lagi dijadikan tempat belajar sebab pemerintah Amerika telah menutupnya pada tahun 1995.

3. Train Platform Schools, India

Adalah Inderjit Khurana, seorang guru asal Orissa, India, yang memolopori berdirinya Train Platform Schools di India. Berdirinya sekolah ini berawal dari keprihatinan Khurana melihat banyaknya anak-anak yang tidak mengenyam pendidikan dan mengemis di peron kereta api.

Khurana meyakini bahwa setiap anak harus mendapat pendidikan agar mereka bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Di Train Platform Schools ini setiap harinya anak-anak akan berkumpul di peron kereta api untuk belajar dan bermain permainan yang mendidik.

4. Brooklyn Free School, New York

Sesuai dengan namanya, Brooklyn Free School adalah sekolah bebas yang tidak mempunyai aturan, bahkan kurikulum. Para siswa pun dibebaskan untuk memilih kelas mana yang ingin mereka ikuti, dan membuat peraturannya sendiri. Tidak ada tes, tidak ada pekerjaan rumah, tidak ada peringkat, dan tidak ada nilai. Meskipun sangat bebas, para guru di Brooklyn Free School tetap memantau perkembangan setiap siswanya melalui rapat mingguan yang mereka adakan.

5. Boat School, Bangladesh

Bangladesh tidak jarang dilanda banjir besar yang mengakibatkan rusaknya rumah dan sarana pendidikan. Oleh sebab itu, sebuah organisasi nirlaba berinisiatif mendirikan sebuah sekolah perahu agar anak-anak Bangladesh tetap mendapat pendidikan meskipun tidak lagi memiliki gedung yang layak. Sekolah perahu ini dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan, akses internet, dan juga komputer.

6. Harvey Milk Civil Rights Academy, San Fransisco

Harvey Milk Civil Rights Academy didirikan oleh aktivis gay, Harvey Milk. Sekolah yang dibangun pada tahun 1985 ini ditujukan untuk membela hak kelompok LGBT dalam meraih pendidikan. Sekolah ini pun mengajarkan tentang toleransi dan menghormati hak asasi setiap orang tanpa memandang orientasi seksualnya.

7. College of Wizardry, Polandia

Buat kamu pecinta Harry Potter, mungkin College of Wizardry adalah tempat yang tepat buat kamu. Berlokasi di Czocha Castle, Lesna, Polandia, College of Wizardry merupakan tempat untuk belajar sihir layaknya di film "Harry Potter". Setiap siswa di sini akan mendapat materi pembelajaran yang tentunya berkaitan dengan sihir. Tidak hanya itu, para siswa pun akan menggunakan kostum dan juga alat-alat yang khas penyihir.

8. The School of the Future, Philadelphia

The school of the future didanai oleh perusahaan besar dunia, Microsoft. Sekolah unik ini didirikan di Philadelphia pada tahun 2006. Siswa di The School of the Future tidak lagi menggunakan buku dan kertas, melainkan menggunakan komputer, dan papan pintar. Semua kegiatan di sini menggunakan teknologi canggih sehingga dinamai sekolah masa depan.

9. Dongzhong Cave School, Tiongkok

Terakhir, sekolah unik yang satu ini berada di desa Miao, Guizhou, Tiongkok. Tempat pendidikan ini menjadi sangat unik karena memanfaatkan goa besar sebagai tempat belajar mengajarnya. Sebenarnya beberapa warga pun ada yang bermukim di goa tersebut sehingga suasana di dalam terasa seperti pemukiman pada umumya. Berdiri pada tahun 1984, Dongzhong Cave School akhirnya ditutup oleh pemerintah Tiongkok pada 2007 silam.

Itu dia daftar sekolah terunik dari berbagai negara. Mulai dari yang mengajarkan sihir, di bawah tanah, hingga yang fokus membahas tentang prostitusi. Hmmm, kalau menurutmu bagaimana? Tertarik dengan buat mengenyam pendidikan di sana?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
167SHARES