Bunga Gurun, Keindahan di Tengah Gersangnya Padang Pasir

27 Mei 2017
|Faizah Pratama

Saat kamu mendengar kata padang pasir, mungkin hal pertama yang terbayang adalah panas dan gersang, tidak ada tanaman bahkan tidak ada kesejukan. Jangan salah, meski gurun pasir panas di siang hari, saat malam datang suhunya dapat berubah dingin. Ketika membahas tanaman gurun, mungkin kamu menyangka bahwa hanya kaktus yang dapat hidup di sana. Perlu diketahui, hal itu tidak sepenuhnya benar. Memang hanya tumbuhan-tumbuhan tertentu yang dapat hidup di gurun tetapi bukan berarti tidak ada bunga-bunga cantik yang tumbuh di sana, bukan? Berikut rangkuman kecantikan bunga yang tersembunyi di balik gersangnya padang pasir.

1. Bunga Verbena (Dessert Sand Verbena), Si Ungu yang Menawan

Bunga verbena dapat ditemukan di gurun pasir Mojave dan Sonoran di sebelah Tenggara California. Bunga tersebut mirip bunga soka, hanya saja dengan kuntum dan gerombol yang lebih besar. Tidak hanya berwarna ungu, bunga ini juga dapat berwarna pink cerah. Bunga ini memiliki waktu mekar yaitu, sekitar bulan Februari hingga Mei. Jadi, bila kamu ingin melihat verbena bermekaran di gurun, datanglah ke California pada bulan-bulan tersebut.

2. Dune Primrose

Bunga primrose ini mekar sekitaran bulan Maret sampai dengan Mei. Yang perlu diketahui, bunga ini hanya mekar pada pagi dan sore hari. Bunga ini memang berhabitat di dataran berpasir, dengan mahkota bunga warna putih dan kadang disertai corak kuning atau putih di tengahnya.

3. Adenium Obisum, Si Mawar Gurun

Mungkin kamu asing dengan bunga Adenium. Kalau bunga kamboja pasti tahu dong. Ya, Adenium merupakan nama ilmiah untuk jenis-jenis tumbuhan kamboja. Adenium Obisum adalah salah satu jenis kamboja yang dapat tumbuh di Gurun Pasir. Bunga ini memiliki julukan The Desert Rose atau mawar gurun. Batang yang besar dan bercabang dengan bunga-bunga pink yang bergerombol pada setiap cabangnya menjadi ciri khas bunga ini.

4. Nizonih, Si Mungil dari Gurun

Nizonih, nama yang aneh dan asing bukan? Bunga ini tumbuh di gurun pasir Arizona. Bunga ini termasuk tanaman pendek dengan batang menjulang dengan setiap bunga di cabangnya. Bunga ini berwarna ungu dengan kuncup bunga kecil-kecil.

5. Ocotilo, The Candle Wood

Bunga ini memiliki batang berkayu, seperti sekumpulan lidi yang tertancap di tanah. Bentuknya tegak dengan bunga ungu di ujungnya, seperti lilin yang sedang menyala. Mungkin karena itulah bunga tersebut dijuluki The Candle Wood yang berarti lilin kayu.

6. Desert Sun Flower, Bunga Matahari Gurun

Warnanya kuning terang seperti bunga matahari, hanya saja dengan bentuk bunga yang lebih mungil. Kabarnya bunga ini sangat disukai lebah dan burung-burung lho. 

7. Kaktus, Si Cantik Berduri

Siapa sih yang tidak kenal kaktus? Tanaman ini memamg tanaman khas gurun. Namun, jarang diketahui bahwa kaktus bisa berbunga lho. Cantik kan bunganya?

Demikianlah gambaran tentang sisi lain gurun pasir yang dianggap gersang. Semoga dapat menjadi pencerahan buat kalian, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
SHARES