Bukan Sulap, Air Biasa Bisa Berasa Kayak Koktail. Ternyata, Gelas Canggih Ini Rahasianya!

28 November 2017
|Idham Nur Indrajaya
3SHARES

Di antara kalian, mungkin ada yang udah tahu dengan jenis minuman bernama koktail. Bagi yang belum tahu, koktail adalah adalah minuman beralkohol yang terbuat dari berbagai jenis minuman seperti gin, wiski, rum, atau vodka yang dicampur dengan bahan yang beraroma. Misalnya sari buah, gula, madu, minuman soda, krim susu, rempah, dan sebagainya. Biasanya, koktail akan disajikan dengan warna dan gelas yang membuat minuman ini terlihat indah. Tapi, ada yang canggih nih!

Bagi para penggemar minuman beralkohol ini, sudah tersedia sebuah gelas berteknologi tinggi yang dapat membuat air yang dituangkan di dalamnya terasa seperti koktail. Gelas yang diberi nama Vocktail ini memiliki sensor tiga lapis yang dapat “menipu” lidah, hidung, dan bahkan mata dari orang yang menggunakannya.

Gelas ini dilengkapi dengan lampu LED yang dapat membuat air di dalamnya memiliki warna seperti koktail. Dengan kata lain, orang bisa saja tertipu bahwa minuman yang diminumnya dari gelas ini sebenarnya hanyalah air biasa.

Canggihnya lagi, gelas ini memiliki pemberi rasa yang bervariasi. Tidak hanya koktail yang bisa diimitasi rasanya, melainkan juga minuman beralkohol lainnya, contohnya wine.

Gelas canggih ini dibuat oleh seorang peneliti bernama Nimesha Ranasinghe yang mengambil studi di Universitas Nasional Singapura. Gelas buatan Ranasinghe dipamerkan dalam suatu pameran teknologi yang diadakan di Kalifornia, Amerika Serikat. Saat itu, gelas buatannya telah terbukti mampu membuat air biasa terasa seperti koktail dengan aroma lemon.

Sejauh ini, dia bahkan sudah membuat gelas yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur sendiri rasa minuman seperti apa yang hendak dicoba melalui gelas tersebut. Cara mengaturnya pun cukup mudah, yakni dengan mengoperasikan aplikasi telepon pintar yang sudah dihubungkan dengan gelas canggih ini. Dengan begitu, para pengguna gelas ini dapat mengkreasikan minuman yang dicampur dengan berbagai varian rasa.

Meskipun gelas canggih ini dapat membuat air yang diminum terasa seperti minuman beralkohol, tapi gelas ini tidak menciptakan kadar alkohol dalam air sehingga minuman di dalamnya tidak akan menyebabkan mabuk. Dengan begitu, gelas ini pun nampak cocok untuk digunakan bagi orang-orang anti-alkohol yang penasaran dengan rasa-rasa minuman beralkohol lainnya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
3SHARES