Dari Kucing sampai Buaya, Bangunan Berbentuk Hewan Ini Gemesnya Minta Ampun

26 Februari 2018
|Mohammad Syahrial

Udah bukan zamannya lagi bikin gedung yang bentuknya persegi panjang menjulang ke atas. Sekarang sudah semakin banyak orang kreatif, inovatif, dan pastinya imajinatif yang mampu mendesain gedung dengan bentuk yang amat sangat unik. Desain unik nan imajinatif ini salah satu tujuannya adalah untuk menarik perhatian. Jadi, udah gak perlu lagi bikin bangunan desain mewah dan mahal. Asalkan unik, kreatif, dan inovatif, pasti bakal dilirik orang.

Ngomong-ngomong soal gedung unik, kalian tau nggak sih ada gedung yang berbentuk menyerupai hewan? Ini beneran ada lho di beberapa negara. Bahkan salah satunya di Indonesia!

Nah, buat kalian yang belum tahu dan pensaran kaya gimana sih gedung unik berbentuk hewan, YuKepo udah siapin nih informasi lengkap dengan foto-fotonya. Mulai dari bentuk kucing sampai buaya, ada lho! Yuk langsung kita kepoin!

1. Bangunan berbentuk ikan dari India

India, tepatnya di Kota Hyderaba, terdapat sebuah bangunan nyentrik berbentuk ikan. Gedung tersebut adalah kantor The National Fisheries Development Board (NFDB) India. Ukurannya yang besar dan bentuknya yang berbeda dari bangunan di sekitarnya membuat gedung ikan ini jadi daya tarik tersendiri untuk orang-orang yang sedang berada di Kota Hyderabad.

2. Bangunan berbentuk kura-kura dari Jepara

Bangunan unik yang kedua datang dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Bangunan berbentuk penyu ini adalah Kura-kura Ocean Park yang bisa kamu temukan jika berkunjung ke Pantai Kartini, Jepara. Kura-kura Ocean Park ini bisa dibilang Sea Worldnya Jepara lho. Gedung yang diresmikan pada tahun 2011 ini terbagi menjadi dua lantai. Satu lantai terdapat akuarium raksasa yang berisi aneka biota laut sedangkan lantai berikutnya berupa teater 3D serta area permainan anak.

3. Bangunan berbentuk anjing dari Selandia Baru

Gedung Pusat Informasi Pariwisata di Selandia Baru punya bentuk yang unik banget. Gedung yang teletak di Kota Tirau ini memiliki bentuk seperti anjing, berwarna hitam putih dengan lidahnya yang terjulur ke luar. Gedung yang selesai dibangun pada tahun 1998 ini berfungsi sebagai pusat informasi bagi para wisatawan yang sedang berkunjung ke Selandia Baru. Selain mendapatkan informasi, para wisatawan yang berkunjung ke gedung unik ini juga bisa berfoto-foto di depannya ya. 

4. Bangunan berbentuk keong emas dari Jakarta

Wah, kalau yang satu ini kayanya udah gak asing lagi nih. Teater Imax Keong Mas, TMII, Jakarta! Gedung yang berbentuk cangkang keong berwarna emas ini difungsikan sebagai gedung pemutaran dan pertunjukan film. Tapi, Keong Mas ini gak memutar semua film ya. Hanya film seri Indonesia Indah dan film luar negeri bernuansa pendidikan dengan tema hiburan, ilmu pengetahuan dan teknologi, maupun tema-tema lingkungan hidup saja yang diputar di Keong Mas. 

5. Bangunan berbentuk komodo dari Jakarta

Selain keong mas dan kura-kura, di Indonesia juga terdapat gedung berbentuk komodo lho. Masih berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, gedung berbentuk kadal purba ini adalah Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia. Di dalam museum ini terdapat satwa langka dalam bentuk awetan dan juga reptil hidup. Gedung komodo seluas 1500 m persegi ini gak hanya menampilkan hewan-hewan reptil. Ada juga berbagai jenis burung yang ditampilkan di dalamnya. 

6. Bangunan berbentuk buaya dari australia

Mercure Kakadu Crocodile Hotel adalah bangunan berbentuk buaya yang ada di Australia. Bentuk buaya dari gedung ini bisa terlihat dengan jelas jika dilihat dari bagian atas ya. Mulai dari moncong hingga ekor bentuk bangunan ini emang mirip banget sama buaya. Mercure Kakadu Crocodile Hotel bisa kamu temukan di dekat Taman Nasional Kakadu, Australia. Tidak hanya bentuknya yang unik, hotel ini juga punya fasilitas yang lengkap lho. Boleh nih coba menginap di sini kalau lagi berkunjung ke Australia.  

7. Bangunan berbentuk kepiting dari China

Gedung unik berbentuk kepiting berbulu Shanghai dibangun di kota Jiangsu, Kunshan. Gedung ini berfungsi sebagai pusat pameran dan museum ekologis khusus kepiting. Selain itu, gedung ini juga berfungsi sebagai landamark dan untuk menghormati hewan laut yang menjadi santapan favorit di China. Gedung setinggi 75 meter ini dibangun di tepi danau Yangcheng yang memang terkenal dengan kepiting bulunya yang sangat lezat. 

8. Bangunan berbentuk domba dari selandia baru

Lucu! Selain gedung berbentuk anjing, di Selandia Baru juga terdapat gedung berbentuk domba, lho. Sheep Store adalah toko yang menjual berbagai kerajinan hasil ternak domba. Bangunan ini juga terletak di kota Triau, sama seperti bangunan berbentuk anjing tadi ya. Dibangun pada tahun 1994, tempat ini terinspirasi dari komunitas petani yang ada di daerah tersebut.

Itu dia guys gedung berbentuk hewan yang ada di berbagai negara. Kalau yang masih penasaran sama suasana di dalam gedung-gedung hewan ini, boleh dateng langsung ke tempatnya ya. Nggak usah jauh-jauh ke India atau Australia deh, yang deket dulu aja di Jakarta. Hehehe.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
SHARES